Mengatasi Kecemasan Saat Anda Tertekan hingga Maksimal


Dalam masyarakat yang kompleks dan terus berubah saat ini, hampir tidak mungkin untuk tidak merasa cemas dan stres di beberapa titik dalam hidup Anda. Stres dan kecemasan telah menjadi fakta kehidupan bagi kita semua, dan kita semua harus berurusan dengan dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh stres dalam hidup kita.
Stres bukanlah sesuatu yang tiba-tiba masuk ke dalam hidup Anda semalaman. Stres perlahan-lahan tumbuh seiring waktu dan menjadi semakin buruk ketika Anda memilih untuk tidak melakukan apa-apa.
    "Ingatlah bahwa stres tidak datang dari apa yang terjadi dalam hidup Anda. Itu datang dari pikiran Anda tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda. "- Andrew J. Bernstein
Konsekuensi dari tidak berurusan dengan aspek stres yang tidak menyenangkan dapat berakibat fatal bagi mental, fisik, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Namun, ada harapan. Ada beberapa cara di mana Anda dapat meminimalkan dan mengendalikan dampak negatif yang dapat ditimbulkan stres dalam hidup Anda.

Setelah Anda memahami apa yang menjadi pemicu stres Anda dan mekanisme mengatasi kecemasan apa yang paling baik untuk Anda, Anda kemudian berada pada jalur yang tepat untuk mengelola tingkat kecemasan dan stres dalam hidup Anda.

Dampak Stres dan Kecemasan
Ada banyak sekali penelitian yang dilakukan pada topik stres dan kecemasan. Misalnya ada penelitian yang dilakukan pada; jenis kelamin mana yang lebih ditekankan, kelompok umur mana yang paling menderita stres, negara mana yang paling stres, yang mana tempat kerja menciptakan tingkat stres yang tinggi, apa yang menjadi pemicu stres, berapa biaya stres pada pemerintah dan sistem kesehatan masyarakat dan daftar berjalan.



Yang disoroti oleh semua penelitian ini adalah bahwa stres dipahami dan dialami secara universal oleh banyak orang.

Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa terlepas dari semua penelitian ini dan fakta yang kita semua tahu, stres adalah fakta kehidupan yang tidak menyenangkan yang kita di dunia barat tidak pandai menangani stres.

Karena kita begitu buruk dalam menangani stres, kita sekarang menghadapi apa yang banyak orang anggap sebagai titik krisis di mana stres sekarang menjadi salah satu penyebab utama yang mengarah pada penyakit paling mematikan dan masalah kesehatan jangka panjang - tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker, stroke, obesitas, dan insomnia adalah semua kondisi medis yang dapat dikaitkan atau secara langsung dipengaruhi oleh tingkat stres yang tinggi.

Mekanisme Mengatasi Kecemasan Yang Berhasil
5 strategi ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola tingkat stres dalam hidup Anda dan menghindari dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh stres dan kecemasan pada hidup Anda - secara fisik dan mental.

1. Ketahui Perbedaan Antara Kecemasan dan Stres
    "Anda tidak bisa menghentikan ombak, tetapi Anda bisa belajar berselancar." - Tidak dikenal
Mengetahui perbedaan antara stres dan kecemasan adalah kunci untuk Anda mengurangi dampak dari tingkat stres yang tinggi dalam hidup Anda.

Stres adalah respons terhadap ancaman dalam suatu situasi. Kecemasan adalah reaksi terhadap stres. Jika kita terus-menerus terkena stres tingkat tinggi, maka kecemasan kita akan meningkat.

Kita semua memiliki mekanisme koping yang sangat berbeda dalam menangani stres dan kecemasan. Apa yang membuat orang tertekan mungkin belum tentu membuat orang lain stres.

Gejala yang kita alami ketika cemas sering disebut sebagai respon 'melawan atau lari'. Ini berasal dari gagasan bahwa orang terutama mengalami kecemasan untuk membantu mereka melawan atau melarikan diri dari bahaya.

Sebagai contoh, jika Anda melihat seorang pencuri, dua opsi terbuka untuk Anda adalah untuk - melawan mereka (berkelahi) atau mencoba melarikan diri (penerbangan). Pertarungan atau respons terbang kami akan membantu pada saat ini.

Masalahnya adalah bahwa di dunia yang kompleks saat ini, kita terus-menerus terpapar pada gangguan dan perubahan. Karena kita menjalani kehidupan yang lebih penuh tekanan, tubuh dan pikiran kita belum menangkap perubahan ini. Akibatnya, kita sekarang mengalami kecemasan dalam situasi di mana itu tidak selalu bermanfaat karena kita tidak dapat melawan atau melarikan diri dari mereka (mis. Tekanan kerja atau keuangan).

2. Pelajari Cara Menantang Pikiran yang Tidak Membantu Anda
Cara kita berpikir tentang berbagai hal berdampak pada tingkat kecemasan kita. Banyak dari pemikiran ini terjadi di luar kendali kita, dan bisa negatif atau tidak membantu.

Karena itu penting untuk diingat bahwa itu hanya pemikiran, tanpa dasar nyata, dan tidak selalu fakta.

Tantang pikiran tidak membantu Anda dengan mengajukan pertanyaan ini:

  • Adakah bukti yang bertentangan dengan pemikiran ini?
  • Apa yang akan saya katakan kepada seorang teman yang memiliki pemikiran ini dalam situasi yang sama?
  • Berapa biaya dan manfaat dari berpikir dengan cara ini?
  • Bagaimana perasaan saya tentang ini dalam waktu 6 bulan?
  • Apakah ada cara lain untuk melihat situasi ini?

Cobalah untuk menerapkan pertanyaan-pertanyaan ini pada pikiran tidak membantu yang Anda perhatikan. Ini dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan Anda. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk menguji apakah pikiran Anda realistis dan seimbang.

3. Pelajari Cara Menjadi Pencari Solusi
Seringkali sulit untuk menyelesaikan masalah ketika Anda begitu tenggelam dalam emosi masalah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi dan mengurangi tingkat stres Anda adalah dengan mengikuti tiga langkah ini:

  • Identifikasi apa masalahnya dan tuliskan
  • Munculkan daftar solusi potensial dan catat
  • Pilih solusi terbaik dari daftar Anda dan kemudian mengujinya. Lihat bagaimana kelanjutannya dan jika tidak berhasil pilih solusi lain.

    "Anda tidak harus melihat seluruh tangga, ambil saja langkah pertama." - Martin Luther King
Saya suka kutipan ini dari Martin King. Itu menyoroti bahwa dengan hanya mengambil satu langkah, Anda bergerak lebih dekat ke arah menemukan solusi untuk masalah Anda. Ini semua tentang mengambil satu langkah pada satu waktu - itulah yang dilakukan pencari solusi.

4. Batasi Waktu yang Anda Habiskan untuk Khawatir
Orang-orang yang cemas cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan. Kadang-kadang mereka khawatir sampai-sampai mereka merasa sangat sulit untuk 'mematikan' dan bersantai.

Memang, salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang merasa stres dan cemas adalah kekhawatiran yang tampaknya tak terkendali yang sering terjadi di sampingnya.

Karena itu, jika Anda dapat mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mengkhawatirkan, Anda dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda.

Untuk mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk mengkhawatirkan, tentukan waktu "terbatas" seperti 10 menit sehari untuk membuat diri Anda khawatir. Setiap kekhawatiran yang muncul di kepala Anda di siang hari, tuliskan. Kemudian lupakan sampai waktu yang ditentukan Anda khawatir. Biasanya yang terbaik adalah melakukan ini di kemudian hari.



'Waktu khawatir' tidak hanya membantu mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk mengkhawatirkan, tetapi juga membuktikan bahwa Anda dapat memiliki kontrol lebih besar apakah Anda terlibat dalam kekhawatiran atau tidak.

5. Pelajari Cara Santai dan Berkomitmen padanya
Penting untuk meluangkan waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ini dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan Anda dengan menenangkan tubuh dan pikiran. Ini juga dapat membantu Anda tidur.

Tanpa meluangkan waktu untuk bersantai, mudah untuk merasa kewalahan dan stres.

Relaksasi dapat melibatkan melakukan sesuatu yang Anda sukai, atau hanya sendirian. Contoh yang baik mungkin membaca buku atau mandi.

Apa yang Anda lakukan tidak terlalu penting. Cobalah untuk memilih sesuatu yang Anda sukai dan berharap untuk melakukannya. Olahraga sangat efektif untuk membantu Anda rileks. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda terus-menerus aktif, Anda jauh lebih efektif dalam mengelola tingkat stres Anda.

Mempelajari cara mengendalikan pernapasan adalah teknik sederhana yang bisa sangat membantu jika Anda merasa pusing atau pusing ketika Anda khawatir atau stres. Ini kadang-kadang terjadi karena pernapasan orang berubah dan menjadi lebih cepat ketika mereka merasa tertekan. Ini bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

Mempelajari latihan pernapasan yang terkontrol dapat membantu Anda mengelola perasaan ini dengan lebih efektif. Ini juga bisa membantu memberikan pikiran dan tubuh Anda kesempatan untuk tenang.
“Hidup adalah sepuluh persen apa yang Anda alami dan sembilan puluh persen bagaimana Anda meresponsnya.” - Dorothy M. Neddermeyer
Ketegangan sering menumpuk ketika kita merasa kesal atau stres. Gejala-gejala ini bisa menyakitkan dan dapat menyebabkan kecemasan pada diri mereka sendiri.

Latihan relaksasi otot dapat membantu Anda mengendalikan gejala yang tidak menyenangkan tersebut. Mereka dapat mengurangi ketegangan fisik dan membantu Anda bersantai secara umum. Yoga, pijat, dan meditasi adalah kegiatan yang bagus untuk membantu tubuh dan pikiran Anda rileks.

6. Kenali Diri Sendiri dan Terhubung dengan Orang Lain
Bagi saya, ini adalah mekanisme mengatasi kecemasan yang paling penting. Saya telah menempatkannya sebagai yang terakhir karena jika Anda gagal berkomitmen pada salah satu dari lima strategi lainnya, BERKOMITMEN kepada yang satu ini.

Mekanisme koping inilah yang akan membentuk fondasi yang kuat bagi Anda untuk berhasil mengelola tingkat stres dalam hidup Anda.

Kenali Anda dan terima siapa diri Anda sebenarnya. Tingkat kecemasan dan stres kita meningkat ketika kita khawatir tentang apa yang tidak kita capai atau gagal. Jika kita memberi diri kita izin bahwa tidak apa-apa untuk menjadi "sempurna" sepanjang waktu, tingkat kecemasan dan stres kita lebih mudah dikelola.
    "Aku hanya memberi diriku izin untuk menghisap. Saya menemukan ini sangat membebaskan. "- John Green, penulis The Fault in Our Stars
Membagikan ketakutan dan kecemasan Anda dengan orang-orang yang terhubung dengan Anda akan membantu Anda menghadapi ketakutan dan mengatasi masalah Anda. Meskipun Anda mungkin merasa malu atau takut untuk mendiskusikan perasaan Anda dengan orang lain, berbagi bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah. Dan meminta seseorang mendengarkan Anda dapat membantu Anda merasa didukung.



Ketika Anda merasa didukung, Anda lebih cenderung melakukan hal-hal yang Anda inginkan atau perlu lakukan dengan memutus siklus penghindaran yang konstan. Kemungkinannya adalah kenyataan dari situasi yang tidak akan seburuk yang Anda harapkan, membuat Anda lebih siap untuk mengelola, dan mengurangi kecemasan Anda.
Pikiran terakhir

6 mekanisme mengatasi kecemasan adalah alat untuk membantu Anda mengelola tingkat stres dalam hidup Anda.
Jika Anda memutuskan untuk mencoba strategi ini, bersiaplah untuk merasa tidak nyaman dan perubahan itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Teruslah berusaha dan jangan menyerah. Gali lebih dalam untuk menemukan iman Anda untuk menjadi pencari solusi yang selalu mencari untuk menciptakan masa kini dan masa depan di mana Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya.
     “Stres adalah kondisi yang tidak diketahui. Ia percaya semuanya darurat. "- Natalie Goldberg

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN 

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir