10 Kebiasaan Memulai Pagi Hari Anda dengan Benar

“Kami adalah apa yang kami lakukan berulang kali. Maka, keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan. ”- Aristoteles
Pernahkah Anda memperhatikan ketika pagi Anda mulai dalam kebingungan - menunda alarm Anda, melewatkan sarapan, dan bergegas keluar pintu - sisa hari Anda tampaknya mencerminkan suasana kacau juga? Nada pagi Anda akan menentukan nada hari Anda, jadi inilah saatnya untuk mulai merencanakannya.
Ketika Anda membentuk perilaku kebiasaan sehat untuk pagi hari, Anda mengatur hari Anda untuk sukses. Apakah Anda menyadarinya atau tidak, Anda beroperasi di bawah kebiasaan (baik dan buruk) sepanjang waktu — mereka adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari Anda. Bagian dari mengembangkan kebiasaan sehat, adalah menjadi disengaja dengannya. Sebagian besar kebiasaan terbentuk karena mudah atau di sepanjang jalan dengan resistensi paling rendah. Jika Anda ingin menumbuhkan kebiasaan positif, maka Anda mungkin perlu melakukan upaya yang disengaja untuk membentuknya sampai mereka menjadi kebiasaan.



Ini khususnya berlaku pada kebiasaan pagi hari. Apa yang Anda kembangkan di pagi hari memengaruhi bagaimana Anda merasakan, bertindak, dan berpikir selama sisa hari Anda. Berikut adalah 10 kebiasaan sederhana yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas pagi Anda sekarang, untuk memastikan Anda merasa, bertindak, dan berpikir pada potensi tertinggi Anda untuk sisa hari Anda — dan hari-hari — ke depan.

1. Hindari membuka gadget
Jika hal pertama yang Anda lakukan saat bangun tidur adalah memeriksa pesan atau email kantor di ponsel cerdas Anda, Anda merugikan diri sendiri. Anda segera mengembangkan pola pikir reaktif, bukannya yang proaktif, yang akan menyebabkan Anda memulai hari Anda dalam keadaan defensif, daripada tempat kedamaian dan kendali batin.

Alih-alih, cobalah tetap terpisah dari teknologi selama satu jam pertama hari Anda sehingga Anda dapat memulai hari Anda dengan kesadaran saat ini dan fokus positif.

2. Hidrasi
Minum segelas air di pagi hari setelah pergi berjam-jam tanpa menyesap adalah cara yang baik untuk melembabkan tubuh Anda. Teknik Ayurvedic menambahkan lemon ke segelas air hangat membantu menghilangkan racun dari saluran pencernaan Anda yang mungkin telah menumpuk dalam semalam, menyediakan sumber vitamin C yang baik, menyegarkan napas, mendukung penurunan berat badan, dan merangsang metabolisme dan pencernaan. Gunakan hal pertama di pagi hari untuk memulai hari yang sehat — dan menyegarkan.

3. Praktekkan Optimisme dan Rasa Syukur
Bahkan sebelum Anda bangun dari tempat tidur, beri diri Anda beberapa menit untuk tersenyum dan berlatih bersyukur. Ketika Anda tersenyum, itu memberi sinyal pada otak Anda untuk melepaskan neurotransmiter yang baik (dopamin, endorfin, dan serotonin), yang mengangkat suasana hati Anda, rileks tubuh Anda, dan menurunkan detak jantung Anda. Siapa yang tidak ingin memulai hari mereka dengan nada positif ini?

Saat Anda tersenyum, mulailah merenungkan apa yang Anda syukuri. Penelitian telah menunjukkan bahwa bersyukur mengurangi hormon stres dan meningkatkan suasana hati, di antara manfaat lainnya. Jadi, menambahkan latihan terima kasih harian yang sederhana adalah cara yang bagus untuk memulai pagi Anda.



Mulailah dengan mengambil satu menit di tempat tidur sebelum Anda bangkit untuk merenungkan satu orang dan satu kesempatan yang Anda syukuri dalam hidup Anda.

4. Buat Tempat Tidur Anda
Tim Ferriss, penulis dan pembawa acara podcast (The Tim Ferriss Show) telah mewawancarai lebih dari seratus orang yang sangat sukses dengan latar belakang dan keterampilan yang beragam, dan di berbagai industri. Dia selalu bertanya, "Apa rutinitas pagimu?" Sepanjang jalan, dia telah mengumpulkan lima kebiasaan yang telah dia masukkan ke dalam rutinitas paginya, dan salah satunya membuat tempat tidurnya.

Ini mungkin tampak seperti buang-buang waktu, tidak penting, atau tidak perlu (Anda hanya akan menggunakannya lagi di malam hari), tetapi membuat tempat tidur Anda adalah tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan di pagi hari yang membuat Anda memulai hari Anda dengan perasaan— dan nada apa yang lebih baik untuk ditetapkan selain rasa bangga dan berhasil? Mengambil alih dan menyelesaikan tugas-tugas sederhana akan memberi Anda dasar untuk melakukan lebih dan lebih banyak sepanjang hari.

5. Renungkan
Memasukkan beberapa jenis latihan mindfulness seperti meditasi ke dalam rutinitas pagi harian Anda dapat membantu membangunkan Anda dan melatih pikiran dan emosi Anda, yang kemudian memengaruhi bagaimana Anda bereaksi terhadap tantangan sepanjang hari Anda.

Selama meditasi Anda juga merupakan waktu yang tepat untuk menetapkan niat Anda untuk hari itu. Ketika Anda menjadi jelas tentang bagaimana Anda ingin hari Anda pergi atau apa yang ingin Anda rasakan atau capai, Anda dapat membuat keputusan yang jelas yang menciptakan kehidupan yang benar-benar ingin Anda jalani.

Perhatikan yakin di mana untuk memulai? Inilah meditasi sederhana yang dapat Anda lakukan di pagi hari:
  • Masuk ke posisi duduk yang nyaman dan atur timer selama lima menit.
  • Tutup mata Anda dan fokuslah pada napas Anda.
  • Tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, pertahankan selama empat hitungan, dan buang napas melalui hidung selama delapan hitungan.
  • Setiap kali Anda melihat pikiran Anda berkelana, arahkan dengan lembut kembali untuk fokus pada napas Anda.
  • Ketika penghitung waktu mati, lepaskan penghitungan Anda, tetapi tetap duduk dengan mata tertutup untuk sesaat.
  • Tetapkan niat untuk hari Anda dan visualisasikan diri Anda memenuhi niat ini.
  • Buka mata Anda, tarik tangan Anda ke langit untuk melakukan peregangan, dan kemudian lanjutkan dengan hari Anda, membawa energi dan niat tenang bersama Anda.

6. Latihan
Baik itu latihan yoga sederhana, jalan cepat bersama hewan peliharaan, set-up dan push-up cepat, atau berolahraga di gym , memulai hari Anda dengan gerakan memberi energi pada tubuh dan pikiran. Tentukan jenis latihan apa yang tepat untuk Anda dan jadwalkan. Tidak harus rumit, panjang, atau intens, tetapi melakukan aktivitas fisik di pagi hari akan membuat darah Anda mengalir dan membantu menenangkan obrolan mental apa pun. Anda bahkan dapat mengganti jenis olahraga apa yang Anda lakukan setiap hari agar rutinitas Anda tetap menarik.



7. Letakkan Diri Anda Bersama
Menempatkan waktu dan usaha dalam penampilan Anda membantu membangun rasa percaya diri. Ketika Anda merasa "disatukan," adalah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan sepanjang hari Anda.

Jadi, mandi, cuci muka, gosok gigi, benang, sisir rambut Anda, oleskan lotion / minyak, pakaian untuk mengesankan, dan menerapkan kebiasaan kebersihan / perawatan lainnya yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Ini mungkin melibatkan memilih pakaian Anda pada malam sebelumnya (terutama jika Anda kekurangan waktu di pagi hari) atau menyeterika pakaian Anda — apa pun yang membuat Anda merasa seperti menjaga kesehatan Anda, terlihat rapi, dan merasa percaya diri.

8. Makan Sarapan Yang Sehat
Anda kemungkinan besar mendengar bahwa sarapan adalah hidangan terpenting hari itu. Ketika Anda meluangkan waktu untuk sarapan yang sehat (protein tanpa lemak, lemak sehat, dan biji-bijian), Anda akan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari dan kemampuan yang lebih kuat untuk fokus dan berkonsentrasi.

9. Miliki Daftar "Harus Dilakukan" yang Siap Dikalahkan
Luangkan beberapa menit untuk menuliskan daftar "yang harus dilakukan" untuk hari berikutnya. Kemudian memprioritaskannya sehingga daftar hari Anda hanya memiliki 3 sampai 5 item di dalamnya — diurutkan berdasarkan prioritas untuk memastikan Anda menangani hal-hal yang paling mendesak terlebih dahulu.

Menuliskan "tugas" Anda alih-alih membuatnya tetap ada di pikiran Anda membantu membersihkan obrolan mental. Anda juga memberi diri Anda perasaan memiliki tujuan setiap hari ketika Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan. Dan ada sesuatu yang memuaskan tentang menghilangkan tugas dalam daftar Anda — itu benar-benar menumbuhkan rasa prestasi.

10. Cukup Tidur Nyenyak
Yang terakhir ini sebenarnya bukan kebiasaan untuk pagi Anda ... namun, sebelum Anda dapat berharap untuk menerapkan kebiasaan pagi yang baru dan sehat, Anda harus memiliki fondasi tubuh dan pikiran yang tenang. Perasaan yang Anda rasakan saat terjaga sebagian tergantung pada kebiasaan tidur Anda. Jika Anda merasa pening, mudah tersinggung, atau kelelahan, Anda mungkin tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.



Selama tidur, tubuh Anda bekerja untuk mendukung fungsi otak yang sehat dan menjaga kesehatan fisik Anda. Faktanya, tidur memainkan peran vital dalam kesehatan fisik, kejernihan mental, dan kualitas hidup Anda sehingga kekurangan tidur terus menerus (jumlahnya berbeda-beda tergantung individu, tetapi biasanya ini berarti kurang dari 6 hingga 8 jam tidur nyenyak setiap malam) dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda — dan seberapa baik Anda berpikir, bereaksi, bekerja, belajar, dan bergaul dengan orang lain.

Ketika Anda memulai hari Anda setelah malam yang nyenyak, Anda akan terbangun dengan perasaan segar dan siap untuk mengambil hari, dimulai dengan kebiasaan pagi yang baru.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN  

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir