Bagaimana Saya Berubah Menjadi Lebih Baik? 11 Hal Kecil yang Harus Mulai Dilakukan Hari Ini

photo credit: Nicolai Berntsen via unsplash.com
Lihatlah ke sekeliling Anda - berapa banyak orang yang menurut Anda benar-benar bahagia dengan cara hidup mereka? Kemungkinannya sangat sedikit.

Sebagian besar dari kita dipenuhi dengan penyesalan dan kecemasan. Kami berharap kami melakukan berbagai hal secara berbeda. Jika kita dapat kembali ke masa lalu dan mengubah tindakan atau reaksi kita, kita akan melakukannya. Tetapi kenyataannya adalah, apa yang hilang sudah hilang.

Apa yang Anda miliki adalah saat ini dan kabar baiknya adalah tidak pernah ada kata terlambat untuk berubah. Bagaimanapun, kita memegang kendali hidup kita dan memiliki kekuatan untuk mengubah arahnya.

Jadi, berhentilah mengeluh dan bertanya, "bagaimana saya berubah menjadi lebih baik?" Karena ini saatnya untuk bertindak. Berikut adalah 11 hal kecil untuk mulai dilakukan hari ini dan menjadi versi diri Anda yang lebih baik:


1. Latih Otak Anda untuk Menjadi Optimis

Segala sesuatu yang dilemparkan kehidupan kepada kita tidak dalam kendali kita. Satu-satunya hal yang dapat kita kendalikan adalah pikiran, sikap, dan reaksi kita. Apakah Anda lebih suka bersikap sinis terhadap dunia atau mengadopsi pola pikir positif dan hidup yang lebih damai?

Menjadi optimis tidak semudah kedengarannya. Itu membutuhkan latihan dan banyak kondisi mental, tetapi itu pasti merupakan langkah maju menuju Anda yang lebih bahagia.

Jadi, berhentilah memberi makan otak Anda dengan semua self-talk yang sia-sia dan gantilah dengan afirmasi positif ini. Mulai jurnal rasa terima kasih juga, ini akan membantu.

2. Fokus pada Apa yang Bekerja
Tanyakan kepada orang-orang apa yang tidak bekerja dalam kehidupan mereka dan mereka dapat meningkatkan volume; tetapi tanyakan kepada mereka apa yang mereka syukuri dan mereka akan berhenti untuk berpikir.

"Bagaimana saya berubah menjadi lebih baik dengan melakukan ini?", Anda bertanya? Ya, ada banyak perubahan yang bisa Anda lakukan hanya dengan mengubah perspektif Anda. Ketika kita fokus pada hal-hal negatif dan terobsesi dengan apa yang tidak beres, kita kehilangan semua yang perlu kita syukuri. Ini hanya menambah stres dan menghambat pertumbuhan.

Cobalah fokus pada apa yang tepat untuk perubahan dan Anda akan menyadari bagaimana akhirnya Anda menarik lebih banyak perubahan.

3. Ambil Kepemilikan
Ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, kita cepat menyalahkan situasi, lingkungan kita, dan bahkan diri kita sendiri, tetapi bagaimana hal itu mengubah apa pun?

Berpegang pada kegagalan dan menyalahkan permainan adalah sia-sia. Ketika Anda mengambil kepemilikan atas tindakan Anda, Anda menyadari bahwa jauh lebih mudah untuk melepaskan dan melanjutkan. Anda dapat melihat melampaui 'kegagalan' dan mengatasinya untuk memulai bab berikutnya.

Dengan mengambil kepemilikan dan tanggung jawab, Anda merasa diberdayakan untuk membawa perubahan positif dalam hidup Anda - itu memotivasi Anda dan mendorong Anda untuk mendorong diri sendiri dan bertindak atas situasi itu daripada merajuk atau memanjakan diri sendiri.

4. Terbuka untuk Belajar
Kami terus berkembang dan tidak boleh ada akhir pembelajaran. Dari karier dan kehidupan sosial Anda hingga hubungan - memiliki pola pikir yang fleksibel dan terbuka sangat penting untuk berkembang dalam setiap aspek kehidupan Anda.

Orang yang berpikiran dekat tidak akan pernah bisa tumbuh karena mereka bertindak dari tempat kesombongan dan superioritas. Mereka membangun penghalang di sekitar mereka dan memiliki proses berpikir satu jalur.

Di sisi lain, menjadi pembelajar seumur hidup akan membuka Anda pada begitu banyak kemungkinan, hal itu membuat hidup menjadi menarik dan membuat Anda melihat melampaui apa yang Anda bayangkan sebelumnya. Anda melihat situasi secara objektif, tidak takut untuk menantang pikiran Anda dan menunjukkan sisi rentan Anda.

5. Jalani Hidup Anda Sendiri
Sebagian besar masalah kita muncul ketika kita membandingkan hidup kita dengan orang-orang di sekitar kita tanpa menyadari betapa tidak berdasarnya perbandingan ini.

Setiap orang memiliki perjalanan yang unik, dan tidak ada yang lebih baik dari yang lain. Membandingkan hidup Anda dengan orang lain membuat Anda cemas dan stres.

Terimalah di mana Anda berada dalam kehidupan, merangkul ketidaksempurnaan dan fokus pada hidup Anda karena rumput lebih hijau di tempat yang lebih baik dirawat. Alih-alih bersaing dengan rekan-rekan Anda, bersainglah dengan diri sendiri dan berjuang untuk tumbuh dan menjadi lebih baik setiap hari.

6. Bangun Hubungan yang Kuat dengan Diri Anda
Menjadi orang yang lebih baik bukan hanya tentang menjadi baik kepada orang lain, ini tentang menjadi yang baik untuk diri sendiri terlebih dahulu.

Berusahalah membangun hubungan yang kuat dengan diri Anda sendiri. Jika fondasi itu kuat, Anda cenderung menjadi orang yang lebih aman dan tidak membiarkan pikiran orang lain menjadi kenyataan hidup Anda.

Berlatih perawatan diri, belajar untuk mengutamakan kebutuhan Anda dan menerima diri Anda apa adanya. Tidak ada yang sempurna tetapi kesempurnaan tidak boleh menjadi tujuan. Perlakukan diri Anda sebagai karya dalam proses dan pelajari sepanjang jalan. Satu-satunya hal yang penting adalah pertumbuhan dan peningkatan diri, tidak peduli berapa usia Anda.

7. Perlakukan Orang dengan Hormat
Kita semua pernah mendengar ungkapan, "perlakukan orang lain dengan cara yang Anda inginkan diperlakukan".

Memperlakukan orang dengan hormat dan berempati dengan mereka menabur benih hubungan yang sehat. Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang benar-benar mencintai dan menghormati Anda dan tentu saja lingkungan yang berkembang.

8. Belajar Mengampuni
Mengampuni orang atas kesalahan mereka adalah pekerjaan yang sulit dan tidak mudah bagi siapa pun.

Bagaimana Anda melepaskan dan memaafkan seseorang karena telah melakukan kesalahan terhadap Anda? Dibutuhkan upaya dan keberanian besar untuk melakukannya tetapi ini penting karena jika bukan karena itu, Anda hanya akan menahan terlalu banyak amarah dan luka yang berdampak pada kesehatan mental Anda.

Jadi, bebaskan diri Anda dan belajar untuk memaafkan - Anda akan senang Anda melakukannya.

9. Jalani Hidup Sehat
Pikiran yang sehat dan tubuh yang sehat membuat Anda bahagia dan lebih baik.

Waspadai apa yang Anda makan, kebiasaan tidur, dan olahraga. Mengadopsi gaya hidup sehat mengarah pada produktivitas yang lebih baik, lebih sedikit stres, dan menambah disiplin dalam hidup Anda.
Mulailah memimpin gaya hidup sehat dengan kebiasaan baik .

10. Tetapkan Batas Sehat
Tidak semua orang di sekitar kita adalah penikmat yang baik. Ada beberapa orang yang tidak lain adalah sumber negatif. Jangan merasa bersalah karena menjauhkan mereka dari kehidupan Anda.

Perawatan diri adalah yang paling penting dan menetapkan batas-batas yang sehat dengan orang-orang beracun memungkinkan Anda melindungi diri sendiri.

Ingat - bukan tugas Anda untuk membuatnya bekerja dengan semua orang. Jika ada seseorang yang membuat Anda merasa buruk atau tidak bahagia, lebih baik Anda menjauh dari hubungan itu.

Jika Anda bergaul dengan orang-orang beracun, sebaiknya jauhkan diri Anda dari mereka:

11. Jangan Hidup Terlalu Serius
Banyak dari kita menganggap hidup terlalu serius - kita terjebak oleh kegagalan, kita menganggap penolakan sebagai akhir dunia, kita mengalahkan diri kita sendiri atas kesalahan kita dan kita terlalu terperangkap dalam pekerjaan sehari-hari yang membosankan.

Tiga puluh atau empat puluh tahun ke depan, bagaimana rasanya melihat ke belakang dan melihat bahwa Anda menjalani kehidupan yang penuh kesedihan, ketakutan, dan penyesalan?

Jangan memunculkan situasi seperti itu. Raih hari itu dan nikmati saat ini karena hari-hari ini tidak akan kembali.

Fakta bahwa Anda bertanya "bagaimana saya berubah menjadi lebih baik" adalah langkah pertama untuk mengarahkan hidup Anda ke arah yang positif. Jadi, buat perubahan kecil dalam sikap, persepsi, dan kebiasaan Anda ini dan Anda akan terkejut melihat bagaimana jalan di depan Anda lewati.

Hidup adalah apa yang Anda buat darinya - pilihan ada di tangan Anda.

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir