Formula Persahabatan

Temui Jesse. Jesse adalah orang yang ramah. Dia baru saja pindah ke apartemen baru di New York City. Dia bersemangat, tetapi gugup karena dia tidak benar-benar mengenal siapa pun di daerah itu. Begitu dia pindah, dia memulai percakapan dengan tetangganya. Itu tidak berjalan semulus yang dia rencanakan, dan percakapan berakhir dengan canggung. Jesse malu tentang hal itu, jadi dia mencoba lagi dengan topik yang berbeda. Namun, tetangganya tampaknya tidak tertarik dalam percakapan dengan Jesse.
Jesse frustrasi dan terluka. Tetapi dia tidak dapat melihat bahwa tetangga itu terintimidasi dan jengkel karena usahanya yang agresif untuk berbicara sesegera mungkin.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap menjadi agresif kepada orang lain ketika yang kita inginkan hanyalah bersikap ramah?



Jack Schafer, pensiunan agen FBI, memperkenalkan Formula Persahabatan dalam buku, The Like Switch. Schafer ditugaskan ke Program Analisis Perilaku Keamanan Nasional FBI, sehingga ia ahli dalam perilaku dan interaksi manusia. Inilah rumusnya:

Persahabatan = Kedekatan + Frekuensi + Durasi + Intensitas

Elemen-elemen dalam formula membantu Anda memutuskan apakah seseorang dapat menjadi teman Anda. Otak kita memiliki sesuatu yang akan kita sebut sebagai pemindaian wilayah. Ketika kita mengakses bagian otak kita ini, kita menilai apakah seseorang yang kita ajak bicara bisa menjadi teman kita. Pemindaian ini mengirimkan pesan ke otak kita sembari memproses informasi yang diperlukan untuk menilai, di antara hal-hal lain, jika ada orang dalam rentang pengamatan kita yang harus diabaikan, didekati, atau dihindari sepenuhnya.

Mari kita lihat setiap elemen formula.
Kedekatan
Kedekatan mengacu pada jarak antara Anda dan orang lain karena hal itu berkaitan dengan paparan Anda terhadap orang tersebut. Ini bisa apa saja, dari ruang bersama hingga konteks bersama. Kedekatan dapat dibangun dengan menjadi dekat dengan seseorang saat Anda tetap diam dan di sisi mereka. Tindakan tenang ini bisa membuat orang lain merasa nyaman dan tidak mengancam.
Frekuensi dan Durasi

Jumlah kontak yang Anda miliki dengan individu lain dari waktu ke waktu adalah frekuensi dan durasi di mana Anda berinteraksi dengannya, serta lama waktu yang Anda habiskan bersama mereka.

Misalnya, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang tua dengan anak-anak mereka, semakin besar kemungkinan orang tua akan dapat memengaruhi mereka. Oleh karena itu, jika durasi orang tua kurang, anak-anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman mereka, termasuk, dalam kasus ekstrim, anggota geng.
Intensitas



Seberapa kuat Anda dapat memuaskan kebutuhan psikologis dan / atau fisik orang lain melalui penggunaan perilaku verbal dan nonverbal adalah intensitas. Ini juga termasuk interaksi selama waktu yang dihabiskan dengan seseorang. Beberapa pasangan memiliki masalah dengan intensitas. Mungkin mereka menghabiskan waktu bersama setiap akhir pekan selama beberapa jam, tetapi mereka tidak berinteraksi banyak satu sama lain dan memilih untuk memusatkan perhatian mereka pada ponsel mereka. Ini menyebabkan intensitas berkurang dan perlahan-lahan dapat membuat pasangan kurang intim.

Pada dasarnya, semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama seseorang, semakin mereka akan menyukai Anda. Dan semakin intens interaksi tersebut, semakin mereka menyukai Anda.

Ambil hubungan pasangan yang sudah menikah. Jika mereka terlalu sibuk dan tidak menghabiskan waktu berkualitas bersama, mereka gagal pada frekuensi dan durasi. Untuk mengimbanginya, mereka membutuhkan intensitas / koneksi / interaksi yang lebih dalam.

Gunakan Formula untuk Berteman
Jika ada seseorang yang ingin Anda kenal, atau berteman, mulailah dengan meningkatkan kedekatan Anda dengannya. Berada di sekitar orang itu, tetapi tidak dengan cara yang jelas atau terlalu penuh perhatian. Tujuannya adalah untuk menjadi akrab bagi mereka sehingga mereka merasa nyaman dengan keberadaan Anda. Perlahan tingkatkan frekuensi Anda berada di sekitar orang itu.

Setelah Anda meningkatkan jumlah waktu Anda di sekitar, perpanjang durasi waktu yang dihabiskan. Mungkin ada intensitas (percakapan ringan dan menyenangkan), tetapi setelah beberapa waktu Anda dapat mempelajari beberapa topik yang lebih dalam. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk berteman dan memecahkan kebekuan ketika Anda memiliki tempat baru untuk bekerja atau berinteraksi dengan seseorang di sebuah pesta.

Gunakan formula ini juga jika Anda berusaha mempertahankan persahabatan yang baik. Anda dapat mempelajari lebih banyak tips tentang cara tetap berteman dengan teman terbaik Anda di artikel saya yang lain: Teman-teman Tidak Perlu Menjadi Terpisah saat Anda Bertumbuh Semakin Tua



Ambillah Secara Perlahan
Lain kali jika Anda bertemu seseorang yang baru dan merasa ingin terlibat dalam percakapan, singkirkan waktu istirahatnya. Meskipun terlalu bersemangat dalam hidup terkadang bisa menjadi hal yang baik; dalam hal persahabatan, yang terbaik adalah memperlambatnya. Meskipun bertemu dengan orang baru bisa menyenangkan, jika tidak sedikit menegangkan, Formula Persahabatan dapat membantu Anda menguasai koneksi yang sebenarnya.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN  

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir