5 Cara untuk Membantu Diri Anda Meningkatkan Kekuatan Mental Anda

Ketika hidup menjatuhkan Anda dan membuat Anda merasa babak belur dan memar, bagaimana Anda membantu diri Anda kembali ke permainan?

Reaksi alami adalah menjadi panik dan khawatir. Mari kita hadapi itu, sebuah knockdown dapat melelahkan secara emosional dan mental.

Saya pikir kita semua bisa sepakat bahwa hidup dapat menjadi perjalanan roller coaster. Cara saya melihatnya adalah bahwa Anda bisa menjerit melalui jalan itu atau mengikat diri Anda dan bergerak dengan kekacauan.

Saya percaya bahwa perbedaan inti antara mereka yang berkembang melalui hidup, versus mereka yang berantakan pada tanda perjuangan pertama, adalah kekuatan mental mereka.

Kekuatan mental mengacu pada ketahanan dan kekuatan yang dimiliki orang untuk berperang melalui perjuangan dan kesuksesan. Ini adalah saus rahasia yang memungkinkan Anda mendorong keletihan masa lalu ketika semua yang dikatakan tubuh Anda berhenti, tetapi pikiran Anda menolak untuk menyerah.
photo credit: Jonas Verstuyft via unsplash.com

Pentingnya Meningkatkan Kekuatan Mental Anda?
Orang-orang yang kuat secara mental memutuskan sejak hari pertama bahwa mereka tidak akan membiarkan keadaan mereka untuk mendefinisikan atau menghancurkan mereka. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan mereka, mereka tidak meringkuk seperti bola dan menyerah.

Sebaliknya, mereka mundur, menyeka air mata mereka, dan menggunakan tantangan sebagai peluang untuk membuktikan kepada diri mereka sendiri dan dunia bahwa mereka dapat mengatasi apa saja.

Saya punya berita bagus. Kekuatan mental bukanlah sifat manusia super. Alih-alih, itu adalah sesuatu yang dapat Anda kembangkan dan kuasai, melalui coba-coba. Saya percaya bahwa kita semua memiliki kapasitas untuk menaklukkan tantangan terbesar kehidupan.

Luangkan waktu sejenak dan pikirkan kembali tantangan yang harus Anda atasi. Sifat apa yang harus Anda tarik untuk melewati masa sulit itu?

Kami tidak memberi diri kami penghargaan yang cukup untuk seberapa jauh kami datang, dan apa yang diperlukan untuk mencapai tempat kami hari ini. Saya menghadapi banyak kemunduran dalam hidup saya, salah satunya adalah kecelakaan mobil yang hampir membuat saya lumpuh.

Pada saat itu, adil untuk mengatakan bahwa menjadi "pam positif" tidak ada di daftar teratas saya. Ada banyak waktu ketika saya hanya ingin menyerah, tetapi saya tidak melakukannya. Hanya itu yang penting.

Saya berkomitmen untuk melakukan apa pun yang diminta dari saya untuk kembali lebih kuat dari sebelumnya.

Mari kita hadapi itu ... hidup tidak selalu seperti rencana Anda.

Terkadang Anda hanya perlu berguling dengan pukulan. Ketika hidup memukul Anda, mengapa tidak memukul balik lebih keras? Anda tidak akan rugi dengan mencoba. Tidak berarti saya sudah mengetahui semuanya. Tak satu pun dari kita yang melakukannya.
Namun, saya tahu bahwa masa-masa sulit telah membuat saya menjadi manusia yang lebih kuat dan lebih tangguh. 

Mengapa Kekuatan Mental Sulit Dicapai?
Pikiran Anda adalah alat yang ampuh. Ini bisa menjadi teman terbaik Anda atau musuh terburuk Anda. Inilah kickernya ... kita semua memiliki suara itu di dalam kepala kita, atau dikenal sebagai kritik batin Anda.

Alih-alih berempati dengan Anda, suara ini menikmati kesenangan mengalahkan Anda dan berusaha meyakinkan Anda bahwa Anda bukan CEO hidup Anda.

  • Anda tidak cukup kuat
  • Anda kacau.
  • Anda tidak bisa melewati ini.
  • Kamu tidak layak bahagia.

Sayangnya, banyak orang membiarkan suara ini meredupkan cahaya mereka dan menentukan setiap keputusan dalam hidup mereka. Intinya adalah bahwa kritik batin Anda merampas kekuatan mental Anda. Namun, penting untuk tidak membungkam suara ini tanpa memahami dari mana asalnya.

Banyak orang yang terjebak dalam anggapan bahwa, karena mereka memikirkan hal-hal buruk tentang diri mereka sendiri, mereka pasti benar. benar? Salah.

Pada kenyataannya, kritik batin Anda adalah anak batin Anda. Psikolog percaya suara-suara ini adalah residu dari pengalaman masa kecil. Kita menjadi terbiasa hidup sesuai dengan narasi ini sehingga kita bahkan tidak memperhatikan atau menanyai mereka.

Ironisnya, kritik batin Anda hanya ingin membantu Anda. Bicara tentang permainan pikiran yang terbaik! Saya ingin mengusulkan perspektif yang berbeda. Alih-alih bertarung dengan suara kritis ini, apa yang akan terjadi jika Anda membingkai ulang maksud di baliknya?

Bantu diri Anda dengan mengubah kritik batin Anda menjadi pelatih batin Anda. Sementara seorang kritikus menjatuhkan Anda, seorang pelatih menantang Anda untuk menemukan solusi dan memberi Anda kepercayaan diri untuk menghadapi rintangan baru dengan keberanian, keanggunan, dan tekad.

Misalnya, Anda dapat mengatakan dengan lantang kepada diri Anda sendiri, "Kritik, terima kasih telah berusaha begitu keras untuk membuat saya aman tetapi sekarang saatnya bagi Anda untuk minggir sekarang. Saya punya ini. "

Keindahan hidup adalah bahwa, pada saat tertentu, Anda memiliki kekuatan untuk menulis ulang kisah Anda dan melepaskan kekuatan yang selalu menjadi bagian dari diri Anda.

5 Cara untuk Membantu Diri Anda Meningkatkan Kekuatan Mental Anda
Jadi, dari mana kita pergi?

Nah, saya ingin Anda memikirkan pikiran Anda seolah-olah itu otot. Sama seperti Anda pergi ke gym dan bekerja untuk membangun kekuatan fisik Anda, Anda harus berkomitmen untuk melenturkan otot mental Anda juga.

Pada akhirnya, kesuksesan adalah permainan pola pikir. Seperti yang dikatakan Tony Robbins,

    “80 persen kesuksesan adalah karena psikologi — pola pikir, kepercayaan, dan emosi — dan hanya 20 persen yang disebabkan oleh strategi — langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mencapai hasil.”

Apakah tujuan Anda adalah menjadi atlet profesional, mengatasi cedera, atau menjadi orang yang lebih tangguh secara emosional, kekuatan mental adalah tiket yang akan membantu Anda sampai di sana.

Mari kita jelajahi 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan mental Anda.

1. Kembangkan Keyakinan yang tak tergoyahkan
Tidak ada yang dilahirkan dengan keyakinan yang tak tergoyahkan. Siapa pun yang Anda temui yang memiliki sifat ini memilikinya karena mereka telah bekerja tanpa lelah untuk membangunnya.

Ketika hidup menjatuhkan Anda, itu bisa membuat kepercayaan diri Anda menurun drastis. Jika Anda tidak percaya pada kemampuan Anda untuk mengatasi peluang yang ditumpuk terhadap Anda, Anda akan menyerah pada tanda kegagalan pertama.

Seperti pernah dikatakan Maxwell Maltz,

    "Harga diri rendah seperti mengemudi seumur hidup dengan rem tanganmu menyala."

Kekuatan mental adalah hal yang memungkinkan Anda menerima pukulan dan memantul ke depan sehingga meskipun Anda memar, Anda tidak dikalahkan.

Siapa pun dapat memperkuat otot kepercayaan diri mereka. Pertanyaannya adalah, “Bagaimana Anda mempraktikkan rasa percaya diri ketika Anda tidak merasa memiliki sesuatu yang harus Anda percayai?”

Kita semua mengalami keraguan diri pada titik tertentu dalam hidup kita. Namun, orang-orang sukses tidak membiarkan diri mereka dikuasai oleh emosi negatif.

Menjadi sukses dalam hidup adalah semua tentang mengembangkan dan mengkondisikan keyakinan inti positif setiap hari. Inilah sebabnya saya sangat percaya pada kekuatan melafalkan afirmasi positif.

Anda harus percaya bahwa Anda lebih baik daripada keyakinan Anda yang membatasi. Saat ragu, berpura-puralah sampai Anda merasakannya. Begitu Anda mulai percaya bahwa Anda luar biasa dan mampu mencapai apa pun, Anda secara alami mulai mewujudkan perasaan itu.

2. Ambil Tanggung Jawab untuk Hidup Anda
Ketika rasanya dunia mengalah pada Anda, mudah untuk menyalahkan dunia atas masalah Anda. Namun, mengadopsi pola pikir ini hanya berfungsi untuk melemahkan Anda.

Jika Anda terus-menerus berkata, "Hal-hal buruk selalu terjadi pada saya", hidup akan terus-menerus terasa seperti perjuangan. Semesta mendengarkan, jadi berhati-hatilah dengan kata-kata yang Anda ucapkan.

Anda tidak bisa menunggu seseorang untuk datang dan membuat hidup Anda lebih baik. Anda memiliki kekuatan untuk mengambil tanggung jawab atas hidup Anda - ini termasuk yang baik, yang buruk dan yang jelek.

Tidak ada mimpi atau tujuan yang akan menyelamatkan Anda. Semakin cepat Anda menerima dan mulai menjalankan kebenaran itu, semakin cepat Anda melangkah ke dalam kekuatan Anda.

3. Reframe Kemunduran sebagai Rambu-Rambu untuk Pertumbuhan
Kemunduran tidak fatal atau permanen. Pada kenyataannya, ada saat-saat ketika dihempaskan oleh kehidupan sangat dibutuhkan. Saya tahu ini kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi izinkan saya menjelaskannya.

Kadang-kadang Anda harus mencapai ambang emosional atau dasar sebelum Anda akhirnya siap untuk mengubah hidup Anda. Jika Anda merasa berada di bawah sekarang, kabar baiknya adalah Anda tidak bisa lebih rendah. Satu-satunya cara adalah naik!

Saya percaya bahwa memukul batu dapat menjadi katalisator untuk transformasi pribadi dan fondasi bagi siapa pun yang dapat membangun kembali kehidupan mereka.

Saya suka menganggap kemunduran sebagai rambu-rambu yang ada untuk membuat saya bangun. Setiap kali saya merasa mandek, saya menjadi terlalu nyaman di lingkungan saya atau saya belum mendengarkan intuisi saya.

Kemunduran menawarkan peluang besar untuk mengarahkan dan memfokuskan kembali hidup Anda, tetapi terserah Anda untuk melihatnya seperti itu. Saya mendorong Anda untuk membingkai ulang tantangan Anda sebagai peluang untuk pertumbuhan.

Lain kali jika tidak ada yang berjalan sesuai keinginan Anda, mundurlah dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut - "Apa tantangan ini mengajari saya tentang diri saya, dan peluang apa yang tersembunyi di tengah-tengah rasa sakit?"

Setiap masalah memiliki kelebihan. Terserah Anda untuk menemukannya. Ketika Anda belajar bagaimana merangkul tantangan Anda, Anda lebih mampu melihat setiap tantangan di masa depan mati di mata dan mengedipkan mata.

4. Kuasai Emosi Anda
Ketika segalanya berantakan, bagaimana reaksi Anda? Apakah Anda panik dan kehilangan kendali, atau apakah Anda duduk, menilai situasi dan mengambil tindakan?

Anda tidak selalu bisa mengendalikan perasaan Anda. Perasaan dimaksudkan untuk dirasakan dalam totalitasnya. Satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah bagaimana Anda merespons perasaan Anda.

Anda mungkin dapat memengaruhi hasil tertentu, tetapi segala sesuatu yang lain berada di luar kendali Anda. Jika Anda tidak menguasai emosi Anda, mereka akhirnya akan menguasai Anda.

Psikolog, Lisa Feldman Barrett menyarankan dalam bukunya Bagaimana Emosi Dibuat: Kehidupan Rahasia Otak bahwa emosi tidak terjadi pada kita tanpa kemauan kita. Sebaliknya, kita membangun emosi kita dengan membuat prediksi menggunakan pengalaman masa lalu kita.

Garis pemikiran ini mendukung keyakinan bahwa Anda adalah pencipta realitas Anda sendiri. Ini berarti bahwa Anda, dan akan selalu, mengendalikan hidup dan emosi Anda.

Cara terbaik untuk memiliki kontrol lebih besar atas respons emosional Anda adalah bergerak sepanjang hari dengan lebih penuh perhatian. Ini datang untuk hadir dan lebih sadar akan diri sendiri, pengalaman Anda, dan bagaimana Anda berpartisipasi dengan mereka.

Lain kali ketika Anda merasa diri Anda kewalahan, tarik napas panjang dan tenangkan pusat emosi Anda. Beri diri Anda waktu dan ruang untuk memilih bagaimana Anda akan merespons.

Ketika Anda belajar bagaimana memisahkan emosi Anda dari respons emosional Anda, Anda dapat secara proaktif bukannya secara reaktif menghadapi dan mengatasi tantangan hidup.

5. Melangkah ke Luar Zona Nyaman Anda
Saya percaya bahwa kenyamanan adalah musuh kemajuan. Zona kenyamanan Anda adalah tempat yang aman untuk hang out, tetapi tidak ada yang tumbuh di sana. Jangan salah paham, ketidakpastian tidak selalu terasa baik.

Namun, jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi lebih kuat secara mental, Anda harus mau mencoba dan baik-baik saja dengan kemungkinan gagal.

Penelitian baru dari Universitas Yale menunjukkan bahwa ketidakpastian mengirimkan sinyal ke otak untuk memulai proses pembelajaran. Ini berarti bahwa situasi tidak stabil yang membuat Anda merasa tidak nyaman sangat penting untuk kemampuan Anda untuk tumbuh dan sukses.

Apakah Anda berpikir bahwa beberapa orang paling sukses di dunia ini mencapai tempat mereka hari ini dengan minum Es kelapa muda dan duduk di pantai? Benar-benar tidak.

Mereka bekerja tanpa lelah dan banyak mengambil risiko untuk mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan. Singkatnya, mereka mengambil tindakan besar, terlepas dari ketakutan mereka. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak takut?

Anda tidak di sini untuk duduk di sela-sela kehidupan dan menonton segala sesuatu dan semua orang melewati Anda. Anda memiliki hadiah yang ditunggu dunia. Satu-satunya cara agar setiap orang mendapat manfaat dari ilham Anda adalah jika Anda merasa nyaman karena merasa tidak nyaman.

Saya menantang Anda untuk melakukan satu hal setiap hari yang meregangkan otot mental Anda. Itulah cara Anda menjadi pendorong nasib Anda.

Pikiran terakhir
Mulai hari ini, berkomitmen untuk membantu diri Anda menjadi lebih kuat secara mental.
Kekuatan mental Anda lebih besar daripada rintangan atau kesulitan apa pun. Anda dapat memilih untuk tetap di tanah dan bermain sebagai korban, atau Anda dapat bangkit dan mengubah rasa sakit Anda menjadi kemungkinan.

Seperti yang pernah dikatakan seseorang,

    "Dinding terbesar yang harus Anda panjat adalah yang Anda bangun di pikiran Anda."

Apa pun yang Anda lakukan, teruslah bergerak, dan jangan berhenti sampai Anda mencapai puncak. Saya berjanji bahwa pandangan itu akan sangat berharga.

Apakah Anda siap menunjukkan kehidupan siapa bos?

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir