Cara Keluar dari Kebiasaan dan Mulai Menjalani Kehidupan yang Anda Inginkan


Hidup datang dalam gelombang kebaruan dan keakraban. Ketika hal-hal baru bagi kita, apakah itu tujuan, situasi hidup, atau pekerjaan, mereka memberi kita kegembiraan dan ketakutan yang mendorong kita untuk terus maju. Melalui yang baik dan yang tidak begitu baik, gelombang kebaruan ini memberi kita kesempatan untuk memulai yang baru dan memicu hasrat kita untuk meningkatkan kehidupan kita.

Ketika hal-hal menjadi terlalu akrab, di sisi lain, mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan lama dan merasa seolah-olah kita tidak mendapatkan apa-apa. Perasaan ini akhirnya menjadi sesuatu yang mulai menghabiskan hari-hari kita dan kita jatuh ke dalam kebiasaan.

Sekali dalam kebiasaan itu, mungkin sulit untuk keluar, meskipun meskipun Anda sangat sadar bahwa Anda telah terjebak dalam siklus melakukan hal yang sama dan tidak mendapatkan hasil.

Kabar baiknya tentang berada dalam suatu kebiasaan adalah bahwa sangat mungkin untuk mengeluarkan diri, itu hanya akan memerlukan sedikit strategi dan eksplorasi diri. Jika Anda salah satu dari banyak orang yang merasa bahwa hidup telah menjadi hambar atau berulang, lihat panduan ini untuk membantu Anda keluar dari kebiasaan Anda dan kembali ke kehidupan yang seharusnya Anda jalani.
photo credit: Jake Melara via unsplash.com

1. Cari Tahu Seberapa Dalam Kebiasaan Anda
Tidak semua orang memiliki kebiasaan yang sama. Beberapa orang mungkin menyadari bahwa mereka merasa terjebak, membuat sedikit penyesuaian arah, dan dengan cepat menempatkan diri mereka kembali ke jalurnya.



Namun, yang lain mungkin berada dalam rutinitas selama beberapa tahun sebelum mereka mengetahui apa yang salah dan pada saat itu, agak sulit untuk mengubah arah Anda sehingga Anda dapat menuju ke arah yang Anda inginkan.

Ketika Anda pertama kali mulai merasakan perasaan terjebak atau terjebak dalam situasi Anda saat ini, pertahankan perasaan itu dan evaluasi. Sudah berapa lama perasaan ini terjadi? Apakah ini sesuatu yang baru-baru ini muncul atau apakah ini sesuatu yang telah Anda tangani sejak lama tetapi baru sekarang memerhatikan? Lebih penting lagi, jenis perasaan apa yang dibawa dengan pergeseran pemikiran ini?

Meskipun berada dalam suatu kebiasaan mungkin terasa relatif sama di seluruh papan dan menunjukkan kurangnya kebahagiaan dengan kehidupan seseorang, ada emosi yang berbeda yang mungkin dialami ketika Anda menyadari bahwa Anda berada dalam kebiasaan. Beberapa mungkin marah, beberapa mungkin frustrasi, dan yang lain mungkin hanya melalui funk yang tidak bisa mereka goyang.

Penting untuk mencatat bagian terakhir ini karena beberapa orang mungkin memiliki semua yang mereka inginkan tetapi bisa berurusan dengan masalah kesehatan mental utama seperti depresi. Depresi memanifestasikan dirinya melalui gejala-gejala seperti kurangnya minat dalam kegiatan sehari-hari, kelelahan dan perasaan putus asa dan sedih, dan menghindari pekerjaan dan tanggung jawab lainnya. 

Jika Anda tidak berurusan dengan depresi, kabar baiknya adalah yang Anda butuhkan hanyalah beberapa perubahan hidup untuk merasa seperti diri Anda yang bahagia lagi. Jika Anda berhadapan dengan suatu bentuk depresi, penting bagi Anda untuk mencari bantuan yang Anda butuhkan dan jika diperlukan, Anda dapat menangani semua perubahan hidup setelah Anda mengatasi depresi Anda.

2. Tentukan Di Mana Dalam Hidup Anda, Anda Merasa Tidak Puas
Terperangkap dalam kebiasaan mungkin merupakan tanda bahwa seluruh hidup Anda perlu bekerja kembali tetapi tidak selalu demikian. Kadang-kadang kita mungkin merasa lelah di tempat kerja tetapi bisa merasa sangat baik ketika kita keluar dengan teman atau di rumah. Sebagai gantinya, kita mungkin merasa terjebak dalam rutinitas dalam kehidupan pribadi kita dan mungkin sangat senang dengan kemajuan yang telah kita buat dalam kehidupan profesional kita.

Terlepas dari apakah kebiasaan Anda menandakan masalah seumur hidup atau hanya masalah secara individu atau beberapa bagian, Anda harus melihat secara komprehensif situasi kehidupan Anda saat ini untuk menentukan di mana Anda tidak mendapatkan kebutuhan Anda terpenuhi.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan alat penetapan tujuan seperti Roda Kehidupan Zig Ziglar, yang mengidentifikasi beberapa bagian utama kehidupan yang orang mungkin ingin tingkatkan untuk mengalami keseimbangan dalam semua aspek kehidupan mereka. 

Sumber daya ini secara khusus berfokus pada kategori berikut:

  •     Tujuan Fisik / Kesehatan
  •     Tujuan Pribadi & Sosial
  •     Tujuan Kerja & Karir
  •     Sasaran Keluarga (Tujuan hubungan dan pertemanan juga bisa jatuh di sini.)
  •     Tujuan Spiritual
  •     Tujuan Keuangan
  •     Tujuan Pikiran / Akal


Mulailah dengan menelusuri setiap bagian kehidupan ini dan bertanya pada diri sendiri, apakah saya 100 persen bahagia di bidang yang diberikan ini?

Jika ya, selamat! Itu satu bagian lebih sedikit yang harus Anda kerjakan untuk keluar dari kebiasaan Anda.

Namun, jika jawabannya tidak, luangkan waktu untuk menuliskan cara-cara Anda dapat meningkatkan bagian itu. Misalnya, jika Anda merasa seolah-olah aspek pekerjaan dan karier dalam hidup Anda dapat ditingkatkan, mungkin itu berarti Anda perlu mengubah pekerjaan Anda sepenuhnya dan bekerja menuju apa yang Anda sukai atau mungkin Anda hanya perlu mencari cara untuk mendapatkan kenaikan gaji. atau promosi.

Apa pun gagasan dan visi yang membuat Anda paling bahagia, catat itu sehingga Anda bisa merujuknya nanti ketika Anda mulai bekerja menuju apa yang Anda inginkan.

3. Mulai dari Tujuan Kecil dan Secara Bertahap
Anda tidak dapat mengubah hidup Anda dalam semalam dan mencoba melakukan hal itu dapat menimbulkan frustrasi dan stres sebanyak berada dalam kebiasaan. Lihatlah tujuan Anda setiap hari dan tanyakan pada diri Anda, bagaimana saya bisa mengusahakannya hari ini?



Untuk tujuan yang lebih kecil seperti menghentikan kebiasaan buruk / menciptakan kebiasaan yang baik atau sekadar memeras lebih banyak waktu Anda di hari Anda, Anda akan dapat melakukan perubahan ini dengan lebih mudah.

Untuk tujuan yang jauh lebih besar yang akan membutuhkan waktu, ingatlah untuk menjabarkannya, menetapkan tujuan akhir yang spesifik dan menetapkan kerangka waktu, dan tetap sadar dalam kehidupan sehari-hari Anda sehingga Anda tidak berakhir melayang sepanjang hari dan berakhir kembali di tempat Anda berada saat ini!

Pikiran terakhir
Hal yang paling penting untuk diingat adalah untuk tidak merasa buruk atau menggertak diri sendiri. Setiap orang melewati jejak, besar dan kecil, pada titik tertentu dalam hidup mereka. Bagaimana kehidupan Anda berjalan dari sini sepenuhnya tergantung pada apa yang Anda lakukan setelah Anda menyadari bahwa Anda berada dalam satu!

Buat keputusan yang tepat dengan menggunakan tips dalam panduan ini sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang ingin Anda jalani di masa depan.


Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir