10 Cara untuk Menemukan Motivasi Belajar (Bahkan Setelah Anda Lulus)

Sebagai manusia, kita memiliki keinginan untuk belajar dan memperluas pengetahuan kita untuk tumbuh dan berkembang. Jenis pembelajaran dapat berbeda antara orang-orang. Beberapa orang suka mendengar tentang apa yang dilakukan orang lain — gosip — yang lain suka membaca buku tentang alam dan beberapa senang membaca berita. Kita semua memilikinya dan dibangun di dalamnya.

Seperti semua pembelajaran, sebagian dari pengetahuan yang diperoleh bermanfaat dan sebagian lainnya kurang bermanfaat. Menggesek dan mengomentari berita terbaru tidak akan banyak mengembangkan Anda sebagai seseorang, dan kemungkinan besar akan membuat Anda marah, sedih atau bahagia, tergantung pada sudut pandang Anda.
photo credit: Lonely Planet via unsplash.com

Sementara pengetahuan lain, seperti mempelajari keterampilan baru atau bahasa baru, dapat membantu Anda untuk tumbuh secara intelektual dan memberi Anda keterampilan yang dapat mengarah pada prospek karier yang lebih baik dan peningkatan pendapatan Anda.

Kesulitan bagi banyak orang adalah menemukan motivasi belajar setelah menyelesaikan pendidikan formal. Sebagai contoh, saya tidak menikmati belajar bahasa ketika saya masih di sekolah. Sekarang, bertahun-tahun setelah saya meninggalkan sekolah, saya merasa sulit untuk memotivasi diri saya sendiri untuk belajar bahasa di negara tempat saya tinggal, walaupun untuk melakukannya akan sangat meningkatkan potensi pertumbuhan pendapatan saya dan memungkinkan saya untuk mendapatkan teman baru.



Kita hidup di zaman yang berubah dengan cepat. Pekerjaan yang kami lakukan hari ini berisiko digantikan oleh otomatisasi dan AI. Jika kita ingin terus tumbuh dan berkembang, kita perlu memastikan bahwa kita mempelajari keterampilan baru lebih cepat daripada otomatisasi, dan AI dapat mengikutinya.

Jadi, berikut ini sejumlah cara yang dapat membantu memotivasi Anda untuk terus belajar setelah lulus dari sekolah.

1. Anda Dapat Memilih Apa yang Anda Pelajari
Ketika kami di sekolah, kami tidak punya banyak pilihan tentang apa yang kami pelajari. Kita semua belajar untuk hal yang sama.

Dalam kasus saya, mata pelajaran dasar adalah matematika, bahasa (Inggris, Jawa dan Sunda) dan sains. Tidak masalah saya membenci matematika, saya masih harus mempelajarinya.

Hari ini, saya dapat memilih apa yang ingin saya pelajari. Itu membuat belajar hal-hal baru sangat menyenangkan. Selama dua belas bulan terakhir, saya telah belajar tentang pemrograman neuro-linguistik (NLP), pemasaran media sosial, dan meditasi. Semua mata pelajaran ini sangat menarik dan menyenangkan untuk dipelajari.

2. Ingatkan Diri dari Hasil
Salah satu hal yang saya pilih untuk dipelajari tahun ini adalah bahasa Korea. Saya tinggal di Korea dan memiliki apa yang saya gambarkan sebagai 'bertahan hidup Korea', tetapi saya ingin menjadikan kemampuan saya untuk berkomunikasi dalam bahasa Korea menjadi lancar.

Saya tidak menikmati belajar bahasa, terutama karena itu adalah proses yang lambat. Jadi pada hari-hari saya sedang tidak 'ingin belajar', saya mengingatkan diri sendiri mengapa saya mempelajarinya.

Saya membayangkan bisa berjalan ke toko atau restoran dan berbicara penuh dengan staf. Atau naik taksi dan mendiskusikan berita terbaru dengan pengemudi. Melakukan ini dengan sangat cepat membuat saya kembali 'dalam suasana hati' dan saya segera belajar lebih banyak kata kerja, kata benda dan konjugasi.

3. Jadikan “Mengapa” Anda untuk Belajar Secara Emosional Kuat
Mempelajari sesuatu yang baru sehingga Anda dapat memenangkan pertengkaran di kantor Anda sepertinya bukan alasan kuat untuk mempelajari sesuatu yang baru. Tentu saja, kemenangan sesaat itu mungkin memberikan sedikit kepuasan tetapi itu tidak akan bertahan lama.

Tetapi jika alasan Anda untuk belajar adalah agar Anda mengembangkan keterampilan baru yang akan membuat pekerjaan Anda lebih baik atau lebih efisien, Anda akan selalu memiliki insentif yang kuat untuk terus belajar.

Sebelum memulai proyek pembelajaran baru, pikirkan mengapa Anda ingin mempelajari mata pelajaran khusus itu dan pastikan alasannya kuat dan terhubung dengan beberapa bentuk kebutuhan emosional.

Ketika alasan Anda terhubung dengan emosi seperti kebahagiaan, cinta atau kepuasan, Anda akan selalu menemukan motivasi untuk duduk dan belajar.

4. Punya Tujuan
Tujuan saya untuk belajar bahasa Korea adalah melakukan presentasi seperti TED dalam bahasa Korea pada bulan Juni tahun depan. Setiap kali saya duduk untuk belajar bahasa Korea, saya mengingatkan diri sendiri tentang tujuan saya dan saya membayangkan memperkenalkan diri dalam bahasa Korea kepada hadirin.

Tapi tidak hanya itu, saya juga ingin berbicara bahasa itu dengan baik sehingga jika seseorang mendengarkan saya di radio atau di podcast, mereka tidak akan dapat mengatakan bahwa saya adalah penutur non-asli Korea. Tujuan ini tidak hanya memberi saya tekanan waktu (berbicara dengan lancar pada bulan Juni tahun depan), tetapi juga memberi saya kegembiraan karena saya bisa membayangkan bagaimana perasaan saya ketika saya duduk setelah memberikan ceramah.

5. Campur Cara Anda Belajar
Ketika saya masih di universitas, hanya ada satu cara untuk belajar dan belajar - baca buku pelajaran. Gelar saya di bidang hukum dan jika Anda tidak pernah duduk untuk membaca buku teks hukum pertanahan, Anda tidak pernah menemukan betapa membosankannya buku teks itu.



Hari ini, kita memiliki banyak cara untuk belajar. Kita dapat mulai dengan Wikipedia untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang suatu subjek, kemudian kita dapat melakukan pencarian di Amazon untuk menemukan buku tentang subjek tersebut, dan kita dapat pergi ke YouTube dan menonton video tentang subjek tersebut. Ketiga jalan pembelajaran yang saya gunakan baru-baru ini ketika saya belajar tentang pemrograman neuro-linguistik.

Itu menyenangkan dan menyenangkan. Saya dapat memilih cara yang ingin saya pelajari tergantung pada suasana hati saya.

6. Bergabunglah dengan Grup Online
Kelompok diskusi adalah cara yang bagus untuk mempertahankan motivasi Anda ketika belajar. Facebook, Quora dan WhatsApp semuanya memiliki grup pengguna yang dapat Anda ikuti untuk terlibat dalam grup diskusi dan menjawab pertanyaan Anda.

Anda bahkan dapat memposting pertanyaan di Twitter dan dengan tagar yang tepat, menarik orang lain dari seluruh dunia untuk menjawab pertanyaan Anda atau terlibat dalam diskusi.

Jika motivasi Anda memudar, kirimkan pertanyaan di salah satu kelompok ini dan lihat apa yang terjadi. Anda akan segera menemukan motivasi Anda lagi.

7. Tetapkan Waktu Tetap Setiap Hari untuk Belajar
Yang ini benar-benar bekerja untuk saya. Awal tahun ini, saya memutuskan untuk mulai bangun jam 5 pagi (untuk bergabung dengan Klub 5:00 Robin Sharma). Pertanyaan saya adalah: apa yang akan saya lakukan antara jam 5 pagi dan 6 pagi? Jawabannya bagi saya adalah menggunakan waktu itu untuk belajar bahasa Korea.

Sekarang, enam bulan dalam perjalanan, saya suka bangun jam 5 pagi, dan duduk dengan kopi pagi dan belajar bahasa Korea. Saya mulai dengan melakukan pengenalan diri saya sambil berjalan di sekitar ruang tamu saya membayangkan tampil di depan penonton. Saya kemudian menghabiskan dua puluh menit untuk belajar kata kerja baru dan saya selesai menonton video dari guru bahasa Korea favorit saya (Unnie Korea [2]) di YouTube. Enam bulan kemudian dan ketika saya bangun, saya tahu persis apa yang akan saya lakukan dan saya tidak memiliki kesulitan dengan motivasi.

8. Buat Tujuan Mini
Beberapa bulan yang lalu, saya menetapkan tujuan untuk dapat meminta seorang sopir taksi untuk menurunkan saya di depan stasiun kereta bawah tanah. Ini adalah sesuatu yang secara rutin ingin saya lakukan tetapi tidak tahu persis bagaimana melakukannya. Jadi saya bertanya kepada seorang teman Korea saya bagaimana cara mengucapkan kalimat itu dan saya kemudian menghabiskan beberapa sesi belajar mempraktikkannya.

Kali berikutnya saya naik taksi, saya menggunakan ungkapan itu untuk meminta sopir taksi menurunkan saya di depan stasiun kereta bawah tanah dan dia mengerti saya dengan sempurna. WOW! Perasaan bangga yang saya miliki sangat fantastis. Ini memberi saya lebih banyak motivasi untuk terus menemukan frasa lain yang ingin saya pelajari untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menetapkan tujuan mini yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kemajuan Anda adalah cara yang pasti untuk membuat Anda tetap termotivasi untuk melanjutkan perjalanan belajar Anda.

9. Carilah Berbagai Cara untuk Belajar
Setiap kali Anda menemukan motivasi Anda menghilang, ubah cara Anda belajar.

Tahun lalu, saya memutuskan ingin belajar cara menggunakan Adobe InDesign dan saya mulai belajar di YouTube dengan salah satu pakar Adobe favorit saya, Terry White. Terry White telah mengumpulkan serangkaian video yang disebut "Cara Memulai Dengan ..." dan video ini fantastis untuk Anda mulai. Setelah saya menyelesaikan video itu, saya mendaftar dalam kursus online di Skillshare yang membawa pemahaman saya tentang InDesign ke tingkat berikutnya dan begitu selesai, saya memberikan diri saya sebuah proyek untuk mengembangkan buku kerja di InDesign.

Ketika saya sedang membuat buku kerja, ada beberapa hal lagi yang perlu saya pelajari, jadi saya mencari Google untuk mempelajari cara melakukannya.

Pada akhir tiga bulan, saya mahir menggunakan InDesign dan sekarang menjadi salah satu alat Adobe favorit saya. Dengan mencampuradukkan cara saya belajar, saya mendapati diri saya termotivasi dan ingin belajar lebih banyak.

10. Berikan Mini-Imimu Sendiri
Ini adalah cara yang bagus untuk membuat Anda tetap termotivasi. Ketika Anda telah berhasil menyelesaikan bidang pembelajaran baru, hadiahi diri Anda sendiri. Hadiahnya bisa berupa malam bersama teman-teman Anda untuk merayakan keberhasilan menguasai area baru, atau bisa juga membeli sendiri mainan baru.



Memiliki hadiah mini ini menyentuh bagian "kesenangan / sakit" dari otak Anda dan otak Anda segera mulai memahami bahwa ketika Anda berhasil belajar, sesuatu yang menyenangkan terjadi. Ketika otak Anda memahami hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengingatkan diri sendiri tentang hadiah yang akan datang kapan pun Anda merasa kurang motivasi dan motivasi Anda akan segera kembali.

Pikiran terakhir
Mempelajari sesuatu yang baru bisa jadi sulit. Dalam kegembiraan awal, mudah untuk termotivasi untuk belajar; tetapi seiring berjalannya waktu, kegembiraan awal itu surut dan Anda perlu menemukan cara lain untuk memotivasi diri sendiri.

Sepuluh tips ini akan membantu untuk memastikan ketika Anda telah melalui antusiasme awal dan belajar lebih banyak menjadi sulit, Anda memiliki sarana untuk termotivasi untuk melanjutkan perjalanan Anda dan memperluas pengetahuan Anda.

WWW.PARAPAKAR.COM TEMPATNYA MOTIVASI KEHIDUPAN 

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir