5 Langkah untuk Menguasai Jaringan dan Menyempurnakan Personal Branding Anda


Terlepas dari reputasi buruk, jaringan — jika didasarkan pada membangun hubungan yang tulus — adalah salah satu alat paling ampuh untuk merek pribadi.

Pertama-tama, bergaul dengan orang banyak di industri Anda adalah penting untuk dapat belajar dari yang terbaik — berbagi pengetahuan adalah salah satu cara paling ampuh bagi setiap orang untuk berhasil.

Jejaring juga merupakan cara yang bagus untuk membuat Anda terhubung dan berada di radar dengan profesional lain — bukan hanya karena, tetapi untuk membangun kemitraan dan kerja sama yang bermanfaat.
photo credit: Antenna via unsplash.com

Pasti ada seni halus di balik jaringan yang sukses dan otentik. Selain pekerjaan yang mencari tahu motif Anda, menemukan pendekatan Anda, dan menciptakan percakapan yang menarik, banyak upaya keras perlu dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang Anda bentuk juga.



Hari ini, kami akan membagikan lima kiat untuk memoles keterampilan hubungan masyarakat Anda, dan menjaga koneksi Anda.

1. Cari tahu "Mengapa?"
Kata "jaringan" cenderung memiliki reputasi yang buruk, jadi Anda perlu memastikan bahwa motif Anda ingin jaringan tidak selaras dengan label jahat itu.

Sebelum Anda mulai mengambil langkah lain, Anda perlu memahami apa arti sebenarnya dari jaringan — terutama untuk Anda secara pribadi.

Apa tujuan utama Anda dengan mencoba membuat koneksi dengan orang lain di industri atau daerah Anda? Kenapa kamu melakukannya?

Apakah Anda terutama berusaha memulai berbagi pengetahuan dan belajar dari orang lain? Apakah Anda ingin mulai bekerja sama atau bekerja dengan orang-orang ini? Apakah Anda mencari mitra bisnis atau investor?

Anda perlu memiliki pemahaman yang sangat jelas tentang mengapa Anda ingin mulai masuk ke jaringan, bukan "hanya karena" atau "itu akan menyenangkan". Ini akan membantu Anda memilih strategi dan memastikan Anda memiliki pendekatan yang tepat.

Meskipun, seperti yang kami katakan, jaringan harus didasarkan pada yang asli, masih ada "nada" awal yang perlu Anda buat — bahkan hanya untuk memulai percakapan. Anda tidak harus menjual diri sendiri dengan cara apa pun, tetapi mengetahui apa yang Anda cari akan membantu Anda mengatur nada yang tepat sejak awal.

Hanya mencoba membuat hubungan yang ringan dengan seseorang yang pekerjaannya Anda kagumi sangat berbeda dengan memulai percakapan dengan seseorang yang Anda harap akan berinvestasi dalam bisnis Anda.

Jadi, sebelum Anda melakukan tindakan apa pun, cari tahu "mengapa" Anda dan pikirkan bagaimana itu akan mengatur nada untuk komunikasi Anda.

2. Lakukan Penelitian Anda
Setelah Anda mengetahui apa tujuan akhir atau minat utama Anda untuk memasuki dunia jejaring, sekarang saatnya untuk benar-benar melakukan pekerjaan rumah Anda tentang orang-orang atau perusahaan yang ingin Anda hubungi.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah tahu banyak tentang mereka, tetapi ada kemungkinan besar hal-hal yang belum Anda temukan.

Luangkan waktu Anda dan pastikan Anda benar-benar terbiasa dengan semua yang telah mereka lakukan. Perincikan juga — semakin spesifik Anda tahu tentang mereka dan pekerjaan mereka, semakin mudah bagi Anda untuk terhubung.

Anda bahkan mungkin menemukan hal-hal yang memiliki kesamaan yang tidak Anda ketahui. Misalnya, lihat profil media sosial mereka. Mungkin mereka men-tweet tentang kucing sebanyak yang Anda lakukan!



Bahkan jika benar-benar tidak ada satu hal pun yang Anda lewatkan dalam pengetahuan Anda sebelumnya tentang mereka, Anda masih dapat menyegarkan ingatan Anda. Baca konten mereka lagi, dengarkan podcast mereka, lihat desain mereka — di area apa pun mereka berada.

Jika Anda telah mengawasi mereka untuk waktu yang lebih lama, Anda akan melihat pekerjaan mereka dengan mata yang segar, dan bahkan mungkin memiliki sikap yang berbeda terhadapnya.

Memiliki pengetahuan mendalam tentang orang-orang yang akan Anda coba sambungkan akan memberi Anda banyak topik untuk didiskusikan, ditanyakan, dan terhubung.

3. Jadilah Manusia
Ada kemungkinan besar bahwa orang-orang yang ingin Anda jadikan jaringan sudah memiliki kerumunan yang berputar-putar di sekitar mereka, mencoba melakukan hal yang sama.

Ini mungkin tidak terjadi, tetapi bahkan kemudian, pastikan untuk menjaga kemanusiaan Anda dalam kontak apa pun.

Jangan memakai topeng, atau mencoba tampil sebagai sesuatu atau seseorang yang bukan Anda. Meskipun Anda tidak berurusan dengan orang yang memiliki ribuan orang lain yang mencoba terhubung dengan mereka, sebagian besar orang "biasa" masih dapat mengetahui kapan Anda palsu (berperilaku bukan diri anda yang biasanya)..

Cobalah untuk tidak memperlakukan siapa pun seperti kontak bisnis sejak awal. Biasanya muncul sebagai dingin, impersonal, dan kaku. Lebih buruk lagi, itu mengirimkan sinyal langsung bahwa Anda tidak berguna dan hanya untuk tujuan Anda sendiri.

Jaringan tidak harus tentang penggunaan orang, itu harus tentang saling membantu dan berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Daripada hanya membagikan kartu nama, cara yang lebih baik untuk pergi adalah membuat koneksi yang ringan, seperti teman, secara harfiah. Saat Anda melakukan kontak, pikirkan tentang bagaimana Anda akan mendekati seorang teman potensial!

Jangan memulai percakapan Anda dengan “jadi bagaimana dengan dana raksasa yang didapat perusahaan Anda kemarin?”, Mulailah dengan “Saya melihat di profil Facebook Anda bahwa Anda suka berselancar — tolong beri saya kiat?” - Anda dapatkan intinya.

Saat percakapan Anda semakin berkembang, Anda akan menemukan waktu untuk berbicara tentang pekerjaan. Semuanya dengan sendirinya, waktu yang tepat!

Dan siapa tahu, Anda mungkin benar-benar menjadi sahabat terbaik.

4. Ketahui Batas Anda
Ini harus dilakukan tanpa berkata, tetapi tahu batas Anda.

Terkadang, koneksi tidak terjadi, tidak peduli seberapa banyak Anda telah bekerja pada keterampilan Anda atau berpikir itu akan menjadi pengalaman jaringan yang paling menakjubkan yang pernah Anda miliki.

Jika itu tidak terjadi, itu tidak terjadi, dan Anda harus melepaskannya. Tidak ada yang suka orang yang memaksa. Jika Anda menemukan minat Anda tidak selaras, percakapan tidak mengalir, atau koneksi tidak ada di sana, jangan mengejar itu. Pergi. Jangan kasar tentang hal itu, tetapi cukup berjalan kaki.

Anggap saja seperti berkencan, beberapa kencan tidak berhasil. Bukan berarti siapa pun melakukan kesalahan, tetapi keberpihakan tidak ada di sana, dan mencoba mendorongnya tidak menguntungkan kedua pihak.

Untuk menghindari pemborosan waktu Anda serta orang lain, yang terbaik adalah keluar dari percakapan yang bukan pertandingan yang baik lebih cepat daripada nanti. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk pergi dan terhubung dengan seseorang yang sangat Anda sukai.

5. Tetap Terhubung
Kita semua tahu betapa sulitnya untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang bukan keluarga dekat atau teman yang sangat dekat.



Waktu berlalu, kita semua sibuk, kontak lama dilupakan; itu terjadi.

Kunci untuk menjaga hubungan tetap hidup adalah menjaga agar percakapan tetap berjalan. Anda terhubung dengan orang-orang yang Anda kagumi dan ingin Anda pelajari, bukan?

Jadi, perhatikan apa yang mereka lakukan, apa yang mereka katakan, dan apa yang mereka lakukan. Mulailah percakapan ketika mereka melakukan sesuatu yang luar biasa — menulis posting yang bagus, meluncurkan produk, apa pun yang Anda sukai atas nama mereka.

Ingatkan diri Anda setiap saat. Balas tweet mereka, tinggalkan komentar pada konten mereka, kirimi mereka kartu pos — apa pun. Jangan khawatir tentang menjengkelkan.

Inilah yang dikatakan oleh Alex Turnbull, CEO Groove tentang menindaklanjuti dalam artikelnya tentang bagaimana jaringan dapat membantu Anda sukses dalam kehidupan dan bisnis:
“Banyak orang ragu untuk menindaklanjuti karena mereka pikir mereka menjengkelkan. Tetapi pertimbangkan ini: bagaimana jika Anda tidak mengganggu? Bagaimana jika Anda benar-benar membantu? "
Jadi pastikan Anda memasukkan pengalaman Anda juga, sesuatu yang bisa membantu mereka. Berusahalah untuk membuat hubungan Anda lebih bermakna, dengan banyak saling belajar yang terlibat.

Apakah mereka baru saja mengumumkan sedang menulis buku? Kirim email yang memberi tahu mereka tentang alat pengeditan luar biasa yang baru saja Anda temukan.

Jika Anda tahu Anda cenderung pelupa dalam hal menjaga hubungan, buat catatan fisik untuk melakukannya. Punya perencana mingguan? Catat "tembak John email" atau "rekomendasikan aplikasi ini ke Susan."

Menguasai Personal Branding Adalah Seni dan Sains
Meskipun memiliki reputasi yang tidak menguntungkan, membangun hubungan masyarakat tidak harus jahat atau tidak jujur.

Selama Anda memahami bahwa jaringan yang sukses dibangun untuk menciptakan hubungan yang nyata, asli, dan saling menguntungkan, itu bisa menjadi alat yang luar biasa untuk belajar, menghubungkan, berbagi pengetahuan, dan peluang bisnis jika Anda menginginkannya.

Luangkan waktu Anda, cari tahu tujuan akhir Anda mengapa Anda ingin mulai mendapatkan lebih banyak, pastikan Anda terhubung pada fondasi yang tepat, dan teruskan perbincangan — bahkan jika Anda harus mengajar diri sendiri untuk melakukannya.

Bahkan jika Anda tidak 100% mencapai tujuan akhir Anda, jaringan yang disengaja masih merupakan cara yang pasti untuk menciptakan hubungan hebat yang dapat membantu ketika Anda tidak mengharapkannya!

Jangan lupa kalau parapakar.com update setiap hari, jangan lewatkan info menarik lainya seputar motivasi memperbaiki diri, bagikan kepada teman anda karena berbagi itu hal yang indah..

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir