Meditasi untuk Kecemasan (Panduan Utama untuk Menenangkan Pikiran Anda)


Kehidupan kita sehari-hari terkadang menjadi luar biasa dan bahkan membuat stres. Beberapa orang akan mengatakan bahwa ini adalah pernyataan yang meremehkan mengingat situasi mereka saat ini. Yah, tidak harus seperti ini.

Orang akan sering hanya menerima berbagai keadaan karena mereka percaya mereka normal dan merupakan bagian alami dari kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kebenaran untuk itu, setidaknya sampai batas tertentu.

Namun, peristiwa ini tidak boleh diizinkan untuk memiliki kekuatan untuk selalu mendikte sifat internal kita. Mereka sering disebabkan oleh manifestasi eksternal dan bagi kita, mereka harus tetap eksternal.

Melalui meditasi, pikiran Anda akan mampu mengatasi pengaruh eksternal dan mencapai ketenangan, setidaknya ke tingkat tertentu.
photo credit: Cristian Newman via unsplash.com

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari meditasi, seseorang harus menjadi praktisi yang berdedikasi selama bertahun-tahun. Namun, bahkan sebagai seorang pemula perubahan internal yang positif setelah setiap meditasi akan terlihat. Tidak ada keraguan tentang itu.

Apa itu Meditasi untuk Kecemasan dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Meditasi adalah kondisi keseimbangan, keseimbangan, yang disebabkan oleh memperlambat napas dan memusatkan perhatian Anda pada aktivitas internal. Jika Anda mempelajari topik ini secara mendalam, Anda akan menemukan bahwa berbagai budaya di seluruh dunia telah menggunakan dan masih menggunakan meditasi.




Ada berbagai macam teknik meditasi dan tergantung pada kerumitannya, beberapa di antaranya memerlukan keakraban tertentu dengan tradisi khusus itu agar dapat dipahami dan dipraktikkan dengan benar. Namun dalam hal ini, Anda tidak perlu mempelajari hal lain selain dari instruksi yang disediakan dalam artikel ini.

Jika Anda menemukan bahwa meditasi adalah sesuatu yang menarik dan Anda ingin membawanya ke tingkat selanjutnya, maka Anda dapat mencari buku-buku khusus tentang meditasi.

Salah satu aspek terpenting ketika berhasil dengan meditasi dan mendapatkan manfaat terbesar darinya, adalah melakukannya setiap hari. Meskipun hanya 10 atau 15 menit setiap hari, baik di pagi maupun malam hari, cukup penting untuk menjadikannya kebiasaan sehari-hari.

Setelah itu menjadi bagian integral dari rutinitas harian Anda, maka Anda akan benar-benar melihat seberapa besar perbedaan yang dapat terjadi dalam hidup Anda. Dalam buku "Kekuatan Kebiasaan", Charles Duhigg mengungkapkan betapa pentingnya kebiasaan kita dalam mencapai kesuksesan dalam apa pun yang ingin kita capai.

Tapi kebiasaan apa pun dibangun perlahan seiring waktu. Mulailah dengan hanya 5 menit sehari dan setelah satu minggu atau lebih, pindah ke 10 menit sehari selama beberapa minggu dan akhirnya mencapai tujuan Anda 15 menit setiap hari. Pada titik tertentu, Anda bahkan mungkin memutuskan untuk melampaui 15 menit sehari dan itu bagus.

Jika Anda melewatkan satu hari tanpa bermeditasi, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Selalu pertahankan sikap positif yang dapat Anda lakukan, bahwa Anda pantas mendapatkan yang terbaik dan pada akhirnya Anda akan mencapai tujuan Anda.

Mengapa Menggunakan Meditasi untuk Menenangkan Kecemasan
Keuntungan paling penting dari meditasi adalah gratis. Tidak ada yang perlu Anda beli untuk bermeditasi. Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk sesi meditasi yang sukses. Itu juga tidak membutuhkan banyak keterampilan.

Setelah beberapa upaya, Anda akan mendapatkan ide selama Anda siap untuk menginvestasikan waktu dan mengikuti instruksi.

Keuntungan lain adalah meditasi dapat dilakukan di rumah dan kapan saja. Anda tidak perlu membuat janji apa pun pada waktu tertentu dan Anda tidak perlu bepergian ke mana pun.

Meditasi telah digunakan oleh berbagai budaya di masa lalu untuk menghasilkan lebih banyak daripada hasil positif dalam mengatasi kecemasan. Ini adalah metode yang sudah terbukti dimana Anda benar-benar dapat mengubah hidup Anda, tetapi jangan berharap seseorang menjual ide ini kepada Anda.

Kebenaran sebenarnya adalah bahwa Anda harus bekerja untuk itu jika Anda ingin membawanya sejauh itu. Tidak ada yang luar biasa yang mudah.

Persiapkan diri Anda untuk studi mendalam tentang berbagai tradisi dan metode mereka sebelum dampak nyata apa pun akan ditemukan. Salah satu metode ampuh ini akan dibagikan di sini, tetapi jangan membuat kesalahan tentang itu. Ini hanya puncak gunung es!
Penafian Pendek

Sebelum sampai ke teknik yang sebenarnya, perlu diingat bahwa tidak ada yang bisa menjamin bahwa metode meditasi ini atau yang lain akan bekerja dalam situasi Anda. Tindakan terbaik masih untuk berkonsultasi dengan profesional.




Setiap saran yang diberikan di sini tidak dimaksudkan untuk menggantikan bimbingan profesional. Ini bukan untuk mengatakan bahwa meditasi tidak berhasil, tetapi tergantung pada situasi khusus Anda, Anda mungkin memerlukan lebih banyak.

Selalu masuk akal dengan harapan Anda terutama ketika datang ke metode yang tidak konvensional.
Sisi Meditasi yang Lebih Dalam

Meditasi juga dapat diterapkan sebagai metode investigasi internal. Selalu ada penyebab kecemasan. Itu tidak terjadi begitu saja.

Dan jika Anda benar-benar ingin menaklukkan ketakutan Anda dan menjalani kehidupan yang bahagia, maka Anda harus mengendalikan keadaan internal Anda. Temukan sumber masalahnya dan kurangi maknanya.

Pada akhirnya, tidak ada solusi sederhana, tidak ada transformasi instan. Anda harus menghadapi ketakutan Anda. Itulah bagaimana Anda akan menjadi lebih kuat dalam hidup Anda, bahkan jika Anda gagal dan Anda kesakitan.

Tergantung pada situasinya, mungkin memerlukan lebih banyak penyelidikan internal dan beberapa meditasi lain di samping. Bekerja dengan seorang profesional adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan. Anda harus realistis ketika menganalisis posisi Anda.

Namun, jika Anda yakin bahwa dalam kasus khusus Anda tidak terlalu serius, maka sesi meditasi dapat diperkenalkan. Begitu Anda mulai, perhatikan perubahan yang dibawa meditasi ke dalam hidup Anda. Tuliskan apa yang Anda amati.

Semua dalam semua, perlu diingat bahwa kesadaran adalah segalanya. Kurangnya kesadaran adalah penyebab dan akar dari semua masalah kita. Bawa kesadaran ke segala hal yang Anda lakukan dan Anda akan melihat perbedaan besar dalam hal kualitas. Ini dengan sendirinya adalah salah satu rahasia terbesar meditasi yang tepat.

Seiring waktu, Anda akan menjadi lebih sadar akan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda. Ini sangat penting karena kita biasanya membuat kesalahan ketika kita terganggu daripada fokus.

Oleh karena itu, meditasi sejati bukan hanya tentang perasaan santai untuk dapat melepaskan segalanya dan mengalami kedamaian internal, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan fokus kita begitu kita kembali ke kehidupan sehari-hari.

Bergantung pada teknik yang digunakan, meditasi dapat memiliki banyak manfaat lebih banyak, tetapi itu akan diserahkan kepada Anda untuk dijelajahi, jika Anda pernah memutuskan untuk membawa hal-hal ke tingkat berikutnya.
Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Meditasi

1. Temukan tempat yang tenang untuk bermeditasi.

Tak perlu dikatakan bahwa meditasi membutuhkan unsur relaksasi tertentu yang tidak dapat dicapai dalam lingkungan yang bising. Anda juga dapat menggunakan penyumbat telinga untuk membatalkan sebagian besar kebisingan jika tempat yang sepi tidak ditemukan.

Anda juga dapat bermeditasi di luar di alam, tetapi mungkin yang terbaik untuk melakukannya di dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

Selain itu, pastikan untuk mematikan TV, komputer, telepon, dll. Sangat penting bahwa Anda tidak terganggu oleh suara yang tiba-tiba saat sedang fokus dalam meditasi.

2. Postur meditasi dapat membuat perbedaan antara sesi yang baik dan sesi yang mengecewakan.

Di sini Anda memiliki berbagai pilihan, mulai dari duduk di kursi dengan punggung lurus, hingga duduk di asana yoga atau bahkan berbaring telentang, tetapi ingatlah untuk tidak tertidur.

Jika Anda tertidur, mungkin sulit untuk bermeditasi dalam posisi itu lagi, karena kecenderungan untuk tertidur akan terlihat lebih mudah saat berikutnya Anda bermeditasi dengan cara yang sama.

Apa pun pilihan Anda untuk postur, pastikan Anda bisa bersantai di sana.




3. Kenakan sesuatu yang menenangkan yang tidak menegangkan tubuh.

Pastikan pakaian itu tidak membuat Anda merasa terlalu hangat atau terlalu dingin selama sesi meditasi. Perubahan suhu seperti itu kemungkinan besar akan mengalihkan Anda dari kondisi relaksasi internal.

Terkadang pakaian bisa membuat perbedaan besar. Sekarang, jangan terlalu memikirkan ini, hanya perlu diingat dasar-dasarnya.

4. Ketika datang ke makanan dan air, selalu bermeditasi beberapa jam setelah makan dan menyimpan segelas air di dekatnya.

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat bermeditasi. Menjadi haus selama sesi akan menyebabkan ketidaknyamanan dan mungkin menjadi sumber gangguan.

Aspek kuncinya adalah memenuhi semua kebutuhan dasar kita sebelum kita memulai meditasi. Keadaan internal tidak harus ideal, tetapi Anda harus menghapus sebanyak mungkin gangguan.
Cara Mulai Menggunakan Meditasi untuk Menenangkan Kecemasan

Ambil postur yang paling nyaman bagi Anda dan mulai dengan bernapas perlahan melalui hidung dan keluar melalui mulut. Terus lakukan itu sebentar sampai Anda merasa cukup rileks.

Bersantai dalam meditasi adalah aspek yang sangat penting jika Anda ingin berhasil mencapai kondisi kesadaran yang lebih dalam. Dalam kasus khusus ini, kami ingin masuk sedalam mungkin ke dalam kekosongan, kekosongan mental di mana tidak ada, bahkan pikiran.

Tidak ada kekhawatiran di sana, tidak ada tenggat waktu, tidak ada perasaan, tidak ada waktu, tidak ada ruang dan tidak ada pengalaman kecuali keadaan keberadaan yang berkelanjutan. Anda baru saja. Kamu ada

Setelah itu, terus perhatikan napas Anda, tetapi bernapaslah melalui hidung sekarang. Kebebasan mental sejati dan penghargaan nyata dari meditasi akan datang ketika Anda akan menyadari bahwa celah kosong antara napas dan terutama antara pikiran Anda. Itulah kedamaian internal sejati, kekosongan murni itu.

Ketika Anda dapat mempertahankan kondisi itu, tubuh Anda akan dipenuhi dengan energi dan meditasi akan menjadi hampir tanpa usaha. Anda harus berusaha mencapai keadaan internal ini begitu Anda bermeditasi.

Sangat penting untuk tidak menjadi frustrasi atau kesal karena Anda tidak dapat melepaskan pada awalnya dan pikiran terus muncul. Tingkah laku yang tepat adalah mengakui situasi dan meneruskan meditasi. Sedikit demi sedikit, Anda akan membuat kemajuan selama Anda terus berjalan dan mempertahankan sikap tenang.

Mengulangi teknik ini cukup banyak akan mengurangi obrolan mental. Percayalah pada saya. Anda hanya perlu berlatih metode ini berulang kali selama beberapa hari atau minggu, dan Anda akan meningkat.

Bagi saya, butuh latihan harian berbulan-bulan untuk melihat dan merasakan manfaat nyata dari praktik ini. Jadi jangan mudah putus asa dengan apa yang tampaknya menjadi kurang sukses.

Dengan setiap sesi baru, Anda akan membuat kemajuan serius, meskipun Anda tidak menyadarinya.

Ada aturan umum dalam bisnis yang dikenal sebagai aturan 90 hari. Apa pun yang Anda lakukan hari ini, Anda akan melihat manfaatnya dalam 90 hari dari sekarang. Investasikan setidaknya sebanyak itu dalam meditasi ini sebelum memutuskan bahwa itu tidak berhasil.
Ringkasnya

Jadi apakah ini berarti bahwa jika Anda bermeditasi setiap hari, kecemasan Anda akan hilang?
Mungkin tidak, tetapi ada kemungkinan kondisi Anda akan membaik secara signifikan.




Namun, itu pasti tidak akan terjadi secepat yang Anda inginkan. Jika tidak hilang atau paling tidak menurun intensitasnya setelah meditasi selama berbulan-bulan, mengapa demikian? Nah, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya akar masalah ini, karena satu teknik meditasi tunggal tidak dapat menangani setiap skenario yang mungkin.

Aspek terakhir yang perlu disebutkan adalah bahwa individu-individu tertentu tampaknya menikmati kecemasan dan depresi mereka. Baiklah mungkin menikmati itu terlalu banyak, tetapi mereka tampaknya menyukai keadaan tidak berdaya mereka. Setelah mengetahui kondisi dan keterbatasan mereka saat ini, mereka lebih suka mengambil keadaan pasif dan hanya menerima keadaan mereka. Ini adalah sikap yang salah untuk dimiliki!

Jika Anda benar-benar ingin membuat kemajuan, maka bersiaplah untuk belajar dan menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Sebenarnya, Anda memang memiliki kekuatan untuk mengatasi kesulitan apa pun.
Saya berharap Anda semua yang terbaik dalam meditasi Anda!

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir