Cara Menjalani Potensi Penuh dan Kesuksesan Anda dalam Hidup

Pernahkah Anda mendengar ungkapan "Dia memiliki begitu banyak potensi, sangat disayangkan ia menyia-nyiakannya." Dalam budaya kita, tidak memenuhi potensi penuh Anda tidak disukai, tetapi mengapa?

Dalam artikel ini, kami akan melihat faktor-faktor yang memengaruhi potensi seseorang dan cara-cara untuk membantu Anda memenuhi potensi penuh Anda untuk kehidupan yang sukses.

Apa yang Menentukan Potensi Seseorang?
Potensi seseorang ditentukan oleh beberapa faktor: Keamanan Fisik, Keamanan Emosional, Lingkungan dan Pola Pikir.

Keamanan fisik
Bahkan sebelum kita dapat berusaha untuk memenuhi potensi kita, kebutuhan fisik dasar kita harus dipenuhi. Tanpa makanan, air, dan tempat tinggal yang memadai, hari-hari kita harus dihabiskan untuk memperoleh kebutuhan dasar ini agar dapat bertahan hidup.




Anda bisa memikirkannya dengan cara ini, orang yang berpotensi menjadi programmer komputer paling cemerlang yang pernah hidup sekarang dengan suku nomaden di Afrika sub-Sahara. Tetapi karena mereka harus menghabiskan hari-hari mereka memenuhi kebutuhan fisik dasar ini, potensi itu akan tetap belum dimanfaatkan.

Keamanan Emosional
Manusia adalah mahkluk sosial, kami tidak melakukannya dengan baik dalam isolasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa membentuk ikatan intim dengan orang lain sangat penting bagi kesehatan mental kita. Ikatan ini mulai berkembang pada masa bayi, bayi mengandalkan ikatan ini dengan orang tua atau pengasuh untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan jika ikatan itu hilang karena alasan tertentu, itu dapat memiliki konsekuensi psikologis seumur hidup.

Lingkungan Hidup
Lingkungan Anda adalah faktor penting lain yang membentuk cara Anda mencapai potensi penuh Anda.

Sama seperti programmer komputer pada contoh sebelumnya. Anda dapat memiliki potensi untuk menjadi pemain sepakbola terhebat di indonesia sejak Cristian Gonzales, tetapi jika Anda tidak memiliki akses ke sepakbola atau Anda berasal dari keluarga yang tidak menghargai keahlian itu, kecil kemungkinan Anda akan memenuhi potensi Anda di bidang itu.

Pola pikir
Bagi kebanyakan dari kita, kita tidak perlu khawatir mendapatkan cukup makanan, air, atau tempat tinggal. Baik kebutuhan fisik dan emosional kita telah dipenuhi (sebagian besar). Dan batasan apa pun yang diterapkan oleh lingkungan kita minimal (terutama dengan ketersediaan internet).

Jadi bagi kebanyakan dari kita, hal utama yang membatasi kita untuk mencapai potensi penuh kita adalah pola pikir kita. Pola pikir kita adalah kisah yang kita bawa bersama kita di kepala kita. Itu mulai berkembang di masa kanak-kanak dan bisa bersama kita sepanjang hidup kita.

Pola Pikir Anda Adalah Kuncinya
Masalah dengan pola pikir kebanyakan orang adalah negatif dan terbatas. Berita baiknya adalah Anda dapat mengubah pola pikir Anda. Penulis Carol Dweck dalam buku terlarisnya Mindset menunjukkan bahwa ada dua jenis pola pikir: tetap dan tumbuh.

1. Pola Pikir yang Tetap

Pola pikir yang tetap adalah pola pikir di mana Anda memiliki keyakinan konkret tentang diri Anda. Seseorang dengan mindset tetap datang dengan "kisah mereka" di masa kanak-kanak dan itu tidak banyak berubah selama bertahun-tahun. Mereka mungkin percaya bahwa mereka tidak pandai berbicara di depan umum, matematika atau menulis hanya karena mereka berjuang dengan mata pelajaran di sekolah.

Jadi ketika ada yang tidak beres, pemikiran umum untuk seseorang dengan mindset tetap adalah "Dasar idiot, saya tahu saya tidak pandai dalam hal itu." Atau "Yah itu hanya mengkonfirmasi apa yang sudah saya ketahui, saya tidak akan melakukan itu lagi". Memiliki mindset tetap hanya memperkuat pikiran dan sikap negatif, membuatnya lebih sulit untuk mencapai potensi penuh Anda

2. Pola Pikir Pertumbuhan

Sebaliknya, pola pikir pertumbuhan justru sebaliknya. Dengan mindset berkembang, Anda yakin segala sesuatu mungkin terjadi (tapi jangan bingung dengan delusi! Sebagai anak berusia 5'10 ”54 tahun saya tidak akan bermain di NBA!). Ini lebih merupakan cara Anda berpikir dan mendekati masalah.

Mari kita kembali ke masalah tidak pandai berbicara di depan umum, ketika ada masalah, alih-alih mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak pernah pandai berbicara di depan umum dan tidak akan pernah ada. Seseorang dengan mindset berkembang akan menganalisis apa yang salah dan menghasilkan solusi untuk membuatnya lebih baik di lain waktu.

Misalnya, mereka dapat mengikuti kelas berbicara di depan umum di perguruan tinggi setempat, atau bergabung dengan organisasi Toastmaster. Apa pun itu, mereka tidak memandang kegagalan sebagai penghalang jalan yang tidak dapat diatasi, melainkan jalan memutar kecil di jalan menuju tujuan mereka.


Cara Menjalani Potensi Penuh dan Sukses dalam Hidup

1. Kembangkan tujuan
Saat menetapkan sasaran, penting untuk diingat tiga hal:

Pertama, mereka harus spesifik dan tidak kabur(melayang). Jadi, alih-alih mengatakan "Saya ingin memenuhi potensi penuh saya dalam kehidupan", tujuan yang lebih spesifik adalah "Saya ingin menjadi yang terbaik (salesman, artis, pemasar internet) yang saya bisa." Ini jauh lebih tujuan tertentu.

Kedua, tujuan Anda harus bisa diukur. Dengan kata lain, Anda harus bisa mengukur kemajuan Anda menuju tujuan. Sekali lagi, jauh lebih mudah untuk mengukur kemajuan Anda untuk menjadi artis terbaik yang Anda bisa daripada mencoba mengukur kemajuan Anda untuk memenuhi "potensi penuh" Anda.

Ketiga, tujuan harus dituliskan. Ini mengeluarkan tujuan dari ranah angan-angan dan menjadikannya lebih nyata. Ini juga dapat berfungsi sebagai motivasi jika Anda memposting tujuan Anda di mana Anda akan melihatnya. Letakkan di meja Anda, atau di sebelah komputer Anda hanya untuk mengingatkan diri Anda untuk terus bergerak maju. Singkatnya, tujuan yang tidak dituliskan hanyalah sebuah harapan.

2. Memahami bahwa mencapai tujuan Anda sering kali merupakan produk sampingan dari apa yang Anda lakukan
Katakanlah tujuan Anda adalah menjadi penulis terbaik yang Anda bisa. Anda mungkin ingin mengukur kesuksesan Anda dengan kemampuan Anda untuk dipublikasikan atau dalam hal blogging, seberapa luas membaca artikel Anda.

Daripada terus-menerus khawatir tentang mencapai tujuan Anda untuk menjadi yang terbaik, waktu Anda jauh lebih baik dihabiskan hanya dengan menulis. Seperti apa pun, semakin banyak Anda melakukannya, semakin baik Anda dapatkan.

Itu sama dengan tujuan apa pun, penting untuk menetapkannya, tetapi mencapai tujuan Anda untuk menjadi tenaga penjualan terbaik sebenarnya hanya merupakan produk sampingan dari Anda untuk pergi ke sana dan menjual!

3. Jangan biarkan opini populer menghalangi Anda
Pernahkah Anda mendengar tentang Efek Bannister? Selama bertahun-tahun dianggap hukum alam bahwa tubuh manusia tidak mampu berlari satu mil dalam waktu kurang dari 4 menit. Itu sampai 6 Mei 1954 ketika Roger Bannister berlari satu mil dalam 3 menit 59,4 detik. Dia melakukan apa yang lama dianggap mustahil, tetapi ternyata itu hanya mustahil karena orang percaya itu tidak mungkin.

Roger Bannister tidak membiarkan pendapat populer menghalangi jalannya, dan setelah ia membuktikan bahwa jarak 4 menit hanya merupakan hambatan psikologis, yang lain terus memecahkan rekor. Hari ini pemegang rekor saat ini adalah Hicham El Guerrouj dengan waktu 3 menit 43,13 detik!

4. Jangan takut untuk mendorong amplop
Hampir secara definisi, memenuhi potensi penuh Anda mengharuskan Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda dan memperluas batas-batas Anda.

Orang biasa melakukan hal-hal biasa, mendapatkan hasil rata-rata dan hidup rata-rata. Orang luar biasa melakukan hal-hal luar biasa, mendapatkan hasil yang luar biasa dan menjalani kehidupan yang luar biasa.

Anda hanya akan menjalani kehidupan terbaik Anda begitu melangkah keluar.

5. Berlatih disiplin
Memang, ini menjadi lebih mudah bagi sebagian orang daripada yang lain, tetapi ini adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan dan akan melayani Anda dengan baik dalam semua aspek kehidupan Anda.




Cara berpikir lain tentang disiplin hanyalah kepuasan yang tertunda. Berapa kali Anda melakukan diet, tetapi ada sepotong kue keju di kulkas memanggil nama Anda!

Mendisiplinkan bukanlah masalah tidak menginginkan kue keju, disiplin mengakui keinginan Anda untuk kue keju tetapi menyadari bahwa keinginan ini hanya sementara, dan begitu berlalu, Anda akan jauh lebih bahagia bahwa kita tidak menyerah pada sementara dorongan.

Intinya di sini adalah bahwa sementara Anda mungkin ingin berhenti bekerja pada jam 5 sore tajam, atau menonton pertandingan pada hari Sabtu, tetapi dengan mengembangkan disiplin untuk menunda kepuasan Anda akan mendorong batasan Anda dan menuai imbalan yang datang dari upaya ekstra itu.

6. Jadilah percaya diri
Pernahkah Anda berurusan dengan seseorang yang baru dalam pekerjaan mereka dan kurang percaya diri? Mungkin itu seorang tenaga penjualan yang tidak bisa menjawab pertanyaan dasar tentang suatu produk atau hanya memberi Anda informasi yang salah. Apakah Anda akhirnya membeli dari penjual itu?

Dugaan saya adalah tidak, saya yakin tidak.

Keyakinan datang dengan pengetahuan, disiplin, dan pengalaman. Tetapi bagaimana Anda mengembangkan kepercayaan diri jika Anda baru mulai seperti wiraniaga pemberani kami? Sementara pengalaman datang seiring waktu, pengetahuan dapat diperoleh dengan cukup cepat, terutama jika Anda telah menguasai seni disiplin diri!

Aturan praktis yang baik adalah untuk selalu memulai dengan pengetahuan. Belajar sebanyak mungkin, mengikuti kelas, mendapatkan mentor atau melakukan riset. Jika Anda cukup disiplin untuk mengembangkan pengetahuan itu akan membuat mendapatkan pengalaman lebih mudah.

7. Terima bahwa Anda akan gagal
Tidak ada yang namanya sukses dalam semalam. Kegagalan adalah bagian dari kehidupan dan itu terjadi pada semua orang. Faktanya, ada banyak pemikiran bahwa kegagalan sebenarnya lebih baik daripada kesuksesan!
Sementara sebagian besar dari kita akan setuju bahwa kesuksesan lebih baik daripada kegagalan, ketika itu terjadi, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Jangan tersinggung. Kegagalan dalam pekerjaan, karier, bisnis, atau pernikahan hanyalah hal itu. Itu bukan refleksi pada Anda sebagai pribadi. Saya memiliki seorang teman yang kehilangan seluruh kekayaannya (lebih dari 20 juta dolar) dalam suatu transaksi bisnis. Saya memanggilnya tak lama setelah itu dan seperti yang diharapkan, dia sangat tertekan. Satu-satunya saran saya kepadanya adalah:

“Jangan pernah mengacaukan harga diri Anda dengan nilai bersih Anda”.

Bergerak maju, kegagalan bisa memilukan, memalukan, dan melemahkan semangat. Luangkan waktu yang dibutuhkan untuk melewati perasaan itu dan memproses emosi. Kemudian, biarkan saja, berpegang pada emosi negatif membuat Anda terjebak dalam mindset tetap. Ingatlah bahwa tujuan Anda di sini adalah untuk memenuhi potensi penuh Anda dan berhasil dalam hidup. Memikirkan kesalahan dan kegagalan masa lalu adalah cara paling pasti untuk menggagalkan kemajuan Anda.

Biarkan kegagalan menjadi peluang belajar. Saya tahu ini klise, tetapi klise karena suatu alasan, itu benar! Ketika saya pertama kali memulai pemasaran internet, saya mulai menggunakan iklan Facebook untuk hampir semua yang saya lakukan. Segera saya menemukan bahwa saya menghabiskan sekitar $ 1.000 untuk iklan yang menghasilkan sekitar $ 200 dalam pendapatan, bukan model bisnis yang sangat bagus! Saya mengambil kegagalan itu dan mendesain ulang upaya pemasaran saya. Saya dapat mengurangi biaya dan meningkatkan penjualan sehingga sekarang untuk setiap $ 1.000 dalam periklanan saya menghasilkan sekitar $ 5.000 dalam pendapatan.

8. Belajar merangkul situasi yang tidak nyaman
Sukses dalam hidup dengan memenuhi potensi penuh Anda berarti merangkul situasi yang tidak nyaman. Chris dan Heidi Powell, pelatih pribadi terkenal dan pembawa acara Extreme Weight Loss menggunakan teknik ini dengan klien mereka. Ini berfungsi seperti ini:

Mereka menetapkan tujuan untuk klien mereka yang menurut klien hanya di luar jangkauan. Kemudian melalui dorongan dan motivasi, mereka membantu klien bekerja melalui ketidaknyamanan dan rasa sakit untuk mencapai tujuan.

Teknik ini bekerja untuk tantangan fisik dan psikologis. Baik tubuh dan pikiran kita mampu melakukan lebih dari yang kita kira.

9. Tetapkan tujuan kecil untuk mencapai hasil besar
Saat Anda pertama kali menetapkan tujuan, jangan takut untuk menjadikannya besar! "Saya ingin menjadi tenaga penjualan nomor satu di perusahaan" atau "Saya ingin menjadi artis yang sukses". Tetapi begitu Anda telah menetapkan tujuan-tujuan itu, Anda kemudian perlu rencana aksi untuk sampai ke sana. Dalam rencana tindakan inilah Anda harus menetapkan banyak tujuan kecil dan mudah dicapai.



Untuk wiraniaga, mungkin untuk meningkatkan jumlah penjualan yang mereka buat satu minggu di kuartal berikutnya, dua minggu untuk kuartal ke-2 dll ... Untuk artis, mungkin untuk menguasai teknik sebelum pertunjukan seni berikutnya, atau menghasilkan sejumlah X karya untuk dijual di pameran seni.

Apa pun tujuannya, mereka harus membuat Anda lebih dekat dengan tujuan akhir Anda sementara pada saat yang sama dapat dicapai. Keberhasilan dibangun di atas kesuksesan, sehingga mencapai sasaran-sasaran kecil ini membantu memotivasi Anda untuk melanjutkan ke sasaran yang lebih besar.

10. Luangkan waktu untuk mengisi ulang
Setiap orang membutuhkan "waktu henti", mencoba melakukan semuanya sendiri, sekaligus resep untuk bencana.

Kami banyak berbicara tentang termotivasi dan disiplin dalam artikel ini; sementara mereka penting untuk memenuhi potensi penuh Anda dan berhasil dalam hidup, memiliki waktu istirahat yang memadai sama pentingnya.

Setiap pelatih pribadi akan memberi tahu Anda bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda, Anda perlu cuti 1 hingga 2 hari seminggu. Ini memberi tubuh Anda kesempatan untuk pulih dan benar-benar menjadi lebih kuat.

Hal yang sama berlaku ketika kita mencoba memperluas batas-batas kita dan memenuhi potensi kita. Memastikan kami memiliki waktu henti yang memadai untuk mencegah kecemasan kelelahan dan pengambilan keputusan yang buruk.
Pikiran terakhir

Keberhasilan yang akan Anda temukan dari menjalani kehidupan hingga potensi penuh Anda adalah hadiahnya sendiri. Suatu hari, kita semua akan melihat kembali kehidupan kita dan berpikir, "Seandainya saja aku melakukan ...", "Aku punya kesempatan untuk menjadi ... tapi aku takut", "Aku bisa menjadi hebat ... jika Saya telah meluangkan waktu. "

Saya berharap bahwa dalam artikel ini, kami telah memberi Anda motivasi dan alat untuk mendorong diri Anda ke potensi penuh Anda dalam kehidupan, sehingga ketika Anda melihat ke belakang suatu hari penyesalan Anda akan sedikit.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN 

Selamat berkomentar

Click to comment

Popular Posts

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir