Cara Menghadapi Masa-Masa Sulit Saat Anda Putus asa

Tiba-tiba, badai sangat bear muncul entah dari mana dan benar-benar menghancurkan hidup Anda; Anda menemukan kesehatan Anda dikatakan buruk; sahabat baik berbohong pada anda. Ini bukan skenario dari acara TV atau film - itu adalah masa-masa sulit yang dihadapi banyak orang di seluruh dunia, dan bahkan jika Anda tidak berurusan dengan sesuatu yang begitu besar, Anda masih dalam keadaan putus asa.
Mundur sejenak. Anda masih dapat membaca ini, atau ada seseorang membacakannya untuk Anda. Untuk menyadari fakta keberadaan Anda dan apa arti realisasi itu sekarang adalah bagian dari perjalanan tidak hanya untuk pemulihan, tetapi juga untuk kebahagiaan.

Saat Anda dalam kondisi bahagia, seperti apa itu? Di mana Anda berada, apakah ada seseorang dengan Anda, apakah Anda santai, apakah ada aroma luar biasa yang menggantung di udara?

Bahkan jika saran yang akan saya berikan kepada Anda tidak membuat Anda dalam keadaan bahagia, itu akan membantu Anda lebih dekat ke tempat di mana kebahagiaan dimungkinkan.



Di bawah ini, Anda akan menemukan langkah awal menuju pemulihan - tindakan penting pertama yang harus Anda ambil untuk pulih dari keadaan putus asa. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kiat tentang menjaga stabilitas psikologis begitu ada jarak antara diri Anda dan apa pun yang menyebabkan Anda putus asa. Akhirnya, Anda akan memahami sudut pandang filosofis yang akan membantu Anda membantu orang lain ketika mereka dalam keadaan putus asa seperti Anda.

Siap untuk melewati saat yang sulit dalam hidup Anda dan muncul orang yang lebih baik? Mari kita lakukan.

1. You Not Alone - Menangis untuk Bantuan
Pertama, ketahuilah ini: Isolasi berbahaya saat Anda putus asa.

Jika Anda mogok dan melakukan sesuatu yang tidak dapat Anda ambil kembali, tidak ada yang membantu Anda berpikir berbeda.

Sekitar 70 persen orang yang bunuh diri tidak menjalani perawatan kesehatan mental, dan angka bunuh diri untuk orang berusia antara 34 dan 65 telah meningkat sebesar 33 persen sejak tahun 2000.  Jika orang-orang yang bunuh diri itu bisa mendapatkan perawatan, itu bisa menyelamatkan nyawa mereka.

Temukan seorang penasihat. Jika Anda tidak memiliki asuransi kesehatan dan biayanya terlalu mahal, cari opsi konseling gratis di komunitas Anda.

Atau telepon anggota keluarga atau teman jika Anda hanya membutuhkan seseorang untuk diajak bicara. Bahkan jika Anda tidak dapat sepenuhnya melepaskan beban dari diri sendiri, berbicara dengan seseorang lebih baik daripada alternatif membawa beban yang begitu berat.

Peringatan: Jangan mencoba mengganti teman dan keluarga Anda dengan terapis yang sebenarnya. Ini tidak sehat bagi Anda dan mereka, karena ada terlalu banyak keterikatan emosional.

Singkatnya, Anda akan membebani mereka terlalu banyak, dan mereka mungkin memberi Anda saran yang bias. Konselor akan memberi Anda saran obyektif yang dapat sangat membantu.

2. Cari Diri Anda dan Jujurlah Tentang Segalanya Segalanya
Sekarang setelah Anda mengidentifikasi seseorang untuk diajak bicara, saatnya untuk mengambil langkah-langkah penting ini:

  •     Lihatlah hidup Anda dan tanyakan apakah ada masalah fisik dan eksternal yang sedang berlangsung di lingkungan Anda yang memperburuk keadaan.
  •     Periksa pola makan dan gaya hidup Anda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan Anda (lebih lanjut tentang ini segera).
  •     Periksa pikiran Anda dan cari jenis pikiran, atau pikiran yang sangat spesifik, yang menyebabkan Anda putus asa.

Pada titik ini, akan membantu untuk pergi ke dokter dan mendapatkan pemeriksaan fisik. Cari tahu di mana Anda berada secara biologis. Mungkin Anda tidak mendapatkan cukup vitamin atau nutrisi, atau Anda mendapatkan terlalu banyak sesuatu. Anda mungkin tidak cukup berolahraga. Jujurlah dengan dokter.

Jujurlah dengan penasihat Anda. Menahan apa pun ketika menggambarkan pengalaman masa lalu Anda serta pikiran dan kebiasaan sehari-hari.

Jujurlah dengan keluarga dan teman Anda. Anda perlu memberi tahu mereka bagaimana perasaan Anda, betapa pun sulitnya. Ini adalah bagian dari salah satu langkah paling penting untuk pemulihan: mengakui perasaan Anda.

3. Dapatkan di Perasaan Memimpin Anda ke Sense of Despair
Perasaan putus asa, depresi, atau kecemasan tidak ada dalam ruang hampa - pikiran negatif mengarah pada perasaan tidak tenang atau agitasi yang halus. Ini memunculkan sikap negatif yang perlahan menggerogoti Anda. Ketika sesuatu yang sangat buruk terjadi, sikap negatif meningkat menjadi panik, putus asa, atau putus asa.

Apa pikiran dan perasaan negatif yang Anda miliki di masa lalu? Apa saja yang Anda sembunyikan sekarang?

Ini bukan masalah kesalahan. Pikiran dan perasaan ini tidak bisa membantu tetapi muncul ke permukaan. Namun, ketika Anda memikirkannya, mereka menciptakan jalur di otak Anda.

Pada akhirnya, begitu sesuatu bencana terjadi - seperti yang akan terjadi, karena ini adalah kehidupan - pikiran Anda menjadi kewalahan karena Anda telah melatih diri untuk membiarkan perasaan buruk mengendalikan. Kelebihan perasaan buruk untuk periode waktu yang terus menerus menciptakan keputusasaan.

4. Sekarang Sesuaikan Perspektif Anda
Anda sedang berhadapan dengan situasi berkelanjutan yang sangat sulit untuk diatasi. Keputusasaan berarti bereaksi karena putus asa.

"Tapi situasi ini benar-benar sulit," katamu. Ya itu; jangan terlalu berharap banyak dari dirimu

Untuk mengatasi situasi ini berarti mengakui ketangguhannya. Beri diri Anda istirahat untuk merasa buruk - siapa pun akan merasa buruk dalam situasi Anda.

Di sana, itu adalah bagian besar darinya: Anda baru saja mulai memikirkan bagaimana perasaan orang lain. Anda dapat memperluas lebih jauh. Ambil perspektif dunia yang bahkan lebih jauh.



Bukankah orang lain di dunia juga mengalami masa-masa sulit? Faktanya, bukankah ada situasi yang lebih buruk, bencana besar, masa-masa traumatis ketika orang menderita kehilangan dan kehancuran total? Bagaimana perasaan Anda dalam situasi mereka? Anda tentu tidak akan menyalahkan mereka.

Pada akhirnya, pikiran manusia menentukan tingkat penderitaan yang dilanggengkan seseorang setelah peristiwa traumatis. Dalam pengertian itu, ada harapan karena pikiran Anda mudah ditempa. Ini seperti tulang yang patah.

Berikan waktu untuk menyembuhkan, lakukan tindakan yang diperlukan, jangan sulit melakukannya.

5. Berjemur di Latihan Perawatan Diri
Perawatan diri adalah hal yang Anda lakukan tanpa ikatan. Ini adalah hal-hal yang Anda lakukan untuk Anda dan kesejahteraan Anda. Itu mungkin terdengar egois, tetapi perawatan diri sebenarnya adalah pilar dasar kesehatan psikologis. Maria Baratta mengatakan:
    "Memasukkan perawatan diri setiap hari membantu berfungsi sebagai pelindung untuk melindungi energi yang kita butuhkan untuk bertahan dan berkembang ... Perawatan diri berjalan jauh dalam mengelola stres dan menjalani kehidupan terbaikmu."
Berikut ini beberapa saran perawatan diri:

  •     Prioritaskan jadwal tidur yang konsisten dan cukup tidur setiap malam.
  •     Katakan tidak pada hal-hal yang membuat Anda stres dan tidak penting untuk kesejahteraan Anda.
  •     Prioritaskan makan makanan sehat dan belanjakan sedikit untuk makanan sehat favorit favorit Anda.
  •     Beristirahatlah lebih sedikit di tempat kerja dan luangkan waktu untuk melakukan dekompresi setelah bekerja.
  •     Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang benar-benar Anda nikmati.
  •     Pertimbangkan meditasi atau praktik spiritual lainnya untuk mengakses diri spiritual Anda
  •     Cintai diri Anda sendiri - pikirkan kualitas pribadi Anda dan renungkan apa yang membuat Anda dicintai.

Terlebih lagi, pertimbangkan kurang - anggap minimalis sebagai bentuk perawatan diri. Menurut penulis Kendra Yoho:
    "Dengan menyingkirkan hal-hal yang tidak berarti dalam hidup, kita dibiarkan dengan hal-hal yang paling penting."
Khususnya di ruang pribadi Anda, banyak hal yang tidak Anda butuhkan tidak dapat membuat stres. Declutter kamar Anda dan buatlah senyaman, layak huni, dan senyaman mungkin.

Anda mendapatkan idenya. Perawatan diri bisa kreatif, nyaman, menyenangkan - apa pun yang Anda inginkan, apa pun yang membantu Anda mengisi bahan bakar.

6. Tantang Diri Anda untuk Bertindak Daripada Bereaksi
Sekarang setelah Anda semakin jauh dari keputusasaan, saatnya untuk melanjutkan penyembuhan secara proaktif.

Saat Anda bereaksi, Anda membiarkan keadaan mengendalikan Anda; saat Anda berakting, Anda mengambil kendali dan mengubah hidup Anda.

Ada banyak tindakan yang bisa Anda ambil. Laz Versalles, seorang penulis untuk Accesa Labs, ikut serta dalam Whole Life Challenge dan itu mengubah hidupnya.

Sebelum dia menerima tantangan itu, Laz menemukan bahwa kadar kolesterol dan glukosa-nya sangat tinggi, dia sedang dalam perjalanan menuju serangan jantung atau diabetes. Menurut Laz:
    “Bagi mereka yang tidak terbiasa, Whole Life Challenge (WLC) adalah program kesehatan yang berfokus pada tujuh praktik harian yang memberikan pemain kesempatan untuk mencetak poin di setiap kategori dengan mata menciptakan kebiasaan sehat seumur hidup. Tujuh kategori tersebut adalah Nutrisi, Olahraga, Mobilitas, Hidrasi, Tidur, Refleksi, dan Kesejahteraan. "
Rejimen seperti Whole Life Challenge melangkah lebih jauh dari perawatan diri karena Anda mendorong diri sendiri untuk membawanya ke tingkat berikutnya.

Sebut saja Self Care 2.0. Olahraga harus menjadi kebiasaan di antara kebiasaan baru Anda. Meskipun saat ini masih sulit, Anda bergerak keluar dengan melihat ke luar pada aktivitas Anda berikutnya, bukan ke dalam pada keputusasaan Anda.

7. Temukan Cara untuk Membantu Orang Lain
Sekarang setelah Anda membantu diri sendiri, saatnya untuk membantu orang lain. Ini adalah cara lain untuk melihat keluar. Lihatlah melampaui masa-masa sulit Anda dan lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mendukung orang lain di komunitas Anda.

Berikut ini beberapa ide untuk membantu orang lain:

  1.     Sukarelawan di dapur umum penampungan tunawisma
  2.     Bergabunglah dengan kelompok dukungan sebaya
  3.     Relawan untuk upaya pembersihan di sekitar kota
  4.     Sukarelawan di Boys and Girls Club setempat
  5.     Relawan dengan departemen Taman dan Rekreasi kota
  6.     Perhatikan tetangga Anda yang mana yang membutuhkan bantuan dan menawarkan layanan Anda
  7.     Sukarelawan di rumah orang tua
  8.     Sukarelawan di sebuah gereja

Daftar itu bisa terus dan terus. Selain menggunakan mata dan telinga Anda, gunakan pencarian internet yang berguna untuk mengidentifikasi organisasi yang membutuhkan sukarelawan di komunitas Anda.

8. Pelajari Instrumen
Ada begitu banyak manfaat untuk mempelajari instrumen yang sulit dipercaya. Jika Anda sudah tahu cara memainkannya, pelajari yang baru. Memainkan musik bermanfaat bagi otak lebih dari aktivitas lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang mengejutkan:

  1.     Anda akan lebih waspada secara mental.
  2.     Anda akan meningkatkan koneksi Anda ke orang lain.
  3.     Anda akan meningkatkan daya ingat dan keterampilan membaca.
  4.     Anda akan mengalami lebih banyak momen kebahagiaan.
  5.     Indera Anda akan meningkat karena Anda akan lebih baik dalam memproses beberapa peristiwa sensorik sekaligus. Dengan kata lain, tingkat perhatian Anda akan meningkat.
  6.     Anda akan meningkatkan aliran darah ke otak Anda, dan otak Anda akan pulih lebih baik dari apa yang menyebabkan Anda putus asa.
  7.     Anda akan menurunkan tingkat stres dan depresi Anda.
  8.     Fungsi eksekutif otak Anda - kemampuan keseluruhannya untuk memproses dan menyimpan informasi - akan meningkat.

Pernahkah Anda ke konser di mana Anda bersenang-senang, dan Anda melihat band atau pemain dan ada yang unik, bahkan bahagia, terlihat di wajah mereka? Tampilan itu adalah representasi visual dari apa yang dilakukan musik untuk otak Anda.

Ya, mempelajari instrumen adalah tantangan - tetapi itulah intinya.

9. Buat Teman, Ambil Apa yang Sudah Anda Pelajari, dan Bagikan
Anda berada di jalan proaktif untuk melewati masa sulit yang serius dalam hidup Anda. Anda telah menemukan ini tentang mencari di luar diri Anda dan mengendalikan dengan grit dan tekad. Akhirnya, masa-masa sulit berakhir dan Anda merasa stabil secara emosional. Sekarang saatnya berbagi.

Langkah ini merupakan ekstensi yang mungkin paling sulit karena Anda akan benar-benar bekerja keras untuk memperhatikan ketika seseorang mengalami kesulitan, dan alih-alih hanya mengatakan kepada mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja, Anda akan membuat koneksi dengan individu tersebut.



Anda harus membangun persahabatan sebelum Anda dapat memberikan saran. Begitu persahabatan itu dibangun, suatu saat akan datang ketika mereka membutuhkan nasihat.

Jangan menahan diri - tetapi pastikan Anda telah menghabiskan banyak waktu hanya mendengarkan mereka. Ketika mereka melihat Anda mendengarkan, mereka akan bertanya kepada Anda apa yang akan Anda lakukan, atau mereka akan meminta bantuan.

Itu ada! Anda tidak lagi memiliki kecenderungan mundur ke arah keputusasaan karena Anda berfokus pada orang lain dan Anda berfokus pada apa yang diperlukan untuk menjadi teman mereka.

Rasanya sangat menyenangkan berada di sana untuk seseorang. Masa-masa sulit Anda berubah menjadi persahabatan baru, yang bisa Anda pertahankan seumur hidup Anda.

Ini adalah hal terpenting yang pernah Anda lakukan. Untung Anda mengalami masa-masa sulit. Tanpa mereka, Anda tidak akan memiliki pengalaman baru ini dengan orang baru dalam hidup Anda.
Pikiran terakhir

  • Melewati masa-masa sulit sebenarnya membuat Anda menjadi orang yang luar biasa.
  • Dengan menjangkau dan meminta bantuan dari seseorang, Anda memperoleh kebijaksanaan.
  • Dengan jujur ​​pada diri sendiri, Anda memperoleh kemampuan untuk jujur ​​dengan orang lain.
  • Dengan menjadi sadar akan perasaan mendalam Anda, Anda mendapatkan lebih banyak kendali atas kata-kata dan tindakan Anda.
  • Dengan menyesuaikan perspektif Anda, Anda memperoleh mode berpikir yang memungkinkan Anda terhubung dengan orang lain.
  • Dengan memanjakan diri, Anda meremajakan diri dan mendapatkan pelindung mental.
  • Dengan bertindak alih-alih bereaksi, Anda mendapatkan kebiasaan baru yang sehat.
  • Dengan membantu orang lain, Anda mendapatkan pengalaman berharga yang membuka mata.
  • Dengan mempelajari instrumen, Anda memperoleh tingkat baru kompetensi intelektual dan emosional.

Dengan menjalin pertemanan baru, Anda memperoleh kemungkinan baru dan koneksi yang tak ternilai. Teruslah menuju ke arah ini, dan pada saat keadaan menjadi sulit, kata keputusasaan bahkan tidak akan masuk ke dalam gambar.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN  

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir