10 Alasan Pertumbuhan Pribadi Penting Tidak peduli Berapapun Usia Anda

Produk peningkatan diri di AS menghasilkan sekitar 9,9 miliar dolar setiap tahun menurut data terbaru, industri yang tampaknya sangat besar. Itu sampai Anda membandingkannya dengan industri musik dan film, yang menghasilkan 61 miliar dolar gabungan. Atau industri kecantikan dengan 265 miliar sangat besar. Sekarang itu raksasa.

Apa yang dikatakan angka-angka mengesankan ini adalah bahwa orang Amerika menghabiskan hampir 33 kali lebih banyak dari uang yang mereka peroleh dengan susah payah untuk musik, film, dan penampilan pribadi daripada yang mereka lakukan untuk pertumbuhan pribadi.

Tentu saja, jumlahnya bukan kejutan besar - masyarakat kita didorong oleh penampilan dan kepuasan instan. Kita semua ingin terlihat baik dan menikmati diri kita sendiri. Tetapi data tersebut mungkin menggambarkan betapa sulitnya prioritas kita sebenarnya.

Dengan asumsi kita secara kolektif dapat menggunakan tendangan cepat untuk menyesuaikan prioritas tersebut, mari kita tinjau beberapa alasan bagus untuk secara aktif mengejar pengembangan pribadi, pada usia berapa pun.
photo credit: Debby Hudson via unsplash.com

Mereka yang secara aktif mengejar pengembangan pribadi menikmati sepuluh keuntungan berikut:





1. Hubungan yang Lebih Sehat

Hubungan - dengan keluarga Anda, anak-anak, rekan kerja, kekasih, dan bahkan hubungan utama itu dengan diri Anda sendiri - adalah fondasi kehidupan. Anda tidak dapat menghindarinya (bahkan saat Anda menginginkannya).

Ketika hubungan Anda berkualitas rendah, hidup Anda berkualitas rendah. Sebaliknya, ketika hubungan Anda sehat dan bersemangat, Anda akan menuai manfaat dengan cara yang mendalam.

Belajar dan membangun keterampilan hubungan yang baik adalah bagian penting dari setiap rencana pengembangan pribadi. Orang-orang yang secara sadar dan sengaja membangun keterampilan interpersonal mengalami kepuasan yang lebih besar dalam hubungan apa pun.

2. Kurangi Stres
Mengingat pembunuh yang menjadi stres, dan seberapa cepat itu berdampak negatif pada kualitas hidup kita secara keseluruhan, apa pun yang mengurangi stres akan layak dikejar, bukankah begitu?

Dengan menjadikan pengembangan pribadi sebagai kebiasaan, khususnya yang berkaitan dengan teknik pengurangan stres seperti praktik mindfulness, Anda akan lebih mampu mengidentifikasi, mengelola, dan bahkan menghilangkan sumber-sumber utama stres dalam hidup Anda.

3. Peningkatan Kesehatan
Yang ini mengikuti dengan sangat baik dari dua keunggulan pertama kami di atas.

Hubungan antara stres dan kesehatan tidak dapat disangkal; lebih banyak stres sama dengan lebih banyak penyakit. Hubungan yang lebih bahagia dan lebih sehat sama dengan lebih sedikit stres, dan semakin kita diperlengkapi untuk mengelola dan mengurangi stres, semakin baik kesehatan kita secara keseluruhan.

Alat dan ajaran pengembangan pribadi dan peningkatan diri memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita. Semakin Anda mengerti, semakin siap Anda untuk menangani apa pun yang ada dalam hidup Anda.

Orang-orang yang telah belajar untuk mengelola tantangan dan stres kehidupan memiliki lebih sedikit penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, dan mungkin menikmati umur yang panjang sebagai hasilnya.

4. Peningkatan Produktivitas
Musuh produktivitas nomor satu adalah penundaan. Dan penundaan sering kali didorong oleh emosi yang lebih dalam. Orang-orang yang terlibat dalam pertumbuhan pribadi sebagai gaya hidup membuat kebiasaan menggali lebih dalam masalah-masalah ini, sehingga meningkatkan kemungkinan mencapai solusi yang berarti.




Musuh produktivitas terbesar kedua adalah, Anda dapat menebaknya, adalah stres. Kehidupan kita yang semakin sibuk seringkali didorong oleh harapan akan kesempurnaan dan kinerja, dan ketika stres memasuki campuran, produktivitas kita menurun. Kita menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengkhawatirkan dan mencoba melakukan banyak tugas sehingga kemampuan kita untuk fokus dan mencapai apa yang kita rencanakan akan berkurang.

Teknik pengembangan diri meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus dan mengelola stres, membantu Anda mendapatkan emosi dan motivator tersembunyi, dan membiarkan produktivitas berkurang.

Bayangkan saja seperti apa hidup ini jika tidak ada yang menghalangi produktivitas tertinggi Anda. Berapa banyak lagi yang mungkin untuk Anda?

5. Peningkatan Kontrol Diri
Kontrol diri, kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku Anda untuk mencapai tujuan tertentu, adalah kemampuan kognitif yang dapat dikerjakan dan diperkuat seperti halnya otot Anda.

Saat menetapkan dan bekerja menuju sasaran untuk hidup Anda, mudah tergelincir oleh godaan, kebiasaan, dan impuls, terutama yang didorong oleh keyakinan bawah sadar dan emosi yang mendasarinya.

Dengan menjadikan pengembangan diri sebagai bagian rutin dan penting dalam hidup Anda, Anda memunculkan kepercayaan dan perasaan yang mendasarinya. Anda memperkuat 'otot' kendali diri Anda, membuatnya lebih mudah untuk membangun kebiasaan baru dan mencapai tujuan jangka pendek dan panjang.

6. Kesuksesan Yang Lebih Besar
Secara sukses, kami berbicara tentang kemampuan untuk mencapai penanda prestasi yang ditetapkan masing-masing individu untuk dirinya sendiri, bukan penanda standar 'sukses' seperti yang disajikan oleh media (mis. Kekayaan, popularitas, ketenaran atau kekuasaan). Padahal, ironisnya, jika itu yang Anda inginkan, Anda akan cenderung mencapainya jika pengembangan diri adalah bagian rutin dari gaya hidup Anda.

Ketika kami melihat kembali kelebihan seperti yang tercantum di atas, lebih mudah untuk melihat mengapa ini benar; hubungan yang sehat dan suportif, mengurangi stres dan peningkatan kesehatan, peningkatan produktivitas, dan kontrol diri yang ditingkatkan, semuanya menciptakan lingkungan yang diperlukan untuk keberhasilan terjadi.

7. Meningkatkan Ketenangan Pikiran
Selain dari ketenangan pikiran yang umumnya mengikuti sebagai akibat dari faktor-faktor seperti tingkat stres yang lebih rendah, mengalami kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, dan menjadi sukses, kesadaran diri secara teratur dan praktik peningkatan dapat menghasilkan perasaan puas dan ketenangan yang lebih besar.

Perhatian penuh, meditasi, dan teknik pikiran-tubuh seperti yoga dan qi-qong, ketika dilatih secara teratur dapat meningkatkan fokus dan kesadaran diri, yang pada gilirannya membantu menghasilkan ketenangan pikiran.

Praktek pengembangan pribadi juga cenderung meningkatkan pemahaman Anda tentang diri sendiri dan orang lain, yang berkontribusi pada rasa damai dan penerimaan yang lebih luas secara keseluruhan.

8. Pengasuhan yang Lebih Baik
Karena anak-anak kecil dan bayi belajar dengan meniru orang tua dan pengasuh mereka, sangat penting bagi orang tua untuk bekerja dan mengembangkan diri mereka terlebih dahulu.




Untuk menjadi orang tua yang lebih baik, yang dapat menjadi panutan pertama yang baik untuk bayi dan anak-anak, Anda harus mau melihat diri sendiri dalam waktu yang lama, sulit, dan jujur.

Ketika Anda menghabiskan waktu untuk pengembangan pribadi dan kesadaran diri, Anda cenderung untuk tanpa sadar memberikan pola dan perilaku negatif kepada anak-anak Anda. Anda juga jauh lebih kecil kemungkinannya jatuh ke dalam perangkap pengasuhan anak yang umum seperti penguatan negatif, kemarahan, penindasan, pemberdayaan, pengelolaan mikro, dan sejenisnya.

9. Ketahanan Yang Lebih Besar
Menurut definisi kamus, ketahanan adalah kemampuan untuk pulih dengan cepat dari tantangan, tragedi, dan kesulitan hidup. Ini adalah kemampuan psikologis untuk muncul dari pengalaman ini dan kembali ke kondisi mental dan emosional yang sehat. Ini pada dasarnya adalah bentuk fleksibilitas emosional.

Pengembangan pribadi memungkinkan Anda untuk menghadapi dan mengatasi hambatan dari dalam dan luar. Waktu yang dihabiskan untuk mengembangkan kecerdasan emosi, kesadaran diri, dan strategi koping Anda akan memiliki dampak langsung dan positif pada tingkat ketahanan Anda.

Hidup akan selalu melempar kita bola melengkung dalam bentuk hambatan dan tantangan saat kita tidak mengharapkannya. Memiliki ketahanan berarti mampu pulih dengan cepat, kembali ke keseimbangan alami Anda, tumbuh dan belajar dari pengalaman alih-alih patah atau patah.

Faktanya, mengembangkan ketahanan yang lebih besar mungkin merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan siapa pun untuk meningkatkan kepuasan hidup mereka secara keseluruhan.

10. Kebahagiaan Lebih Besar
Dan akhirnya kami tiba di grand final keuntungan - kebahagiaan.

Jika kebahagiaan benar-benar merupakan perjalanan dan bukan tujuan, maka menghabiskan waktu dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk mengembangkan diri akan membuat perjalanan itu jauh lebih menyenangkan.

Bayangkan sebuah kehidupan di mana Anda menikmati kesehatan yang baik dan hubungan yang lebih baik; sebuah kehidupan di mana Anda merasa mengendalikan diri dan kemampuan Anda untuk menghadapi dengan baik tantangan apa pun yang menghadang Anda; sebuah kehidupan di mana Anda secara umum merasa yakin dengan kemampuan Anda untuk berhasil dalam usaha Anda.

Dengan meluangkan waktu untuk mengerjakan pengembangan pribadi Anda, Anda mengurangi dampak negatif dari stres dan kesehatan yang buruk, dan Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk menangani kehidupan dan hubungan Anda.

Melalui upaya peningkatan diri, Anda belajar mengidentifikasi, menyembuhkan, dan mengubah keyakinan, trauma, serta perilaku dan kebiasaan menyabotase diri sendiri.

Kesemuanya berkontribusi untuk menghilangkan lapisan hambatan yang meredam kemampuan kita untuk mengalami kebahagiaan dan kebahagiaan sejati.
Pikiran terakhir

Jadi lain kali Anda merasa tidak enak dengan kehidupan Anda atau sesuatu di dalamnya, dan merasa tergoda untuk menghabiskan uang untuk merias wajah, pakaian, atau video game terbaru itu, mungkin Anda akan berpikir lagi dan menjelajah sebentar di bagian pengembangan diri.

Yang pertama mungkin mengubah suasana hati Anda untuk saat ini, tetapi yang terakhir mungkin mengubah hidup Anda untuk selamanya.

Selamat berkomentar

Click to comment

Popular Posts

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir