Apa yang dapat Michael Dell ajarkan kepada Anda tentang bisnis


Pada usia 27 tahun, Michael Dell menjadi CEO termuda yang memiliki peringkat perusahaannya di perusahaan-perusahaan Top 500 Forbes. Sejak itu ia terus menciptakan perusahaan manufaktur PC terbesar di dunia di dunia.

“Anda tidak harus menjadi seorang jenius atau visioner atau bahkan lulusan perguruan tinggi untuk menjadi sukses. Anda hanya butuh kerangka dan mimpi, ”katanya suatu kali.

Michael Dell mengikuti gagasan sederhana bahwa dengan menjual sistem komputer pribadi yang disesuaikan secara langsung kepada pelanggan, ia dapat memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik dan memberikan solusi komputasi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut beberapa pelajaran dari maverick sendiri.

Memiliki penerimaan risiko
Mengambil risiko yang dapat dikelola adalah apa yang Michael Dell bersedia lakukan, dan dia juga mendorong eksekutifnya untuk mengambil risiko selama risiko tersebut masuk akal. Dell berkata, “Untuk mendorong orang berinovasi lebih lanjut, Anda harus membuatnya aman bagi mereka untuk gagal. Kami telah dengan sengaja membentuk budaya kami untuk menerima “koreksi mata kuliah” yang berkelanjutan pada kurva pembelajaran karena untuk berkembang, kami membutuhkan lingkungan di mana orang merasa tidak apa-apa untuk bereksperimen, ”sebagaimana dinyatakan dalam Genius Kewirausahaan Gene N. Landrum: Kekuatan Gairah.

Memiliki citra diri yang kuat
Untuk menjadi orang yang sukses harus percaya pada impian mereka. Sebagai mahasiswa baru di University of Texas pada tahun 1983, Michael Dell percaya dia bisa mengalahkan IBM. Ketika orang tuanya yang khawatir mengunjunginya di asrama untuk mencari komponen PC daripada buku teks, dia dilaporkan memberi tahu ayahnya bahwa dia ingin bersaing dengan IBM dan membangun komputer yang lebih baik daripada yang mereka bisa.

Dell tidak pernah sekalipun mempertanyakan kemampuannya untuk mencapai tujuannya. Begitulah optimisme bahwa itu menjadi keadaan mental.

Menumbuhkan hubungan
"Tidak ada yang namanya sukses buatan sendiri," kata Michael Dell. Peluang terbaik yang Anda miliki untuk mengembangkan bisnis kecil Anda adalah dengan memperluas jaringan Anda. Dia mengatakan bahwa tidak satu pun dari nasib baiknya akan menjadi miliknya tanpa orang-orang yang berbagi kebijaksanaan mereka, kerja keras tim Dell di seluruh dunia, dan cinta dan dukungan dari keluarga dan teman-temannya.

Baca juga: 
Pelajaran hidup dari Mark Zuckerberg, kisah sukses tidak seperti yang lain

Bijaklah
Ketika Dell berusia 16 tahun, dia mendapat pekerjaan dengan koran. Pekerjaannya adalah menjual langganan ke kertas di telepon. Di sana, ia menyadari bahwa orang-orang yang membeli koran memiliki dua kesamaan. Entah mereka pindah ke tempat tinggal baru atau mereka akan menikah. Ternyata informasi tentang kedua faktor ini dapat diperoleh dalam jumlah besar. Di negara tempat dia tinggal, Texas, untuk mendapatkan surat nikah harus mengajukan dengan negara dan membuatnya informasi publik, terutama alamat yang harus dikirimi lisensi itu. Jadi, Dell menyewa semua teman-temannya dan pergi ke setiap daerah, mendapatkan alamat semua orang yang mengajukan permohonan surat nikah dan mengirimi mereka surat langsung yang menawarkan kepada mereka surat kabar untuk uji coba gratis dan kemudian berlangganan. Dia akhirnya membuat jumlah yang adil untuk remaja saat itu.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang terbaik
Baik itu dengan karyawan, investor, mitra, pemasok, atau hubungan bisnis lainnya, Dell menyarankan eksekutif dan pengusaha untuk berada di sekitar orang-orang terbaik untuk membantu mengembangkan organisasi. Orang-orang pintar ini akan menantang organisasi dan memaksa mereka untuk berpikir secara berbeda. Pada tahun 2003, Dell berkata, “Cobalah untuk tidak menjadi orang terpintar di ruangan. Dan jika Anda, saya sarankan Anda mengundang orang yang lebih pintar ... atau menemukan ruangan yang berbeda. ”

Masa-masa sulit menghadirkan peluang.
Kadang-kadang ketika orang bingung bahwa peluang terbesar disajikan di hadapan mereka karena tidak ada yang benar-benar melakukan apa pun. Menurut Dell, ini adalah waktu ketika benih-benih bisnis yang benar-benar sukses diciptakan. Sejarah telah menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan terbesar dibentuk di beberapa masa tersulit dalam industri ini. Misalnya, ketika Dell dibentuk pada awal 1980-an, ekonomi AS dalam kondisi buruk. Industri komputer pribadi baru saja melewati siklus besar, dan kebijaksanaan yang berlaku adalah bahwa semua elektronik akan didominasi oleh Jepang. Kemunculan industri komputer pribadi berikutnya menghasilkan peluang dan produktivitas yang sangat besar.

cerita motivasi hidup
cerita motivasi pengusaha
motivasi pengusaha
kata kata motivasi buat diri sendiri
kata kata motivasi keren
kata2 motivasi hidup
kata2 bijak motivasi
motivasi penyemangat

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir