13 Hal yang Dapat Dilakukan Ketika Anda Merasa Tidak Terinspirasi dan Terjebak Di Mana Anda Berada


Bukan hal yang aneh untuk bertemu setidaknya satu fase dalam hidup kita di mana kita merasa secara keseluruhan tidak terinspirasi dan terjebak dalam situasi kita saat ini. Bagi mereka yang baru saja mendekati fase semacam ini, itu dapat menyebabkan Anda mempertanyakan setiap langkah yang Anda buat sebelum poin ini dan apakah Anda menjalani kehidupan yang Anda inginkan atau tidak.

Meskipun ini sering menjadi pengalaman yang diliputi kecemasan, kebanyakan itu sebenarnya adalah tanda bahwa Anda telah mencapai persimpangan jalan utama dalam hidup Anda. Anda menyadari bahwa Anda tidak bahagia dengan keadaannya, dan Anda sangat ingin perubahan.

Jangan menganggap perasaan ini sebagai tanda bahwa Anda belum membuat kemajuan. Geser persepsi Anda untuk melihat ini sebagai peluang untuk pertumbuhan yang akan membantu Anda menjadi orang yang Anda inginkan, sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang Anda inginkan!

Yang sedang berkata, sampai pada kesadaran bahwa Anda merasa terjebak adalah bagian yang mudah. Membuat perubahan adalah yang paling sulit.
photo credit: Christopher Windus via unsplash.com

Jika Anda merasa mandek dan tidak bersemangat dalam kehidupan sehari-hari dan perlu perubahan besar, berikut 13 hal yang harus dilakukan ketika Anda merasa tidak terinspirasi dan terjebak di tempat Anda sekarang.

1. Akui Keadaan Anda Saat Ini
Kunci untuk bergerak maju dalam kehidupan adalah mengakui situasi Anda saat ini. Sementara kita semua berpikir pada diri kita sendiri bahwa hidup kita bisa lebih baik dan bahwa kita bisa bertanggung jawab atas perubahan ini, kita tidak cenderung mengakui dan duduk dengan perasaan ini, yang hanya berfungsi untuk membawa kita kembali ke keadaan kita saat ini.




Untuk mencapai tempat yang Anda inginkan, pertama-tama Anda harus mengakui di mana Anda berada sekarang dan membiarkan diri Anda sepenuhnya mengalami perasaan itu. Kesadaran menghasilkan tindakan. Dengan menyadari ketidakpuasan Anda sendiri terhadap hidup Anda, Anda kemudian dapat menggunakan perasaan itu sebagai motivasi untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Ketika Anda memiliki kesempatan, duduk selama 5 menit dan renungkan hidup Anda. Bukan perasaan yang hebat, kan? Gunakan perasaan itu untuk berkuasa melalui sisa tips yang tercantum di seluruh artikel ini!

2. Jangkau Jauh ke dalam Diri Anda untuk Menarik Harapan dan Impian Anda
Jika Anda merasa terjebak dalam kehidupan, itu berarti ada sesuatu dalam hidup Anda yang saat ini tidak Anda sukai. Namun, pertanyaannya adalah, ada apa dengan hidup Anda yang tidak Anda sukai?

Salah satu faktor penyumbang terbesar terhadap kurangnya kebahagiaan Anda dalam hidup adalah pengabaian harapan dan impian Anda. Pada titik tertentu dalam hidup kita, kita semua menyerah pada mimpi yang dulu kita pegang sebagai kebenaran ketika kita masih muda. Kami kemudian puas dengan hal-hal yang bukan apa yang awalnya kami inginkan, yang menciptakan kehidupan yang memberi kami lebih sedikit dari yang kami harapkan.

Berita baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk mengejar kehidupan yang Anda inginkan.

Dengan mengingat hal itu, saya bertanya kepada Anda, apa saja hal-hal yang dulu Anda inginkan ketika Anda muda? Apakah Anda ingin menjadi penyanyi? Apakah Anda selalu membayangkan diri Anda sebagai astronot atau penjelajah dunia?

Apa pun itu, tuliskan. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah impian Anda menjadi kenyataan.

3. Identifikasi Aspek Kehidupan Anda Yang Paling Perlu Diperhatikan
Sekarang kami telah melewati bagian harapan dan impian, sekarang saatnya untuk fokus pada apa yang dapat Anda lakukan saat ini.

Hidup banyak yang harus ditangani dan jika kita tidak terus-menerus fokus pada mempertahankan setiap aspek kehidupan kita setiap hari, bagian-bagian penting dari hidup kita jatuh ke pinggir jalan.

Untuk kembali ke jalurnya, penting untuk melihat setiap aspek kehidupan Anda untuk mengidentifikasi di mana kebutuhan Anda terpenuhi dan bagian mana dari kehidupan Anda yang diabaikan. Satu sumber yang bagus untuk dilihat untuk melakukan ini adalah Roda Kehidupan Zig Ziglar.

Dalam Roda Kehidupan Ziglar, ia memecah kehidupan menjadi tujuh bagian utama:

  1. Mental
  2. Rohani
  3. Fisik
  4. Keluarga
  5. Keuangan
  6. Pribadi
  7. Karier

Mereka yang fokus dan menjaga keseimbangan di setiap area akan dapat hidup lebih bahagia daripada mereka yang terlalu fokus pada satu area dan mengabaikan yang lain.

Lihatlah setiap bagian dalam kemudi dan tanyakan pada diri Anda, di mana saya tidak cukup memperhatikan? Area mana yang perlu diperbaiki dan area mana saya berhasil?

Seperti yang dinyatakan sebelumnya dalam artikel, kesadaran melahirkan tindakan dan menjadi sadar akan area di mana Anda malas akan membantu Anda untuk memperbaiki hidup Anda.

4. Buat Garis Besar Kebutuhan Anda
Berbekal pengetahuan tentang di mana Anda bisa melakukan lebih baik dalam hidup, sekarang saatnya untuk membuat garis besar kebutuhan Anda.




Mulailah dengan membuat daftar semua area yang Anda identifikasi sebagai di bawah standar. Misalnya, jika Anda memutuskan bahwa Anda tidak menghabiskan cukup waktu untuk fisik dan finansial, mulailah dengan mendaftarnya dan selesaikan setiap kebutuhan yang termasuk dalam kategori tersebut.

Mari kita lanjutkan dengan contoh di atas dan bayangkan Anda benar-benar tertinggal di bagian fisik. Mungkin Anda belum pergi ke gym dalam beberapa saat dan Anda merasa menaiki tangga adalah hal yang mustahil. Mungkin Anda memiliki gejala yang tidak dapat dijelaskan yang berdampak pada kesehatan Anda, tetapi Anda belum membawa diri ke dokter.

Apa pun itu yang tidak menerima perhatian sebagaimana mestinya, selesaikan setiap bagian ini dan cari tahu kebutuhan Anda di masing-masing bagian itu.

Setelah Anda melewati setiap bagian dan menemukan daftar lengkap semua kebutuhan Anda, Anda siap untuk bagian berikutnya.

5. Tetapkan Kebutuhan Ini dan Ubah Mereka Menjadi Tujuan
Anda mungkin memiliki daftar kebutuhan tetapi, sayangnya, itu tidak cukup untuk menendang hal-hal penting.

Untuk mengubah kebutuhan menjadi tindakan, Anda harus mengubah kebutuhan Anda menjadi tujuan.

Bagaimana Anda mencapai itu?
Sederhana! Anda perlu mengambil kebutuhan Anda dan mengubahnya menjadi tujuan yang sangat spesifik dan terdefinisi dengan baik.

Misalnya, mari kita bayangkan bahwa salah satu tujuan Anda adalah menjadi lebih bugar sehingga Anda dapat menjadi lebih seimbang di bagian fisik. Itu keren! Namun, itu hampir tidak cukup didefinisikan untuk menjadi sesuatu yang dapat Anda tindak lanjuti.

Karena itu, Anda perlu membuat kebutuhan Anda lebih spesifik. Jangan hanya mengatakan bahwa Anda ingin bugar. Katakan bahwa Anda ingin mencapai sesuatu, seperti menjadi kurus atau meningkatkan keseluruhan definisi otot Anda.

Dengan mengidentifikasi apa yang Anda butuhkan dan mengubahnya menjadi tujuan yang spesifik dan terukur, kini Anda memiliki sesuatu yang dapat Anda upayakan.

Bekerja melalui masing-masing kebutuhan Anda dan mengubahnya menjadi tujuan yang dapat ditindaklanjuti. Kemudian, periksa daftar Anda dua kali untuk melihat apakah Anda dapat lebih menentukan tujuan akhir Anda di setiap bagian kehidupan Anda.

Jika Anda tidak dapat mengubahnya menjadi tujuan tertentu, Anda mungkin tidak ingin atau membutuhkannya sebanyak yang Anda yakini semula.

6. Ambil Tujuan Anda dan Buat Set Timeline untuk Mereka
Dengan tujuan yang dapat ditindaklanjuti, Anda sekarang memiliki sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk mengubah hidup Anda menjadi kehidupan yang ingin Anda pimpin. Satu-satunya masalah adalah, kapan tepatnya Anda akan mencapai tujuan-tujuan ini.

Sama seperti kurangnya kekhususan dapat menyebabkan tidak adanya tindakan, tujuan tanpa jadwal juga dapat menyebabkan Anda duduk-duduk dan menunggu "waktu yang tepat" untuk mengubah diri Anda dari Titik A ke Titik B.

Kunci untuk mencapai tujuan Anda dengan cara yang tepat adalah dengan menetapkan jadwal yang realistis. Misalnya, Anda tidak akan bisa kehilangan 30 pound dalam seminggu dan menetapkan jangka waktu seperti itu tidak hanya akan membuat Anda gagal, tetapi juga akan mencegah Anda untuk mencoba sama sekali.

Pastikan timeline Anda bekerja sesuai keinginan Anda. Alih-alih mencoba menurunkan 30 pound dalam seminggu, cobalah untuk mengatur batas waktu tiga bulan untuk memenuhi tujuan ini. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk memetakan kemajuan Anda dan memastikan bahwa Anda akan berhasil pada saat Anda mencapai tenggat waktu Anda.

7. Hancurkan Tujuan Anda Menjadi Langkah-Langkah Kecil yang Dapat Dicapai
Tip bermanfaat lain yang akan membawa Anda lebih dekat ke kehidupan yang Anda inginkan adalah memecah tujuan Anda menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dicapai. Karena Anda sudah memiliki tujuan yang spesifik dan terukur, ini akan mudah untuk Anda capai.

Beberapa tujuan mungkin tampak terlalu besar untuk diatasi dan ketika Anda berusaha mengejar tujuan-tujuan besar ini dan menghasilkan sedikit output, mungkin mudah untuk meninggalkan tujuan Anda dan kembali ke kebiasaan lama Anda.

Namun, ketika Anda memiliki langkah-langkah kecil yang dapat dicapai, Anda dapat benar-benar melihat kemajuan saat Anda menyelesaikan tonggak pencapaian mini ini. Memotong kecil pada tujuan Anda akan membantu Anda membangun kepercayaan diri dan membuat Anda tetap di jalur yang diinginkan.

Sebagai contoh, mari bayangkan Anda ingin membangun bisnis sendiri. Daripada membuat daftar komprehensif segala sesuatu yang perlu dilakukan dan kemudian mencoba untuk mengatasi semuanya sekaligus, atur semua langkah ini dalam urutan yang mudah dilakukan dan kemudian lakukan satu langkah pada satu waktu.

Metode ini tidak hanya lebih baik untuk kepercayaan diri Anda tetapi juga cara yang lebih sederhana, lebih efektif untuk mencapai tujuan Anda.

8. Berusahalah untuk Bekerja Menuju Tujuan Anda Setiap Hari
Beberapa tujuan bersifat jangka panjang dan tidak dapat dipecah menjadi langkah-langkah yang secara instan dapat dicapai atau dapat dilakukan setiap hari. Ketika ini terjadi, bahkan jika kita ingin mencapai tujuan, itu cenderung menjadi pembakar belakang saat Anda bekerja pada tujuan lain. Sasaran-sasaran ini akan sering dilupakan sampai Anda diingatkan bahwa Anda tidak semakin dekat untuk membuat kemajuan.

Sekalipun Anda tidak dapat menerjemahkan tujuan akhir Anda menjadi tujuan yang lebih kecil, penting bagi Anda untuk berupaya mencapai tujuan Anda setiap hari.

Apakah itu terlibat dalam kegiatan yang secara longgar terkait dengan tujuan Anda dan akan lebih baik membantu Anda mencapainya, atau perlahan-lahan bekerja menuju sub-tujuan yang akan memakan waktu cukup lama untuk mencapainya, lakukan sesuatu setiap hari untuk menjaga diri Anda tetap pada jalurnya.




Jika Anda tidak pernah berhenti bekerja ke arah itu, itu akan terus menjadi prioritas sampai selesai.



9. Simpan Jurnal untuk Mengukur Kemajuan Anda

Jika Anda pernah bekerja untuk mencapai suatu tujuan, Anda mungkin telah melalui gerakan, hanya untuk merasa seolah-olah Anda belum membuat kemajuan nyata ketika, pada kenyataannya, Anda pasti sudah.

Mungkin sulit untuk menentukan seberapa banyak kemajuan yang telah Anda buat pada tujuan jika Anda tidak memiliki cara untuk mengukur hal seperti itu. Dalam kasus seperti ini, mungkin bermanfaat untuk memiliki alat seperti jurnal.

Dengan jurnal, Anda dapat menuliskan tujuan utama Anda, sub-sasaran Anda, dan Anda dapat menempatkan kotak centang atau bagian penyelesaian lainnya di sebelah setiap sub-sasaran. Saat Anda menjalani proses menyelesaikan setiap langkah menuju tujuan Anda, Anda dapat menandai mereka dengan cara apa pun yang Anda suka sehingga Anda dapat melihat diri Anda membajak melalui masing-masing to-dos Anda.

Lebih baik lagi, Anda dapat menuliskan apa sebenarnya yang Anda selesaikan di sebelah masing-masing sub-sasaran Anda, bagaimana perasaan Anda, dan seberapa banyak yang Anda capai selama periode waktu itu.

Jika Anda pernah berkecil hati di mana saja selama perjalanan Anda, Anda dapat kembali ke jurnal Anda untuk melihat berapa banyak sub-tujuan yang telah Anda tandai dan berapa banyak yang telah Anda capai di sepanjang jalan.

Jika Anda bukan penggemar jurnal, Anda selalu dapat menggunakan media lain yang membantu Anda mencapai efek yang sama seperti daftar hal yang harus dilakukan atau dokumen kosong sederhana di komputer Anda.



10. Tetapkan Langkah-Langkah Pencegahan untuk Membuat Anda Tetap Termotivasi Sepanjang Proses

Memotivasi diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu adalah jujur ​​bagian paling sulit dari proses penetapan tujuan dan pencapaian. Tidak peduli seberapa buruk Anda menginginkan sesuatu, Anda tidak akan pernah mendapatkannya jika Anda tidak memiliki dorongan untuk menindaklanjuti apa yang Anda katakan akan Anda lakukan.

Untuk menghindari masalah ini sepenuhnya dan memastikan untuk membuat kemajuan sebanyak mungkin dengan kemunduran minimal, Anda akan perlu membuat langkah-langkah pencegahan yang berfungsi untuk membuat Anda tetap termotivasi, bahkan ketika Anda tidak merasa ingin melakukan banyak hal sama sekali.

Salah satu langkah pencegahan seperti itu bisa membuat sasaran Anda daring agar semua orang dapat melihat atau membaginya dengan teman dan keluarga dekat. Mengapa ini bekerja? Jawabannya terletak pada satu kata: akuntabilitas.

Ketika Anda meletakkan tujuan di luar sana dan menolak untuk menindaklanjutinya, mungkin memalukan mengetahui bahwa semua orang yang Anda beri tahu tentang rencana dan sasaran Anda dapat melihat bahwa Anda telah gagal dalam misi Anda.

Dengan memberi tahu orang lain, itu membuat Anda bertanggung jawab dan memberi Anda insentif tambahan untuk menindaklanjuti tujuan Anda sehingga Anda tidak mengecewakan orang-orang di sekitar Anda yang tahu apa yang ingin Anda capai.

Di ujung lain spektrum, Anda dapat menghargai diri sendiri karena terlibat dalam perilaku yang membantu Anda mengatasi sub-sasaran dengan sukses.

Satu artikel yang diterbitkan di situs web American Psychological Association mengidentifikasi penghargaan sebagai salah satu metode motivasi terbaik untuk belajar. Dengan memberikan hadiah untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membantu Anda bekerja menuju tujuan akhir, Anda dapat mulai mengasosiasikan prestasi dengan penghargaan dan rewire diri Anda sehingga Anda fokus pada tujuan Anda dan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Meskipun ini hanya dua contoh sistem yang dapat Anda gunakan untuk menjaga motivasi Anda tetap hidup dan menyala, apa pun yang membuat dorongan untuk mencapai hidup tetaplah cukup.

11. Temukan Cara Menjadi Puas dengan Situasi Anda Saat Ini
Merasa tidak terinspirasi dan terjebak dalam situasi Anda saat ini bukan hanya indikasi bahwa hal-hal perlu diubah. Ini juga merupakan indikasi bahwa Anda harus mulai menemukan yang baik dalam situasi yang sudah Anda alami.

Sementara menetapkan tujuan adalah penting untuk bergerak maju dengan hidup Anda, aspek malang dari perubahan adalah bahwa hal itu membutuhkan waktu. Itu berarti bahwa mereka yang tidak bahagia dalam posisi yang mereka alami akan tetap tidak bahagia sampai perubahan terjadi.

Untungnya, Anda tidak harus tetap tidak bahagia. Yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan kembali pola pikir Anda dan menemukan cara untuk membuat hari Anda lebih menyenangkan. Nikmati lebih banyak dari apa yang membuat Anda bahagia dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri saat Anda bekerja menuju tujuan Anda dan menjalani kehidupan seperti sekarang ini.

Ini tidak akan mudah tetapi Anda setidaknya dapat menikmati perjalanan sampai Anda tiba di tujuan.

12. Tuliskan 3 Hal yang Anda Bersyukur Untuk Setiap Hari
Membangun dari poin sebelumnya, salah satu cara untuk membuat masa kini lebih menyenangkan adalah mulai menemukan apa yang lebih Anda syukuri dalam hidup Anda.

Satu studi yang dilakukan oleh Dr. Michael E. McCullough dari University of Miami dan Dr. Robert A. Emmons dari University of California, Davis mempelajari efek rasa terima kasih dengan memisahkan peserta dalam penelitian menjadi tiga kelompok yang berbeda.

Kelompok pertama diperintahkan untuk menulis tentang peristiwa yang terjadi selama seminggu yang mereka syukuri sedangkan kelompok kedua dan ketiga diperintahkan untuk menulis tentang hal-hal yang membuat mereka kesal selama seminggu dan hal-hal yang telah terjadi selama seminggu dan bagaimana hal itu mempengaruhi mereka masing-masing.

Setelah penelitian berakhir, ditunjukkan bahwa mereka yang menulis tentang peristiwa yang mereka syukuri lebih optimis tentang kehidupan mereka dan juga terlibat dalam pilihan hidup yang lebih baik.

Meskipun Anda pasti dapat mengikuti model ini, Anda juga dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti menuliskan tiga hal yang Anda syukuri setiap hari, yang merupakan metode populer bagi kebanyakan orang saat ini. Seiring waktu, Anda akan mulai melihat perubahan dan itu akan sangat membantu Anda saat Anda berusaha untuk membuat perubahan dalam hidup Anda.

13. Cari Orang yang Bisa Bertumbuh Bersama Anda
Negativitas melahirkan negatif dan dengan siapa Anda memilih bergaul bisa menjadi alasan mengapa Anda merasa tidak terinspirasi dan mandek.

Apakah teman-teman Anda pada umumnya tidak senang dan menyampaikan sikap itu kepada Anda? Apakah mereka mencari pertumbuhan dan perubahan atau mereka mengeluh tentang di mana mereka berada dan kemudian tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengolah perubahan yang mereka inginkan?

Lebih penting lagi, apakah Anda mengikuti perilaku ini?

Jika Anda atau bahkan jika Anda tidak, dan berusaha untuk membuat perubahan di lingkungan ini, Anda sedang berjuang untuk kalah.

Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang jika Anda berada di sekitar orang-orang yang mencoba melakukan hal yang sama dan yang mendorong Anda di sepanjang jalan.

Jangan khawatir jika teman Anda bereaksi buruk ketika Anda membuat keputusan untuk mengubah hidup Anda. Ini akan dengan cepat mengungkapkan siapa yang ada untuk Anda selama ini dan mereka yang ingin membuat Anda sedih.
Pikiran terakhir

Merasa tidak terinspirasi dan macet bisa mengecilkan hati, tetapi hanya itu: perasaan.

Perubahan dimulai dari Anda! Jika Anda merasa seolah-olah Anda membutuhkan sesuatu yang baru dalam hidup Anda, gunakan 13 tips di atas untuk keluar dari kandang Anda dan ciptakan kehidupan yang Anda cintai.

Jika Anda mencari saran tambahan yang akan membantu Anda membuat kiat-kiat ini lebih mudah ditindaklanjuti, jangan ragu untuk menelusuri bagian produktivitas, motivasi, dan psikologi dari situs web Para Pakar untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pikiran Anda berfungsi dan bagaimana Anda dapat terapkan tip-tip ini lebih efektif dengan cara yang paling cocok untuk Anda!

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir