13 Cara Hidup dengan Tujuan Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia dan Lebih Memenuhi


Salah satu hadiah terbesar sebagai manusia adalah kemampuan untuk memilih bagaimana menjalani hidup Anda. Pilihan menjadi orang tua atau tidak; pilihan untuk dididik di perguruan tinggi atau memilih magang; atau pilihan untuk melanggar aturan dengan merancang masa depan Anda sendiri. Tentu, manfaat membuat pilihan yang tepat sangat besar dan perasaan puas bahkan lebih baik.

13 Cara Hidup dengan Tujuan Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia dan Lebih Memenuhi

Tetapi bagaimana perasaan Anda ketika dipaksa hidup salah? Ini sebuah contoh:

Anda dipaksa belajar menjadi penata rambut dan menjadikannya pekerjaan Anda. Tidak, ini bukan hiruk-pikuk pihak Anda. Lebih buruk lagi, Anda diminta untuk melupakan orang yang Anda cintai dan menikah dengan seseorang yang benar-benar Anda benci. Lupakan semua yang telah Anda pelajari dan cintai, dan alih-alih, jadikan ini sebagai satu-satunya karier dan hubungan Anda.

Jumlah penderitaan dan rasa sakit fisik yang mungkin Anda rasakan mirip dengan seseorang yang mengambil benda berharga atau mata pencaharian dari Anda. Ini bisa mengarah pada kegelisahan, depresi, keraguan diri, dan spiral keseluruhan ke dalam jaringan negatif.



Namun, ada orang-orang yang mau atau tidak mau menjalani kehidupan mereka berdasarkan perintah dan preferensi masyarakat. Saya berbicara tentang orang-orang yang terus-menerus hidup di luar tujuan mereka dan tidak bahagia tentang hal itu. Sementara kesedihan adalah emosi yang sama lazimnya dengan kebahagiaan, keadaan kesedihan yang terus-menerus akan menyebabkan Anda masuk ke dalam pola pikiran negatif otomatis yang bisa lebih sulit untuk dilepaskan.

Jadi, bagaimana Anda memperbaikinya? Bagaimana Anda berhenti menjalani kehidupan dengan identitas palsu dan sebaliknya menghormati panggilan dan keyakinan Anda sendiri?

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 13 cara hidup dengan tujuan membuat hidup Anda lebih bahagia dan lebih memuaskan:

1. Anda merasa didasarkan pada panggilan yang lebih besar dari diri Anda sendiri.
Sementara hidup dengan tujuan tidak akan menjamin gaji yang lebih tinggi dan properti mewah, ada keinginan untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri Anda. Anda ingin menjadi bagian dari gerakan yang berdampak positif bagi dunia dan meninggalkan warisan bagi generasi mendatang.

Sebut saja iman, perhatian, atau apa pun yang ingin Anda selaraskan. Perasaan jangkar ini memungkinkan untuk menavigasi melalui kehidupan ketika Anda dapat memvisualisasikan keberadaan Anda di bumi untuk alasan tertentu, yang pada gilirannya memungkinkan Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk menemukan panggilan Anda.

2. Anda membantu orang lain mewujudkan tujuannya dengan memberdayakan mereka.
Keuntungan hidup dalam tujuan Anda adalah Anda menemukan kekuatan Anda dan lebih bersedia untuk melayani komunitas Anda. Ini praktis mustahil jika Anda kurang memiliki kesadaran diri dan tidak mampu menerjemahkan keterampilan yang Anda miliki untuk membantu orang lain.

Kadang-kadang, bahkan jika Anda memang memiliki keterampilan untuk membantu orang lain, menjalani kehidupan yang tidak disengaja menimbulkan keraguan pesimisme terhadap Anda, membutakan Anda dari peluang untuk membantu orang lain tumbuh.

3. Anda terlibat dengan orang lain dari titik harga diri yang sehat.
Ketika Anda menjalani hidup, kepribadian dan sikap Anda menjadi dibentuk oleh pengalaman Anda. Namun, peristiwa negatif cenderung membuat Anda lebih rentan terhadap keraguan diri dan tantangan pola pikir yang melumpuhkan, yang dapat menyebabkan harga diri Anda terpuruk.
Baca juga: Penyebab Nyata Kekurangan Energi Yang Melampaui Kesehatan Fisik Anda



Hidup dengan tujuan adalah cara yang ampuh untuk merehabilitasi rasa harga diri yang buruk. Ketika Anda mengubah perasaan Anda tentang bagaimana kesulitan memengaruhi Anda, kepercayaan diri Anda meningkat dan Anda merasa cukup kompeten untuk menghadapi kemunduran dan bahkan berdiri sebagai agen perubahan dalam situasi dengan hasil yang tidak diketahui.

4. Kesehatan fisik dan mental Anda akan berterima kasih.
Ya, kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Menjalani gaya hidup yang bukan pilihan Anda dapat membuat Anda mengalami penurunan kesehatan mental yang parah. Kecemasan mulai menyerang saat Anda mengalami peningkatan kecemasan yang berlebihan, lekas marah, kurang konsentrasi, antara lain.

Bahkan, sebuah artikel Harvard menjelaskan bahwa para peneliti mempelajari risiko kematian kardiovaskular antara orang yang melaporkan hidup dengan tujuan dan mereka yang tidak, dan menemukan risiko kematian adalah 20 persen lebih rendah pada mereka yang melaporkan hidup dengan tujuan.

5. Melepaskan kegagalan lebih mudah.
Hidup menjadi lebih mudah dinavigasi karena Anda hidup dengan tujuan. Catatan, saya tidak mengatakan mudah karena itu tidak pernah mudah.

Itu karena memilih untuk mengejar kehidupan yang selaras dengan tujuan Anda akan meregangkan Anda dan menuntut lebih dari Anda. Anda akan diminta untuk tumbuh dan berkomitmen untuk pengembangan pribadi yang berkelanjutan.

Namun, lebih mudah untuk melepaskan kegagalan tanpa membiarkannya berkembang menjadi luka emosional karena Anda dapat mendekati kehidupan sebagai petualangan daripada pola pikir "semua atau tidak sama sekali".

Lebih mudah untuk melepaskan kegagalan karena meskipun beberapa kerugian, Anda percaya bahwa Anda berada di jalur kreatif, profesional yang dirancang hanya untuk Anda.

6. Mengampuni orang lain dan melepaskan kepahitan menjadi lebih mudah.
Hidup menjadi lebih damai ketika Anda tidak lagi harus menyimpan dendam dan kesalahpahaman selama setahun yang telah menyebabkan Anda tidak bahagia. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda merasa tidak adil untuk ketidakadilan atau sengaja tidak menghormati orang lain. Pengampunan tidak memaafkan kesalahan atau tindakan. Sebaliknya, orang-orang yang memilih untuk menjalani kehidupan yang bertujuan lebih cenderung memilih perdamaian daripada ketegangan.

Menurut Andrea Brandt Ph.D. M.F.T., Anda mungkin sebenarnya merasa tidak mau memaafkan meskipun tahu bahwa Anda perlu. Namun, dibutuhkan proses bertahap untuk mengakui bahwa apa yang dilakukan adalah dilakukan, melepaskan rasa sakit dan penderitaan yang disebabkan, dan tumbuh dari cobaan itu.

Hidup dengan tujuan membuat proses ini lebih mudah karena Anda lebih cenderung memahami bahwa tidak ada manusia yang "sempurna".

7. Syukur menjadi bagian penting dari hidup Anda.
Menariknya, menjalani kehidupan yang bermakna membuka hati Anda untuk merasa bersyukur. Ketika rasa terima kasih mendahului keinginan dan keinginan Anda, Anda cenderung hidup sepenuhnya di masa sekarang, untuk menikmati dan menikmati hubungan dan hal-hal yang Anda miliki.

Ketika Anda menjalani kehidupan yang bertujuan, Anda mengakui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dan menjadikannya upaya setiap hari untuk menghilangkan fokus Anda dari apa yang tidak Anda miliki.

8. Anda terlibat dalam perilaku positif.
Saat Anda menjalani kehidupan yang lebih bahagia, Anda dapat mengadopsi strategi koping yang sehat saat menghadapi stres. Menurut Stephanie Hooker dari Psychology Today:
     "Orang-orang yang memiliki makna yang lebih besar mungkin lebih cenderung menjaga diri mereka sendiri karena mereka merasa seolah-olah hidup mereka lebih penting."
Ini berarti lebih banyak latihan, meditasi, perhatian, dan kurang minum, merokok, dan perilaku berisiko yang akan membahayakan kesehatan dan keselamatan Anda.

9. Anda memperluas pandangan dunia Anda.
Tidak seperti hidup di dunia di mana segala sesuatu dilihat dalam warna hitam dan putih, Anda menjadi sangat sensitif terhadap nuansa, nada, dan tantangan yang mengganggu komunikasi sehari-hari, komunikasi antar budaya, dan bahkan operasi bisnis.

Memiliki pikiran terbuka mengarah pada keinginan untuk merasakan koneksi yang lebih dalam dan pemahaman tentang dunia di sekitar kita, yang memungkinkan tingkat pemikiran yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih baik dalam karier, bisnis, dan bisnis Anda.

10. Anda mengembangkan lebih banyak empati terhadap orang lain.
Daripada menjalani kehidupan dengan menyalahkan orang lain karena mereka sepertinya tidak bisa "menarik diri dengan tali sepatu mereka," Anda memahami bahwa hidup bukanlah ras.



Anda tahu bahwa setiap orang adalah sama dan mengalami ketidaknyamanan pada waktu-waktu tertentu. Anda juga sadar bahwa dibutuhkan lingkungan yang penuh kasih dan pengasuhan –– bukan lingkungan yang kritis, untuk membesarkan individu yang kuat secara mental dan seimbang yang akan terus maju untuk mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup.

11. Anda mengejar kehidupan berbasis nilai.
Pernah mendengar beberapa orang selalu berbicara dan menghirup nilai-nilai inti mereka? Ya, itulah tujuan hidup dengan tujuan.

Katakanlah Anda terpapar dengan masalah sosial yang mengganggu komunitas lokal dan global. Ketika Anda hidup dengan tujuan, pekerjaan Anda secara instan condong ke arah menyelesaikan masalah-masalah ini. Integrasi ini menjadi lebih menonjol karena Anda merasa sulit untuk melepaskan apa yang Anda lakukan dari bagaimana Anda dipanggil untuk melayani.

12. Anda lebih selaras dengan karier Anda.
Ketika Anda tidak selaras, Anda buta terhadap peluang kerja sederhana yang menutupi diri mereka sebagai tantangan atau perkenalan sederhana. Anda mengambil risiko dan membuat keputusan yang sangat tidak bijaksana tentang karier dan / atau bisnis Anda.

Tetapi kesuksesan datang dari dalam sebelum diwujudkan secara eksternal, dan satu-satunya cara untuk mengetahui hal ini dan mengakuinya adalah jika Anda dengan sengaja menjalani hidup Anda.

13. Anda mendapatkan kejelasan tentang masa depan meskipun ada ketidakpastian.
Ketidakpastian selalu akan menjadi bagian dari kehidupan. Tetapi pada saat-saat inilah kita menyadari potensi yang tak terucapkan atau membiarkan peluang lepas dari jari kita.
Baca juga: 7 Tanda Anda Siap Mengubah Hidup Anda (Dan Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya)

Namun, kehidupan yang hidup dengan tujuan mengakui ketidakpastian sebagai jalan untuk mencapai sesuatu yang lebih besar. Ini mendorong Anda untuk terlibat dengan kehidupan dari tempat keingintahuan yang asli dan bertanya-tanya bukannya kecemasan dan pesimisme.

Pikiran terakhir
Anda harus jelas tentang seperti apa hidup yang Anda inginkan dan bagaimana Anda ingin menjalaninya.

Baik Anda mengikuti tren atau melanggar aturan sosial, kesenangan dan kepuasan pribadi Anda adalah tanggung jawab Anda.

Bagaimanapun, Anda hanya hidup sekali dan Anda harus menemukan artinya di dalamnya.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN  

Selamat berkomentar

Click to comment

Popular Posts

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir