Bagaimana Jack Ma mengatasi kegagalan terbesarnya untuk menjadi orang terkaya di Cina


Seorang bocah kecil pernah percaya bahwa semuanya mungkin, asalkan Anda mencoba yang terbaik untuk itu. Tumbuh dewasa, dia harus menghadapi ujung pisau lebih banyak dari yang dia mau hitung. Dia menghadapi serangkaian pintu tertutup, baik ketika dia berusaha lulus kuliah atau ketika dia ditolak untuk 30 pekerjaan yang berbeda. Dan di suatu tempat, optimismenya mulai dirusak oleh pengalaman. Menolak untuk dibujuk, ia mengadopsi mantra baru dan lebih praktis dari waktu ke waktu - ketekunan adalah kuncinya.

Bocah kecil ini tumbuh menjadi tidak lain adalah Jack Ma, Pendiri Alibaba. Pada Maret 2016, perusahaan e-commerce China terkemuka ini membanggakan pendapatan bersih CN ¥ 71,46 miliar. Sementara kisah luar biasa Jack Ma menghasilkan $ 12 per bulan untuk menjadi miliarder adalah lukisan definitif untuk kisah kekayaan, ia mengaitkan keberhasilannya yang gemilang dengan upaya tanpa henti atas peruntungan.

"Jangan menyerah. Hari ini sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi sinar matahari, ”dia sering berkata.

Dan hari ini, kegigihan keras kepala seorang pemuda yang menolak untuk membungkuk pada nasib akhirnya terbayarkan. Yang tidak mengejutkan siapa pun, Jack Ma baru-baru ini mengumumkan orang terkaya di seluruh China, dan salah satu miliarder teratas di Asia juga.
Bagi Ma, keberhasilan ini hari ini telah datang dengan harga mudanya di suatu tempat, di mana dia melangkah satu kaki ke pasir lebih sering daripada yang bisa dia hitung hari ini. Namun, ini juga mengajarkannya untuk menjaga satu kaki di tanah dan menarik jalannya kembali ke tanah aman dan melihat langkahnya di masa depan.

Seperti banyak legenda sebelumnya, Jack Ma menolak untuk diberi tahu tidak. Dan seperti idol fiksinya, Forest Gump, dia berlari seperti neraka menuju garis finishnya sendiri tidak peduli tantangan yang dilontarkan kepadanya. Dari usia yang sangat muda, Ma menyadari kegagalan dan kelemahannya, dan belajar untuk terus mengerjakannya sampai suatu hari, mereka menjadi poin hadiahnya.

Datang usia
“Saya gagal dalam ujian saya untuk universitas dua kali sebelum saya diterima oleh universitas negeri saya yang paling buruk, yaitu Hangzhou Teachers University. Saya sedang belajar untuk menjadi guru bahasa Inggris sekolah menengah. Di universitas saya, saya terpilih sebagai ketua mahasiswa dan kemudian menjadi ketua Federasi Mahasiswa kota. ”
Datang terakhir di kelas dapat berdampak serius pada harga diri setiap anak, membuat mereka merasa benar-benar tidak berharga. Meskipun menjalankan perusahaan teknologi terkemuka, Jack Ma, dan masih, sangat buruk dalam matematika. Dia gagal dalam berbagai mata pelajaran di sekolah dan bahkan gagal ujian universitas dua kali sebelum diterima di perguruan tinggi yang tidak jelas. Untungnya baginya, ia memiliki wawasan yang meyakinkannya bahwa topping kelas tidak setara dengan menjadi cerdas atau didorong. Nama-nama seperti Albert Einstein, Abraham Lincoln, dan Rabindranath Tagore menegaskan kembali keyakinannya bahwa kecakapan intelektual tidak terbatas pada empat dinding ruang kelas. Dia tidak pernah berhenti percaya bahwa keunggulannya ada di tempat lain. Belakangan, Ma bahkan mendaftar ke Harvard University 10 waktu yang berbeda dan menghadapi penolakan sebanyak 10 kali. Ini menunjukkan bahwa lebih dari sekedar mengamankan kursi, tujuannya adalah untuk tetap menghadapi tantangan yang tampaknya mustahil dan mencoba untuk menyelesaikannya dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Cerita Steve Job dari ZERO ke HERO

Sebelum Alibaba
“Saya mendapatkan cerita saya, mimpi saya, dari Amerika. Pahlawan yang aku miliki adalah Forrest Gump ... Aku suka pria itu. Saya sudah menonton film itu sekitar 10 kali. Setiap kali saya frustrasi, saya menonton film. Saya menonton film itu sebelum saya kembali ke New York. Saya menonton film lagi mengatakan kepada saya bahwa tidak peduli apa pun yang berubah, Anda adalah Anda. ”
Seperti mahasiswa pasca-kelulusan lainnya, Ma dihadapkan pada tantangan untuk berkompetisi dengan teman-teman batch dan freshnya di seluruh negeri untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dengan gaji yang cukup. Sebuah gelar dalam bahasa Inggris dari perguruan tinggi yang kurang terkemuka jelas tidak menguntungkannya, dan meskipun ia menerapkan 30 pekerjaan yang berbeda untuk menjaga keamanan, ia ditolak dari semua. Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, ia bahkan mengakui bahwa dari 24 kandidat, ia adalah satu-satunya yang berpaling dari posisi di KFC. Saat melamar untuk posting di kepolisian, dia diberitahu bahwa dia "tidak baik".

Itu lebih banyak jumlah penolakan daripada siapa pun harus menghitung pada satu diberikan pergi, dan jika itu Anda dan saya, itu mungkin akan menyebabkan kerusakan semacam itu. Tetapi bagi Jack Ma, tantangan itu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Dia berhasil mendapatkan pertunjukan kecil sebagai guru bahasa Inggris dan Perdagangan Internasional dari universitas yang ia tamat. Sementara kantongnya praktis kosong, hatinya penuh harapan untuk langkah selanjutnya dalam karirnya. Meskipun pada saat itu, dia tidak memiliki kemiripan dengan petunjuk tentang apa yang akan terjadi.

Saat di Alibaba
“Pada awalnya saya hanya ingin bertahan hidup. Selama tiga tahun pertama, kami menghasilkan pendapatan nol. Saya ingat berkali-kali ketika saya mencoba membayar, pemilik restoran akan berkata, ‘Tagihan Anda telah dibayarkan.’ Dan akan ada catatan yang mengatakan, ‘Mr. Ma, aku pelangganmu di platform Alibaba. Saya menghasilkan banyak uang, dan saya tahu Anda tidak, jadi saya membayar tagihan. ’”

Ketika Ma mendirikan Alibaba pada tahun 1999, itu bukanlah kesuksesan langsung. Ekonomi China belum berkembang untuk mendukung industri e-commerce, yang diyakini menjadi ancaman bagi bisnis toko tradisional. Di setiap langkah, Ma harus melawan perlawanan - dari pemilik toko yakin bahwa dia berusaha menyingkirkan mereka dari bisnis ke pihak berwenang pemerintah yang curiga terhadap faktor privasi yang akan dipengaruhi oleh model bisnis online ini. Ditambah dengan ini adalah kenyataan bahwa visi Ma untuk perusahaan mensyaratkan promosi terbatas untuk mitra-mitranya yang ada, yang diberi tahu bahwa mereka tidak dapat naik melampaui jajaran manajer. Dia melakukan ini sehingga sekelompok karyawan baru akan cukup tertarik untuk menduduki posisi manajerial terbuka yang tinggi. Hal ini terbukti salah perhitungan yang fatal di pihak Ma, karena itu menyebabkan segmentasi perusahaan menjadi banyak lapisan yang tidak produktif dan memimpin beberapa orang terbaiknya untuk berjalan keluar dan mengambil sumber daya mereka dengan mereka.

Namun, ia melanjutkan untuk memperbaiki kesalahan ini dan berkonsentrasi untuk membuat tim yang ada menjadi unit yang lebih kuat dan lebih bersatu. Sementara itu, usahanya mulai diakui di luar negeri. Tak lama kemudian, perusahaan menerima putaran pertama pendanaan dari investor asing - langkah ke arah menjadikannya kekuatan tak tertandingi itu di dunia e-commerce hari ini.
Seperti yang sering dikatakan Jack Ma, “Hal yang sangat penting yang harus Anda miliki adalah kesabaran.” Tanpa itu, Anda tidak akan pernah dapat mencapai bahkan sebagian kecil dari potensi Anda yang sebenarnya - yang suatu hari nanti, bahkan dapat mengubah dunia

Artikel terkait
cerita motivasi hidup
cerita motivasi pengusaha
motivasi pengusaha
kata kata motivasi buat diri sendiri
kata kata motivasi keren
kata2 motivasi hidup
kata2 bijak motivasi
motivasi penyemangat

Selamat berkomentar

Click to comment

Motivasi Hari INI

Kekuatan dari imajinasi menghapuskan batasan-batasan dalam diri kita.
John Muir