7 Teknik Komunikasi Paling Penting untuk Dikuasai di Tempat Kerja


Komunikasi di tempat kerja sangat penting untuk kesuksesan. Sukses untuk Anda sebagai individu dan kesuksesan untuk perusahaan. Tim bekerja jauh lebih baik dengan komunikasi yang jelas dan konsisten. Kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan baik berdampak langsung pada kesuksesan Anda, kesuksesan tim Anda, dan karenanya kesuksesan perusahaan.

Pada artikel ini, kita akan melihat mengapa komunikasi yang baik sangat penting di tempat kerja. Kami kemudian akan melihat 7 teknik komunikasi paling penting di tempat kerja yang perlu Anda ketahui. Anda akan dapat dengan jelas melihat mengapa memiliki keterampilan komunikasi yang kuat adalah harus memiliki sumber daya untuk kesuksesan Anda di tempat kerja.

Dengan itu, mari kita periksa mengapa komunikasi yang kuat sangat penting di tempat kerja.

Mengapa Komunikasi Sangat Penting di Tempat Kerja
Mampu berkomunikasi dengan baik akan membantu Anda dalam semua bidang pekerjaan Anda. Anda akan dapat bekerja lebih efektif dengan rekan kerja, atasan, dan klien Anda. Komunikasi yang kuat memengaruhi hubungan Anda dengan semua orang yang bekerja dengan Anda.

Jika Anda seorang pemimpin, penting bagi Anda untuk dapat menyampaikan informasi yang jelas kepada orang lain di tim Anda. Anda akan dapat membuat visi yang dapat dilihat semua orang. Anda dapat membagikan sasaran yang dapat diperoleh seluruh kelompok. Rasa tim yang jauh lebih baik dapat diciptakan oleh kemampuan Anda untuk berkomunikasi. Sebaliknya, Anda akan menjadi kapten kapal tanpa kemudi jika Anda tidak berkomunikasi dengan baik.




Komunikasi yang jelas penting dalam setiap bidang kehidupan kita. Dari tempat kerja kita hingga hubungan pribadi kita. Kita dapat melihat 3 bidang pekerjaan kita di mana komunikasi sangat penting:

Perusahaan
Tidak dapat diabaikan betapa pentingnya komunikasi yang jelas dari para pemimpin perusahaan. Ini adalah area yang mudah dikenali ya atau tidak?

Para pemimpin perusahaan yang menyampaikan pesan yang jelas tentang tujuan, nilai, dan budaya perusahaan memberikan pelayanan yang baik bagi semua orang. Ini membuat semua orang pergi ke arah yang sama. Sebagai perusahaan, Anda akan merekrut orang-orang yang selaras dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Semua orang tahu apa yang penting.

Perusahaan yang memiliki komunikasi buruk dari para pemimpin menderita karenanya. Orang yang bekerja untuk perusahaan tidak tahu apa yang penting. Mereka cenderung tidak tahu nilai-nilai perusahaan. Budaya menjadi sesuatu yang tidak bisa mereka ceritakan kepada siapa pun karena mereka tidak tahu.

Apakah kita mencoba untuk tumbuh tahun ini? Seberapa banyak? Apa yang kita pedulikan sebagai perusahaan? Bagaimana kita terus maju atau setidaknya berpacu dengan pesaing kita? Apa perkembangan baru di industri kami? Sulit untuk mengetahui jawaban ini jika Anda tidak pernah mendengarnya dari para pemimpin.

Tim Anda
Hampir setiap orang bekerja dengan tim sejenis. Tim Anda mungkin 2 atau mungkin dalam kelompok 20. Tidak masalah, Anda harus dapat berkomunikasi.

Kemungkinannya adalah Anda semua berada dalam satu departemen sehingga Anda bekerja menuju tujuan bersama. Mungkin itu adalah proyek yang siap diluncurkan atau direkrut untuk perusahaan Anda atau tim penjualan. Sangatlah penting untuk dapat berkomunikasi dengan jelas dengan anggota tim Anda lainnya tentang tujuan, proses, tantangan, dan persahabatan secara umum.

Bos Anda
Sangat penting untuk dapat berkomunikasi dengan jelas dengan atasan Anda. Memiliki hubungan yang baik dengan atasan Anda memiliki banyak keuntungan. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan agar menjadi sukses.

Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan bos Anda, Anda tidak akan bisa mendapatkan sumber daya yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Anda harus dapat memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang ditetapkan bos Anda sebagai keberhasilan dalam peran Anda. Semua ini tidak terjadi tanpa dialog terbuka yang solid dengan bos Anda.

Plus, mari kita menjadi nyata. Jauh lebih menyenangkan dan menarik untuk bekerja bagi bos yang Anda kenal baik dan memiliki hubungan kerja yang kuat.

7 Teknik Komunikasi Paling Penting di Tempat Kerja
Mari kita lihat beberapa teknik komunikasi yang dapat mengisi kesuksesan Anda di tempat kerja.

1. Tersedia
Salah satu cara termudah untuk memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja adalah dengan mudah tersedia. Saya telah bekerja untuk bos yang selalu siap untuk diajak bicara dan bersedia untuk terjun dan membantu. Saya sudah bekerja dengan rekan kerja yang selalu menutup pintu kantor mereka dan butuh 4 hari untuk mengembalikan email.




Coba tebak skenario mana yang menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik? Tidak terlalu sulit untuk mengetahui yang satu itu.

Dengan hanya tersedia Anda membantu menciptakan suasana komunikasi yang nyaman di tempat kerja.

2. Bersahabat
Bersikap ramah kepada orang-orang yang bekerja dengan Anda adalah cara lain yang cukup mudah untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik di tempat kerja. Memiliki sikap positif dan kepedulian terhadap orang-orang yang bekerja dengan Anda sangat membantu.

Ketika Anda memiliki sikap ramah dan memikat, orang-orang yang bekerja dengan Anda secara alami akan mengalir ke arah Anda. Mereka akan melihat Anda mudah didekati dan mudah membuka diri bagi Anda.

Jenis komunikasi ini mengarah pada kelompok yang bekerja dengan baik bersama dan menikmati berada di sekitar satu sama lain. Ini membantu untuk mengembangkan rasa tim yang baik di tempat kerja.

3. Jadilah Pendengar yang Baik
Saya sudah membahas ini di artikel lain, tetapi tentu saja harus diulang. Komunikasi yang baik bukan hanya tentang penyampaian informasi. Ini juga tentang menjadi pendengar yang baik untuk memahami sepenuhnya apa yang dikatakan seseorang.

Ketika Anda telah mengembangkan keterampilan mendengarkan dengan baik, Anda dapat sepenuhnya memproses apa yang dikatakan seseorang. Ini adalah misi penting untuk bekerja sama dengan seseorang.

Anda harus bisa mendapatkan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka komunikasikan kepada Anda. Ketika Anda sepenuhnya memahami seseorang, Anda dapat melakukan dialog komunikasi bolak-balik yang baik, dan menciptakan rasa tim dan keseimbangan yang hebat!

4. Bersihkan
Berbagi informasi dengan jelas adalah salah satu teknik komunikasi terpenting di tempat kerja. Saya telah bekerja dengan orang-orang yang dapat berbicara selama 30 menit dan saya lebih bingung tentang pertanyaan yang saya tanyakan di awal daripada ketika mereka menjawabnya.

Saya yakin kita semua mengenal seseorang yang dapat menghasilkan banyak kata yang keluar dari mulut mereka tetapi benar-benar tidak mengatakan apa-apa. Jangan menjadi orang ini. Yang dilakukannya hanyalah menghambat komunikasi.

Meskipun bagus untuk melakukan obrolan ringan ketika Anda berbagi informasi penting, sangat jelas tentang hal itu. Buat poin yang dibutuhkan dan jangan membangun banyak bulu di sekitarnya. Katakan apa yang dibutuhkan secara jelas. Tambahkan informasi lebih lanjut jika diperlukan. Kejelasan adalah kuncinya.

5. Waspadai Komunikasi Non Verbal
Ingat, komunikasi non verbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal. Tonton bahasa tubuh orang lain saat Anda berinteraksi dengan mereka.

Hal-hal seperti lengan menyilang dan cemberut harus menjadi sinyal besar bahwa seseorang tidak setuju dengan Anda atau tidak mengerti. Sama pentingnya untuk menyadari komunikasi non verbal Anda sendiri.

Lihatlah mata orang lain ketika berbicara dengan mereka. Memiliki postur terbuka ketika seseorang berbicara kepada Anda. Ini mencerminkan bahwa Anda terbuka terhadap apa yang mereka katakan.

Perhatikan isyarat komunikasi non verbal Anda dan orang lain.

6. Terbuka untuk Umpan Balik
Anggap ini sebagai seseorang yang bisa dilatih. Ini sangat penting menuju awal karir Anda tetapi juga sepanjang karir Anda.




Setiap orang memiliki bos. Bahkan jika Anda adalah presiden sebuah perusahaan, Anda memiliki bos - pelanggan Anda. Bersikap terbuka terhadap umpan balik dari atasan, kolega, dan pelanggan Anda. Banyak orang memiliki masalah dengan kritik konstruktif.

Saya menemukan ini adalah cara terbaik untuk belajar tentang diri Anda dan yang lebih penting, tingkatkan diri Anda. Jika Anda tidak mau mendengarkan umpan balik, Anda tidak akan pernah mengubah cara Anda melakukan sesuatu yang berarti Anda tidak akan pernah meningkatkan hasil Anda.

7. Berpikiran Terbuka
Pikirkan tentang ini. Jika Anda tidak berpikiran terbuka saat melakukan percakapan dengan seseorang, kemungkinan Anda tidak akan mendengarkan dengan baik. Anda akan terlalu sibuk merumuskan respons untuk berpikir secara objektif tentang apa yang dikatakan.

Memiliki pikiran terbuka akan memungkinkan Anda untuk melakukan dialog yang kuat dengan orang lain yang mengarah pada kerja sama untuk menyelesaikan masalah.

Pikiran terakhir
Keterampilan komunikasi yang kuat adalah keterampilan yang luar biasa untuk dimiliki di gudang senjata Anda. Keahlian komunikasi yang hebat akan membantu Anda dalam setiap fase kehidupan Anda. Ini berlaku untuk semua hubungan pribadi Anda dan juga kemitraan kerja Anda. Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak dari apa yang Anda inginkan ketika Anda berkomunikasi dengan baik. Sisi mendengarkan dari komunikasi membantu Anda memahami kebutuhan orang lain juga.

Kami telah melihat 7 teknik komunikasi paling penting di tempat kerja yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda membaca daftar, lihat apakah Anda merasa bisa memperbaiki teknik-teknik yang ada.

Tantang diri Anda untuk menjadi lebih baik di salah satu atau beberapa di antaranya, pekerjaan Anda akan berterima kasih!

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN 

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir