8 kelebihan dan kekurangan dari persahabatan virtual

Di zaman sekarang ini jarak telah jauh berkurang; Tidak perlu lagi bagi orang untuk bertemu secara pribadi untuk membangun atau mempertahankan persahabatan. Sejak munculnya Internet, hubungan pribadi telah menyebar melalui jaringan virtual.
Keragaman persahabatan yang relatif baru ini memiliki pro dan kontra. Pada artikel ini kita akan berbicara tentang kelebihan dan kekurangan dari pertemanan virtual, dipahami sebagai hubungan antara teman-teman yang berinteraksi melalui Internet.



Apa itu persahabatan virtual?
Sebelum mengulas kelebihan dan kekurangan dari pertemanan virtual atau pertemanan siber, marilah kita tahu apa itu. Jenis hubungan ini ditandai oleh tautan yang dikembangkan dua orang atau lebih di antara mereka sendiri melalui web, melalui komputer atau perangkat lain yang memungkinkan mereka berinteraksi di kejauhan.

Hal ini dimungkinkan hari ini dalam banyak hal, berkat kemajuan signifikan yang telah dibuat oleh teknologi baru dalam kaitannya dengan menghubungkan orang. Jejaring sosial semakin menerapkan sumber daya baru sehingga penggunanya dapat berinteraksi satu sama lain dari mana pun mereka berada.

Dengan mempertimbangkan semua kemajuan yang disebutkan di atas, kita dapat menetapkan bahwa pertemanan virtual adalah tentang hubungan pertemanan yang dipertahankan orang hanya dan secara eksklusif melalui media digital apa pun.
Keuntungan dari pertemanan virtual

Seperti semua hal, bentuk persahabatan melalui teknologi baru ini memiliki hal-hal positif dan hal-hal yang tidak ... Sekarang kita akan melihat daftar kelebihan yang ditawarkan oleh persahabatan virtual, dan nanti kita akan meninjau apa saja kerugian yang dihadirkan .

1. Kurangi jarak
Persahabatan virtual dapat membawa orang lebih dekat bahkan jika mereka berada jauh secara teritorial, melalui berbagai server obrolan yang ada dan layanan panggilan video gratis, dimungkinkan untuk membangun atau memelihara hubungan pertemanan saat berada di berbagai benua.

2. Mereka menyediakan cara yang aman untuk mengatakan sesuatu
Beberapa orang merasa lebih sulit daripada orang lain untuk memulai percakapan secara pribadi, mereka adalah individu dengan kepribadian yang pemalu dan bagi mereka Internet merupakan sarana yang aman di mana mereka dapat mengekspresikan diri mereka dengan kepercayaan diri yang lebih besar dan menjalin hubungan persahabatan dengan orang lain.



3. Mereka melampaui hambatan budaya
Persahabatan virtual memiliki karakteristik melampaui hambatan budaya antar negara, dengan mempertimbangkan bahwa pengguna Internet adalah orang-orang dari seluruh dunia.

Salah satu keuntungan dari pertemanan virtual adalah bahwa para pengguna ini dapat saling mengenal di forum atau jejaring sosial dan memulai hubungan pertemanan yang langgeng melalui saluran digital.

4. Mereka memberikan rasa kesetaraan yang lebih besar
Komunikasi virtual memberikan rasa kesetaraan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Dalam hal persahabatan virtual orang cenderung merasa bahwa ada lebih sedikit hal yang memisahkan mereka dan lebih banyak hal yang membuat mereka serupa.

Misalnya, tidak masalah jika Anda memiliki kondisi fisik tertentu, atau jika Anda adalah orang yang suka pesta, atau tinggal di rumah membaca buku pada akhir pekan. Semua ini tidak relevan dalam persahabatan virtual, karena itu hanya perlu memiliki disposisi untuk berinteraksi dengan yang lain melalui beberapa perangkat, tidak perlu mengubah rutinitas atau penampilan agar sesuai dengan sekelompok teman virtual.
Kekurangan dari persahabatan virtual

Sekarang kita telah meninjau keuntungan utama dari persahabatan virtual, mari kita lihat kelemahan paling relevan yang disajikan oleh jenis hubungan ini.

1. Dapat menghasilkan isolasi
Persahabatan virtual dapat membuat orang lebih mudah untuk tetap terkunci di depan komputer mereka, sebagai satu-satunya bentuk interaksi sosial, atau menghabiskan sebagian besar waktu mereka menggunakan ponsel mereka.

2. Tidak adanya kontak fisik
Dalam hubungan pertemanan konvensional, kontak fisik sangat penting; pelukan, salam tangan, perpisahan dengan ciuman di pipi, adalah hal-hal yang merupakan bagian intrinsik dari hubungan pertemanan dan membuatnya tumbuh. Dalam hal persahabatan murni virtual, aspek ini tidak terpenuhi.



3. Dapat menimbulkan kecanduan
Ketika orang menghabiskan terlalu banyak waktu berinteraksi dengan teman virtual mereka, mereka mungkin menjadi kecanduan teknologi baru, yang merupakan kecanduan tipe perilaku. Jenis kecanduan ini dapat secara signifikan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka yang menyajikannya; Tempat kerja, keluarga, dan pribadi, adalah yang paling umum untuk dirusak.

4. Ini cocok untuk penipuan
Kontak virtual dengan orang lain adalah cara yang digunakan oleh banyak scammer untuk menangkap korban mereka, itulah sebabnya Anda harus sangat berhati-hati ketika memulai persahabatan dengan orang yang sama sekali tidak dikenal melalui Internet.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN  

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir