Kisah Ray Kroc Mendirikan McDonalds


cerita sukses Ray Kroc
Sumber gambar https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:McDonalds_Museum.jpg

“Jika saya memiliki batu bata untuk setiap kali saya mengulang ungkapan Kualitas, Layanan, Kebersihan, dan Nilai, saya pikir saya mungkin bisa menjembatani Samudera Atlantik dengan mereka.” —Ray Kroc


Bagaimana Anda menciptakan kerajaan restoran dan menjadi sukses dalam semalam di usia 52 tahun? Seperti kata Ray Kroc, "Saya sukses dalam semalam, tetapi 30 tahun adalah malam yang panjang dan panjang."

Origins Pada tahun 1917, Ray Kroc, 15 tahun berbohong tentang usianya untuk bergabung dengan Palang Merah sebagai sopir ambulans, tetapi perang berakhir sebelum pelatihannya selesai. Dia kemudian bekerja sebagai pemain piano, penjual cangkir kertas dan penjual multi-mixer.

Pada tahun 1954 dia terkejut dengan pesanan besar untuk 8 multi-mixer dari sebuah restoran di San Bernardino, California. Di sana ia menemukan restoran kecil namun sukses yang dijalankan oleh saudara Dick dan Mac McDonald, dan tercengang oleh efektivitas operasi mereka. Mereka menghasilkan menu terbatas, berkonsentrasi hanya pada beberapa barang — burger, kentang goreng, dan minuman — yang memungkinkan mereka untuk fokus pada kualitas di setiap langkah.

Baca juga: Kisah yang tak terhitung dari Larry Page yang luar biasa (Episode 1)

Kroc meluncurkan visinya untuk membuat restoran McDonald di seluruh AS kepada saudara-saudaranya. Pada tahun 1955 ia mendirikan McDonald's Corporation, dan 5 tahun kemudian membeli hak eksklusif atas nama McDonald. Pada tahun 1958, McDonald telah menjual 100 juta hamburgernya.

Filosofi yang UnikRay Kroc ingin membangun sistem restoran yang terkenal akan makanan dengan metode persiapan dan kualitas yang konsisten berkualitas tinggi. Dia ingin menyajikan burger, roti, kentang goreng, dan minuman yang rasanya sama di Alaska seperti yang mereka lakukan di Alabama.

Untuk mencapai hal ini, ia memilih jalur yang unik: membujuk para pemilik waralaba dan pemasok untuk membeli visinya, bekerja bukan untuk McDonald's, tetapi untuk diri mereka sendiri, bersama dengan McDonald's. Dia mempromosikan slogan, "Dalam bisnis untuk Anda sendiri, tetapi tidak sendirian." Filosofinya didasarkan pada prinsip sederhana dari bangku 3 kaki: satu kaki adalah milik McDonald, yang kedua, pewaralaba, dan yang ketiga, pemasok McDonald. Bangku hanya sekuat 3 kaki.

Menghargai InnovationRay Kroc percaya pada semangat kewirausahaan, dan menghadiahi franchisee untuk kreativitas individu. Banyak menu McDonald's yang paling terkenal — seperti Big Mac, Filet-O-Fish, dan Egg McMuffin — diciptakan oleh pewaralaba. Pada saat yang sama, sistem operasi McDonald bersikeras pewaralaba mengikuti prinsip-prinsip inti kualitas, layanan, kebersihan, dan nilai McDonald's.

Gairah kualitas QualityMcDonald untuk kualitas berarti bahwa setiap bahan tunggal diuji, dicicipi, dan disempurnakan agar sesuai dengan sistem operasi. Ketika restoran meledak, volume pesanan yang sangat besar menarik perhatian pemasok, yang mulai mengambil standar McDonald seserius apa yang dilakukan McDonald's. Ketika restoran cepat saji lainnya mulai mengikuti, standar tinggi McDonald's beriak melalui industri daging, hasil bumi, dan susu. Sekali lagi, Ray Kroc mencari kemitraan — kali ini dengan pemasok McDonald — dan ia berhasil menciptakan sistem pasokan yang paling terintegrasi, efisien, dan inovatif dalam industri jasa makanan. Hubungan pemasok ini telah berkembang selama beberapa dekade: pada kenyataannya, banyak pemasok McDonald yang beroperasi hari ini memulai bisnis pertamanya dengan jabat tangan dari Ray Kroc.

Hamburger UniversityPada tahun 1961, Ray meluncurkan program pelatihan, yang kemudian disebut Hamburger University, di sebuah restoran baru di Elk Grove Village, Illinois. Di sana, pewaralaba dan operator dilatih dalam metode ilmiah untuk menjalankan McDonald's yang sukses. Hamburger U juga memiliki laboratorium penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan metode memasak, membekukan, menyimpan, dan melayani yang baru. Hari ini, lebih dari 80.000 orang telah lulus dari program ini.

The End of a Legend Sampai mati pada 14 Januari 1984, Ray Kroc tidak pernah berhenti bekerja untuk McDonald's. Bahkan ketika dia dikurung di kursi roda, dia masih bekerja di kantor di San Diego hampir setiap hari. Dia akan terus mengawasi restoran McDonald's di dekat kantornya, menelpon manajer untuk mengingatkan dia untuk mengambil sampah, membersihkan lahannya, dan menyalakan lampu di malam hari.

Dari kegemarannya akan inovasi dan efisiensi, hingga pengejaran kualitasnya yang tiada henti, dan banyak sumbangannya, warisan Ray Kroc terus menjadi bagian integral dari McDonald's saat ini.

 Sumber-sumber

    Menggilingnya: Pembuatan McDonald oleh Ray A. Kroc, © Ray A. Kroc 1977.
    McDonalds: Di Balik Lengkungan Emas oleh John F. Love © John F. Love 1995.
    aboutmcdonalds.com 2009.

Artikel terkait
cerita sukses Ray Kroc
kisah sukses
cerita motivasi hidup
cerita motivasi pengusaha
motivasi pengusaha
kata kata motivasi buat diri sendiri
kata kata motivasi keren
kata2 motivasi hidup
kata2 bijak motivasi
motivasi penyemangat

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir