Cara Menghadapi Penolakan di Tempat Kerja: 9 Taktik yang Kuat

photo credit: Kai Pilger via unsplash.com
Ketika berurusan dengan penolakan di tempat kerja, saya pikir hal pertama yang saya pelajari adalah bahwa Anda tidak bisa terlalu memikirkannya. Anda terutama tidak bisa memikirkan hal-hal yang dalam skema besar hal-hal kecil. 

Lantas bagaimana cara menghadapi penolakan di tempat kerja?

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memikirkan cara Anda menghadapi penolakan di masa lalu. Pikirkan tentang saat-saat ketika Anda ditolak. Benar-benar berpikir tentang masa lalu ditolak, bagaimana mereka terjadi setelah penolakan itu. Bagaimana perasaan Anda sekarang? Saya harap penolakan Anda telah membawa Anda ke beberapa hasil positif jangka panjang. Saya akan membahasnya nanti.

Pikirkan tentang bagaimana Anda akhirnya berhasil atau menyesuaikan diri dengan kepedihan pengalaman masa lalu.

Bagaimana saya tahu taktik ampuh menghadapi penolakan di tempat kerja?

Dua hal.

Sebagai pemilik bisnis, saya memiliki kesempatan untuk menolak dan menolak.

Saya sendiri pernah mengalami banyak penolakan saat memulai bisnis. Untuk bisnis saya, saya juga berusaha untuk benar-benar mendengarkan dan menghormati pendapat tim saya. Penolakan tentu terasa jauh lebih baik ketika ada rasa saling menghormati. Terkadang, saya harus menolak ide tim saya.

Saya akan mengatakan ini: Saya selalu berbisnis untuk diri saya sendiri dan karena itu belum menjalani kehidupan politik perusahaan. Tapi saya sudah mendengar banyak cerita. Itu adalah sarang untuk ketakutan penolakan.

Penolakan bisa sangat berarti. Itu bisa terasa seperti itu ada di mana-mana dalam hidup Anda. Tetapi tidak harus begitu. Itu harus konstruktif. Sulit untuk mengatasi rasa sakit ketika itu mengenai Anda. Tetapi rasa sakit memang membuatnya lebih baik. Penolakan adalah sesuatu yang bisa Anda perkuat untuk diri sendiri.

Saya ingin membawa Anda melalui beberapa taktik ampuh yang saya pelajari ketika berurusan dengan penolakan.

1. Rangkullah rasa sakit, gunakan itu sebagai alat untuk menjadi lebih kuat dan belajar
Pengetahuan adalah kekuatan. Saya telah belajar sesuatu yang negatif tentang diri saya selama beberapa penolakan, dan saya merasakan sakitnya setiap penolakan. Tapi jujur, saya telah menemukan cara terbaik untuk menghadapi penolakan adalah dengan hanya merasakan rasa sakit, sedikit tenang, dan mencari cara untuk melanjutkan.

Pastikan Anda mencari tahu mengapa Anda ditolak. Terkadang itu Anda, terkadang itu mereka. Terima alasannya, tetapi pastikan alasan itu berdasarkan kebenaran.

2. Pamerkan kekuatan dan keterbukaan Anda kepada orang-orang
Orang merespons dengan baik tanda-tanda kekuatan. Ini adalah sisa dari masa lalu evolusi kita sebagai manusia.

Ada sedikit cerita yang ingin diceritakan tentang musim panas saya tahun 2009. Ini adalah pelatihan penting bagi saya ketika bekerja dengan penolakan daripada takut akan hal itu. Itu juga ketika saya menjadi pengusaha yang tidak disengaja ...

Pada musim panas 2009, saya berusia enam belas tahun dan saya mendapat ide bahwa saya harus menjual jasa desain situs web ke bisnis lokal. Saya merasa memiliki sesuatu untuk dibuktikan. Dan saya bertekad. Saya memiliki apa yang merupakan ide baru pada saat itu tetapi tidak tahu bagaimana menjualnya. Tetapi saya memiliki tekad yang tidak masuk akal, dan itu memicu saya.

Setiap pagi, saya akan meninggalkan rumah saya pada jam 9:00 pagi (waktu kebanyakan bisnis lokal buka) dan mengunjungi setiap pusat perbelanjaan. Saya tidak punya mobil, jadi saya berjalan dari pintu ke pintu untuk meluncurkan layanan desain situs web saya ke bisnis-bisnis ini. Itu banyak usaha untuk berkeliling dengan berjalan kaki.

Bayangkan seorang anak berusia enam belas tahun yang berkeringat yang tidak tahu cara berpakaian yang pantas, berjalan dari rumah ke rumah dan meminta untuk berbicara dengan orang yang bertanggung jawab. Sementara itu, saya basah kuyup karena saya berjalan di luar sepanjang hari. Itu adalah situasi yang canggung setiap kali. Saya ditolak oleh banyak, banyak pemilik bisnis lokal.

Tapi saya tidak peduli! , aku memang peduli. TAPI…

Saya banyak belajar dan saya selalu merasa semakin dekat dengan hal yang benar untuk dilakukan. Saya mulai mengambil isyarat halus dari pemilik bisnis yang saya ajak bicara. Saya mulai mengidentifikasi apa yang ingin mereka dengar, dan apa yang tidak mereka dengar. Saya juga mulai mencari tahu jenis pakaian apa yang harus saya kenakan untuk membuat orang ingin mendengarkan saya - hanya dengan mengganti pakaian saya saja, saya memiliki lebih sedikit pemilik yang menunjuk tanda "jangan minta".

Saya tidak takut penolakan di sini karena saya tahu, jauh di lubuk hati, bahwa saya akan menemukan pelanggan pertama saya. Penolakan terus terjadi, tetapi saya tidak menganggapnya pribadi. Ini karena saya tahu saya melakukan sesuatu yang salah, dan ada kesenangan dalam mengatasinya.

Saya tahu bahwa untuk setiap "tidak" yang saya dengar, saya semakin dekat dengan itu, ya. Setiap penolakan membuat saya lebih baik dalam pendekatan saya. Hanya karena penolakan itulah saya menjadi lebih baik dalam menggambarkan apa yang saya yakini.

3. Program ulang pagi Anda
Bagaimana Anda memulai pagi Anda memang memiliki efek yang tulus pada seberapa kuat Anda merasa selama sisa hari itu. Saya merasakan dorongan untuk selalu memprogram ulang diri saya jika saya bisa. Pagi hari penting bagi saya karena memberi otak saya kesempatan untuk menjadi yang terbaik untuk sisa hari itu.

Saya telah memprogram diri saya untuk memiliki pagi yang lebih baik secara umum:

Tidak masalah jika saya di rumah, tinggal di sebuah hotel, atau bahkan di rumah ayah saya, saya memastikan bahwa ritual pagi yang ideal saya selesai. Segera setelah bangun tidur, sebelum otak saya mulai berpacu. Sebagian besar waktu berpacu dengan kegiatan hari itu. Namun terkadang saya berurusan dengan penolakan.

Tetapi sebelum saya tinggal, saya langsung melompat ke kamar mandi. Saya menolak untuk melihat ponsel saya karena notifikasi akan menyedot saya. Tidak, maka saya akan menghabiskan waktu paling berharga dalam sehari.

Masuk ke kamar mandi adalah cara mudah saya dapat menegakkan kebijakan itu. Ini adalah waktuku, dan mandi di kamar mandi mungkin adalah satu-satunya saat dalam sehari aku benar-benar sendirian. Tidak ada email, tidak ada panggilan telepon, pesan teks, pemberitahuan, gangguan, tidak ada orang lain. Hanya aku dan pikiranku.

Saya dapat merenungkan penolakan hari sebelumnya dengan kepala yang lebih jernih.

4. Istirahatkan ego Anda
Orang-orang banyak berpikir. Kami terjebak dalam ego kami, apakah itu positif atau negatif. Kami memikirkan semua skenario yang berbeda, dan dengan fokus memusatkan perhatian pada penolakan terbaru.

Taktik yang saya gunakan untuk menghadapi penolakan adalah bahwa saya melepaskan ego saya. Saya kadang-kadang bisa melakukan ini. Sulit untuk melepaskan ego Anda.

Kita cenderung menggunakan kata "ego" dengan longgar untuk menggambarkan orang yang egois, atau di dalamnya untuk diri mereka sendiri. Saya belajar bahwa saya telah menciptakan ego saya sendiri tanpa sadar untuk bertindak sebagai penghalang untuk melindungi diri saya dari seluruh dunia.

Ini adalah mekanisme pertahanan yang tidak disadari oleh banyak individu yang ambisius dan terdorong yang mungkin rentan terhadapnya. Tentunya lebih mudah untuk mendorong diri Anda maju dalam menghadapi kemunduran besar ketika tidak ada kesalahan Anda sendiri. Tetapi dengan melakukan itu, Anda hidup dalam "dualitas". Ketika hidup dalam dualitas, Anda memisahkan diri dari kenyataan orang lain dan dunia di sekitar saya.

Hidup dalam dualitas menciptakan banyak penderitaan bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Ketika saya memiliki negatif, itu berarti menyaring seluruh hidup saya melalui lensa penilaian. Segala sesuatu adalah "benar atau salah," "baik atau buruk," "cantik atau jelek." Tapi penilaian biner ini hanya berfungsi untuk menutup saya dengan orang lain.

Ini melelahkan, dan ketika saya bisa melepaskan diri dari itu dan hidup di saat saya merasa jauh lebih energik dan hanya ... baik.

5. Ketahuilah bahwa merangkul hal-hal yang tidak terduga bisa datang dengan rasa sakit dan kemenangan
Ada orang yang sangat berfokus pada karier. Mereka ingin mengejar jalan dan mereka akan melakukan apa saja untuk mencapai itu.

Sifat yang didorong bisa menjadi hal yang hebat, terutama jika Anda bekerja di bidang yang Anda sukai. Tetapi komitmen terhadap kehidupan linier ini membuat penolakan semakin negatif dan konsekuen.

Saya telah melihat kembali kehidupan saya dan telah menemukan banyak belokan yang tidak terduga. Saya berterima kasih atas penolakan yang akhirnya membawa saya ke keputusan yang lebih baik.

Pada akhirnya, Anda lebih baik dengan diri sendiri jika Anda merangkul sifat kehidupan yang tidak terduga. Anda lebih lunak dalam mengendalikan diri sendiri daripada yang Anda pikirkan. Perasaan konsisten bahwa Anda memegang kendali dan tidak mengendalikan pada saat yang sama membebaskan.

Arah bisa dibesar-besarkan. Ini benar-benar kompas bagi saya sekarang, tetapi benar-benar ada waktu dalam hidup saya di mana saya baru saja mengeksplorasi banyak pilihan berbeda untuk diri saya sendiri. Saya memiliki hobi, yang mengarah pada hasrat.

Mulailah mencoba hal-hal baru! Mainkan instrumen, buat karya seni. Penolakan akan lebih sedikit menyengat bila Anda memiliki lebih banyak hal untuk diperhatikan.

Mungkin kedengarannya konyol, tetapi saya sarankan mencoba menghubungi batin-anak Anda. Saya berpikir tentang diri saya sebagai seorang anak, dengan keinginan rakus untuk mencoba hal-hal baru tanpa khawatir tentang penolakan.

6. Ingat bahwa semua orang mendapat pendapat
Dan Anda juga memiliki pendapat Anda. Seseorang yang menolak Anda hanyalah mereka yang memberi Anda pendapat mereka. Pikiran negatif seseorang mungkin positif.

Setiap orang memiliki selera masing-masing. Jadi, jika Anda memiliki gagasan yang ingin Anda bagikan yang ditolak oleh seseorang, jangan takut untuk memberi tahu orang lain. Anda bahkan mungkin mendapat tanggapan yang bagus. Anda juga dapat memperoleh pendukung baru.

Jangan takut untuk mendapatkan umpan balik, Anda dapat belajar dari umpan balik ini:

Bagaimana cara belajar dua kali lebih cepat? Dapatkan Lebih Banyak Umpan Balik

7. Pikirkan tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda - apa tujuannya?
Setiap saat dalam hidupku terasa seperti memiliki tujuan.

Itu tidak berarti bahwa setiap momen hidup saya yang bermakna adalah untuk memenuhi beberapa misi besar. Terkadang tujuan melakukan sesuatu hanya untuk membuat diriku bahagia. Dan tidak mungkin aku merasa bersalah karenanya.

Apa yang kamu lakukan dengan waktumu? Tulis semuanya. Dan kemudian tulis tujuan di sebelah setiap item. Ini akan memberi Anda perasaan yang baik tentang apa yang sebenarnya Anda lakukan dengan waktu Anda.

Saat Anda sadar tentang setiap momen yang Anda habiskan, Anda akan menjalani kehidupan yang lebih seimbang. 

8. Orang bergerak pada panjang gelombang yang berbeda
Saya kenal beberapa orang yang benar-benar resah jika mereka tidak mendapat respons dari seseorang.

Perasaan tidak menerima email balasan itu benar-benar dapat menggerogoti jiwa Anda.  Atau ya, dan mereka hanya sangat sibuk. Mungkin mereka lupa merespons.

Berurusan dengan penolakan di tempat kerja adalah tentang beradaptasi dengan berbagai panjang gelombang orang, mengetahui bahwa Anda dapat mengendalikan mereka, dan hanya fokus untuk menjadi bahagia.

9. Adaptasi mindset berkembang
Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, psikolog terkenal Dr. Carol Dweck dan timnya menjadi tertarik pada sikap siswa tentang kegagalan. Mereka memperhatikan bahwa beberapa siswa pulih, sementara yang lain tampak hancur bahkan oleh kemunduran terkecil. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang penelitian ini dalam bukunya tahun 2006, Mindset: The New Psychology Of Success.

Dari penelitian mereka, Dr. Dweck dan timnya dapat menempatkan orang ke dalam dua kategori:

Mereka yang memiliki teori kecerdasan "tetap" (mindset tetap). Orang dengan mindset tetap cenderung berpikir bahwa kemampuan apa pun yang mereka miliki tidak akan berubah apa pun yang mereka lakukan. Tidak ada ruang untuk perbaikan diri atau ide-ide baru dengan pola pikir ini.

Mereka yang percaya bahwa mereka mengendalikan kesuksesan mereka melalui pembelajaran dan kerja keras. Dengan kata lain mereka terbuka untuk peluang "pertumbuhan" dalam kecerdasan (mindset berkembang). Ada banyak kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Pengusaha terbaik menunjukkan pola pikir pertumbuhan.

Bagian yang menarik adalah bahwa siswa Dr. Dweck tidak perlu menyadari kecenderungan mereka terhadap pertumbuhan atau mindset tetap. Namun, ia dan timnya melihat dari perilaku seperti takut gagal yang membuat sebagian orang condong ke arah mindset tetap, sementara individu yang berpikiran tumbuh melihat kegagalan sebagai pengalaman belajar. Mereka yang berpikiran tumbuh tahu bahwa mereka dapat bangkit dan menerapkan apa yang mereka pelajari untuk usaha berikutnya.

Saya percaya bahwa inilah kuncinya. Anda tahu, jika Anda terus-menerus pada hal-hal tertentu, di situlah penekanan hidup Anda akan berada.

Anda akan selalu merasa terjebak dalam lumpur jika Anda memperbaiki kesalahan Anda sebelumnya.

Tetapi tidak ada waktu seperti sekarang.

Pada akhirnya, pikirkan betul apa yang membuat Anda bahagia dan lakukan saja. Hidup ini terlalu singkat untuk memikirkan hal-hal yang tidak terlalu penting!

Setelah Anda selesai berurusan dengan penolakan, Anda akan menjadi mesin orang yang tak terhentikan dibandingkan dengan sebagian besar rekan kerja Anda.

Jangan lupa: Kebanyakan orang juga takut ditolak. Anda akan memiliki keuntungan luar biasa.

Jadi mulailah untuk menyesuaikan tip di atas dan penolakan akan berada di kendali Anda.

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir